Antikristus : Yahudi, Kristen, atau non Kristen?

Shalom sahabat CAZ,

Salah satu topik yang paling banyak hangat dibicarakan mengenai Akhir Zaman adalah mengenai Antikristus. Mengapa? Karena Alkitab memberikan kita pengertian bahwa datangnya Antikristus merupakan tanda bahwa kita benar-benar hidup di penghujung zaman.

Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. ~1 Yoh 2:18

Yang menjadi pertanyaan adalah, siapakah sosok Antikristus itu? Sosok Antikristus mengambil perhatian sendiri, dan telah banyak didengungkan berdasarkan penglihabatan atau nubuatan. Tetapi pada ahkirnya, Alkitablah yang merupakan pegangan kita, meskipun hanya tafsiran.

MENGAPA KITA MENGHITUNG?

Rasul Yohanes memberikan kita petunjuk mengenai siapa Antikristus tersebut, dan ia menuliskan bahwa barangsiapa bijak, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia (Wahyu 13:18). Penting untuk mengidentifikasi siapa binatang yang dimaksud sebab dalam pasal-pasal selanjutnya dari kitab Wahyu memberikan perintah untuk meninggalkannya.

Sebelum melihat beberapa tafsiran mari kita melihat pengertian dari Antikristus, supaya dengan mudah kita dapat mengenalinya.

Antikris atau antikristus berasal dari bahasa Yunani anti (αντί) dan Christos (Χριστός) yang berarti : Anti : “Melawan”, mengganti”, “kebalikan”, atau “mengambil tempat orang lain”, sedangkan Christos adalah kata untuk Mesias dalam bahasa Ibrani, yang berarti “yang diurapi” yaitu Yesus Kristus.  Jadi “antikris” berarti mengganti, kebalikan (bertolak belakang), melawan atau mengambil tempat Kristus yang berarti antikris adalah Kristus palsu atau Kristus gadungan dimana ia memiliki keinginan untuk menjadi Tuhan namun memiliki sifat yang bertolak belakang dengan Kristus.

Saudara dikasihi Tuhan, antikristus (jamak) di dunia ini telah banyak yang muncul, tetapi Antikristus terahkir (tunggal) baru akan dinyatakan di Zaman Akhir ini. Dan seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, bahwa kedatangannya akan diawali oleh roh antikritrus. Mengapa? Agar kehadiran si Antiristus nantinya gampang ditera oleh dunia.

Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. ~1 Yoh 4:2-3

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. ~2 Yoh 1:7

Perlu ditekanan bahwa Antikristus yang akan datang adalah manusia biasa, bukan roh.

karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.~Wahyu 13:18

Tetapi kehadirannya merupakan pekerjaan Iblis sendiri.

Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. ~2 Tes 2:9-10

SEBUTAN ANTIKRISTUS

Pendusta

Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. ~1 Tes 2:22

Penyesat

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. ~2 Yoh 1:7

Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus. ~Yudas 1:4

Manusia durhaka

Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. ~2 Tes:3-4

BEBERAPA KARAKTERISTIK ANTIKRISTUS

  • Ia adalah seorang intelektual yang jenius (Dan. 8:23)
  • Ia adalah seorang yang jenius dalam berpidato (Dan. 7:8,11; 11:36; Wah. 13:5)
  • Ia adalah seorang yang jenius dalam politik (Dan. 9:27; Wah. 17:11-12)
  • Ia adalah seorang yang jenius dalam bidang ekonomi (Dan 11:43; Wah. 13:16-17)
  • Ia adalah seorang yang jenius dalam bidang militer (Wah. 6:2; 13:2)
  • Ia adalah orang yang jenius dalam bidang agama (2 Tes. 2:4; Wah. 13:8)

TANDA KEMUNCULAN ANTIKRISTUS

  • Tergenapinya nubuatan mengenai kepulangan bangsa Yahudi ke tanah leluhur mereka
  • Panggilan untuk membangun bait Allah
  • Munculnya gerakan globalisasi dan persatuan bangsa-bangsa

  (Ketiganya sedang digenapi)

YAHUDI, KRISTEN, ATAU NON KRISTEN?

Alkitab memberikan kepada kita beberapa petunjuk mengenai hal ini:

Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. ~1 Yoh 2:19

Karena Antikristus menyangkal Anak dan Bapa, sebagian orang percaya bahwa mereka tentu bukan dari golongan Kristen. Memang betul bahwa non Kristen adalah golongan yang tidak percaya bahwa kepada Yesus dan Bapa. Tetapi perlu diingat bahwa Kitab Daniel dan beberapa kitab lain memberikan ciri-ciri yang jelas dari bangsa mana Antikris akan datang. Dan secara pribadi, tafsiran ini memiliki banyak kelemahan.

Lagipula pewahyuan Yohanes mengatakan bahwa mereka termasuk kita, tetapi tidak sungguh-sungguh bagian dari kita. Non Kristen, bukanlah bagian dari kita, kepercayaan kita dan mereka jelas jauh berbeda. Dengan demikian, tafsiran yang paling dekat adalah berikut:

Berasal dari Yahudi

Dalam Yudaisme terdapat figur Antikristus. Yudaisme mengajarkan bahwa seorang penguasa Romawi bernama Armilus akan menjadi pembuat mujizat yang akan memimpin tentaranya memerangi Yerusalem, dan pada akhirnya Armilus akan dibunuh oleh Mesias (versi Yahudi) dari Bani Daud, Mesias yang sesungguhnya.

Selain itu banyak penafsir percaya bahwa kata berasal dari antara kita dalam ayat tersebut erat kaitannya dengan Yahudi, sebab Yohanes sendiri adalah orang Yahudi dan saat itu berbicara kepada orang-orang Yahudi.

Baru-baru ini saya mendengar dari seorang pembimbing perjalanan rohani ke Israel mengatakan bahwa masyarakat Yahudi percaya bahwa Antikristus itu sendiri akan muncul dari Yahudi, yaitu ISIS. Banyak kabar burung yang mengatakan bahwa ISIS adalah buatan Yahudi (sementara berita lain mengabarkan bahwa justru AS ada di balik ISIS). Menerut mereka, inilah alasan mengapa ISIS tidak berani menyerang Israel. Kejelasan berita ini masih simpang siur.

Gereja mula-mula (Ajaran 12 rasul dalam Didache di tahun 70-100 M; Irenaeus dalam Against Heresies di abad ke-2; Hippolytus dalam Commentary on Daniel di abad ke-3; Tertulianus dalam Against Marcion; Agustinus yang hebat di awal abad ke-5; mempercayai bahwa Antikristus adalah : individu yang kemunculannya masih pada masa mendatang, yang memimpin kemurtadan besar, muncul dari kerajaan terakhir ketika sepuluh raja berkuasa di kekaisaran Romawi, seorang Yahudi dari suku Dan, duduk dalam Bait Allah menyatakan diri sebagai Allah, memerintah selama 3 ½ tahun. (Ada kabar bahwa ISIS ini dipimpin oleh orang Yahudi dari suku Dan).

Di abad awal sampai pertengahan, para pakar banyak yang mempercayai hal ini. Mereka mendasarkan kesimpulannya pada Yer. 8:16 dan pada fakta bahwa suku Dan tidak termasuk dalam daftar suku-suku Israel dalam Wah. 7:4-8. Suku Dan merupakan suku pertama yang jatuh dalam dosa penyembahan berhala, ada juga yang berpikir akan nubuat Yakub tentang Dan dalam Kej. 49:17 yang dikaitkan dengan ular ditafsirkan ada hubungannya dengan setan. Juga Dan. 11:37 ditafsirkan seakan-akan allah nenek moyang di situ mengacu kepada Allah Israel. Tapi fakta menunjuk bahwa kata allah yang disebut di Daniel itu mengacu pada dewa-dewa orang kafir.

Sebuah artikel yang sangat popoler mengatakan bahwa Aktikritus sudah dinubuatkan dalam Mikha 5:5, bahkan disana disebutkan bahwa ia akan lahir dari mana asalnya, yaitu Suriah, salah satu basis ISIS terbesar.

Kelemahan tafsiran ini adalah, Alkitab mengatakan bahwa Antikristus adalah orang kafir, sementara Yahudi bukanlah kafir. Alkitab bahkan menuliskan bahwa keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. ~Yohanes 4;22.

Yudaisme memiliki hukum, yaitu Taurat, sedangkan orang kafir tidak demikian.

Tipologi Alkitab menunjukkan bahwa Antikristus akan muncul dari bangsa bukan Yahudi, yaitu Antiokhus Epifanes, raja kafir di Suriah dalam Perjanjian Lama. Jika tipe Antikristus yang ada saja bukan dari Yahudi, maka yang sesungguhnyapun bukan dari Yahudi. Antikristus juga akan menganiaya orang Yahudi, menajiskan Bait Allah, sangat kecil kemungkinannya bahkan mustahil seorang Yahudi akan melakukan itu.

Selain itu, ada juga yang menafsirkan bahwa Antikris adalah seorang yang dilahirkan dari keturunan Yahudi yaitu iblis menggunakan rahim perempuan Yahudi dalam penjelmaannya menjadi manusia. Hal ini meniru kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang lahir dari kandungan Yahudi yaitu perawan Maryam. Ketika antikris akan berkuasa penuh pada zaman antikris selama 3,5 tahun, maka ia telah berumur 30 tahun sebagaimana Tuhan Yesus mulai melayani pekerjaan Bapa di surga pada waktu itu Yesus Kristus berumur 30 tahun (Lukas 3:23).

Orang Kristen

Kitab Wahyu dengan jelas memberikan petunjuk bahwa nantinya, kekuasaan bangsa-bangsa akan diberikan kepada Antikristus. Jadi mulanya, Antikristus adalah pemimpin negara, kemudian akan memimpin banyak negara (Wahyu 17).

Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa.” (2 Tes 2:3)

Di dalam kamus bahasa Indonesia, kata durhaka mengandung arti “Orang yang ingkar terhadap Tuhan” atau orang yang murtad, seperti yang tertulis di dalam I Yoh 2:19a: “Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita…”  sehingga Antikris mungkin saja orang Kristen atau paling tidak orang Kristen yang sebenarnya telah murtad (NIV: falling away) dari ajaran murni Alkitab.

Beberapa orang yang percaya tafsir ini merujuk kepada Barack Obama, ataupun Paus Francis. Masing-masing punya kelemahan, seperti Obama yang masa jabatannya sudah habis, dan Paus Francis yang sudah terbilang tua, meskipun paling banyak dikaitkan dengan nubuatan Daniel, seperti yang admin kutip dari berbagai sumber dalam situs ini. (Catatan: tafsiran bisa salah)

KAPAN ANTIKISTUS BERKUASA

Antikristus akan berkuasa setelah materai ke-7 dibuka. Ia akan memerintah selama 3,5 tahun kedua bukan 7 tahun. Ia memang ada di balik layar selama 3,5 tahun pertama, tetapi baru akan menyatakan dirinya pada gelombang 3,5 yang kedua. Baca penjelasan lengkapnya di sini dan di sini.

“Dan aku melihat tanduk itu (Antikris) berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka. Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu (hari-hari raya dan hari-hari ibadah) dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” (Dan 7:21,25)

Nubuat ini ditegaskan kembali oleh Wahyu 13:7a,

Ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan  mereka.

Awalnya, ia akan datang sebagai orang pembawa damai. Wahyu 6:1-2 tentang penunggang kuda putih dengan sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.” Di dalam terjemahan aslinya kata “panah” tersebut menggunakan kata “busur”, yaitu sebuah panah tanpa anak panah, hanya busur… Itu berbicara tentang perdamaian juga, yaitu Antikris akan menyandang senjata namun untuk perdamaian. Lagipula, Kuda Putih adalah warna perdamaian. Saat itu pula, ia akan diterima banyak kalangan sebab ia dapat membawa perdamaian bagi dunia. Antikristus akan mulai menyelesaikan masalah-masalah krisis keuangan negara-negara yang hampir-hampir collapse, ia akan mendamaikan negara-negara berseteru dan berperang, dll.

Tetapi setelah masa damai dan aman, seperti perkataan Yesus karena telah ada Rapture, maka ia akan menyatakan diri sebagai Allah di Yerusalem. Di masa ini, Antikris bukan lagi pribadi yang berkharisma dan pembawa damai seperti pada waktu ia memperkenalkan diri. Tetapi ia akan menjadi pemimpin yang sangat keji dan jahat, alias seorang diktator dunia.  Mengapa? Karena iblis mengaruniakan semua kekuasaannya pada Antikristus.

FASE KEKEJIAN PADA MASA MENDATANG

Fase kedua tentang kekejian pembinasaan ini diungkapkan dalam Wahyu 13:11, dimana setelah Antikristus akan disembah dalam bentuk patung. Patung ini dianggap sebagai kekejian. Yerusalem akan berfungsi sebagai ibukota agama Antikristus.

Lalu Antikristus akan menyiksa orang-orang Yahudi tanpa belas kasihan (Daniel 7). Namun Yesus sudah memperingati orang-orang Yahudi yang hidup pada masa itu untuk secepatnya keluar dari Israel.

“Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel—para pembaca hendaklah memperhatikannya—maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi…” ~Mat 24:15-22

Alkitab memperingatkan pertama-tama kepada orang-orang di Yudea waktu itu agar melarikan diri. Mungkin kita bertanya mengapa orang Israel dibenci dan akan dianiaya pada waktu itu? Ini tidak lain dari spirit setan yang memang tidak menyukai orang-orang Yahudi.

Seluruh program kerajaan Allah berkisar di sekitar Israel. Bila ingin memenangkan peperangan ini dan berhasil mempertahankan kekuasaannya di bumi, Setan harus bisa membinasakan semua orang Yahudi. Hal itu akan mencegah didirikannya Kerajaan Allah di dunia. Inilah program dasar setan (menurut Bloomfield dalam How to recognize the Antichrist).

KEBENCIAN DARI GENERASI KE GENERASI TERHADAP SATU BANGSA

Apabila kita melihat roh yang termanifestasi di bawah pemerintahan Antikristus dan Nabi palsu (Wahyu 19:17-20), ada kebencian kuno yang sama terhadap orang Yahudi pada generasi-generasi sebelumnya. Itu adalah kebencian kuno yang berasal dari Setan sendiri. Sejak hari pertama Tuhan menyatakan kasih-Nya kepada orang Yahudi, Setan telah memusuhi mereka. Kendaraan-kendaraan utama yang digunakannya untuk memerangi orang Yahudi adalah beberapa kekaisaran besar dunia. Di sepanjang Alkitab, kita membaca mengenai usaha-usaha Satan untuk menghapuskan atau menganiaya orang-orang Yahudi:

  • Melalui Firaun, penguasa Mesir, ketika ia memerintahkan untuk membunuh semua anak laki-laki Ibrani (Kel.1:5-22).
  • Melalui Salmaneser, penguasa Asyur, ketika ia menaklukkan kerajaan Utara Israel dan membuang serta menyerakkan 10 dari 12 suku Israel ke pembuangan (2 Raj 17:3-6)
  • Melalui Nebukadnezar, penguasa Babilonia, ketika ia menyerang Yerusalem, ibukota kerajaan Selatan Yudea, dan membawa sisa orang Yahudi ke pembuangan (1 Raj 24:10- 16)
  • Melalui Haman, orang yang ditunjuk sebagai pejabat yang berwenang atas Medo/ Kerajaan Persia, ketika ia berusaha membunuh semua orang Yahudi yang ada di kerajaan itu (Ester 3:9)
  • Melalui Antiokhus Epiphanes, penguasa Yunani atas Syria, ketika ia menaklukkan Yerusalem, seperti yang digambarkan oleh sejarahwan Josephus sebagai penaklukan berdarah dalam sejarah Israel (Daniel 8:23-25; 1 Makabe 1-6)
  • Melalui Titus, kaisar Romawi, yang menyerang dan menaklukkan Yerusalem, membunuh lebih dari 1,1 juta orang Yahudi, dan memperbudak lebih dari 97.000 orang. (Perang-perang Yahudi)
  • Melalui berbagai kerajaan-kerajaan lain, yang tidak dapat kami sebutkan namanya. Bahkan kekristenan (yang sesat sekalipun) juga tidak dapat dikatakan tidak bersalah dalam sejarah bangsa Yahudi yang penuh darah.
  • Melalui Adolf Hitler, yang membunuh sekitar 6 juta orang Yahudi selama perang dunia II.
  • Dan pada akhirnya nanti melalui Antikristus dan Nabi palsu dan kerajaan mereka di masa depan, yang telah dengan jelas dinubuatkan oleh nabi Zakharia dan Yehezkiel; yang akan menyerang Yerusalem dan membunuh dua per tiga dari penduduk/bangsa Israel. (Zakharia 13:8-9; Yehezkiel 38)

Sumber : christyaministry.wordpress.com

  1. Pada titik ini orang yang waras harus berhenti dan bertanya:
    Apa lagi yang dapat menjelaskan sejarah suatu bangsa semacam itu, yang terus-menerus penuh darah dan menyakitkan, selain dari sebuah kebencian yang tidak manusiawi dan DEMONIS?
  2. Siapakah yang sanggup memulai serangan yang gelap dan terus-menerus terhadap sebuah bangsa yang jumlahnya hanya 1 %, karena itu hanya merupakan bagian yang sangat kecil dari populasi dunia — tidak peduli dimanapun mereka tinggal? Siapa lagi kalau bukan Iblis itu sendiri?
  3. Sejarah bangsa Yahudi sendiri adalah bukti untuk membuka pikiran kita bahwa Setan eksis dan bahwa ia membenci orang-orang yang dikasihi Tuhan dan yang disebut Tuhan sebagai “biji mata-Nya” (Zakharia 2:8)

APAKAH KITA PERLU TAKUT?

Kabar baiknya, pengangkatan sudah terjadi sebelum Antikristus menyatakan diri sebagai Allah. Hanya saja, orang-orang yang masuk dalam tuaian susulan harus mempertahankan iman mereka meskipun nyawa taruhannya (nubuatan Mikha dan Obaja).

Yang perlu kita perhatikan, mereka yang akan menerima Antikristus atau yang menyembah patungnya adalah orang-orang yang namanya tidak tertulis dalam kitab Kehidupan.

Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih. ~Wahyu 13:8

Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi. ~Wahyu 17:8

Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. ~2 Tes 2:9-10

KESIMPULAN

Saudara, artikel ini dibuat bukan untuk menghakimi atau memaksakan tafsir pribadi. Tujuannya supaya kita belajar, dan mengerti bahwa kita hidup di Zaman Akhir. Yang penting di sini adalah pengurapan.

Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. ~1 Yoh 2:26-27

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: