Amerika Serikat Pasang THAAD, Korea Utara pasang pasukan artileri terbesar!

Shalom sahabat CAZ,

Situasi di semenanjung Korea kembali memanas setelah Amerika Serika temindahkan sistem antirudal THAAD ke Korea Selatan, pada Rabu 26 April 2017 kemarin.

THAAD

THAAD

Sistem THAAD atau Terminal High Altitude Area Defense THAAD dibuat berdasarkan perjanjian antara Amerika Serikat dan Korea Selatan pada 2016 lalu. Namun pemasangannya belum dilakukan di kawasan militer Korea Selatan karena mendapatkan penentangan dari warga setempat. Mereka khawatir, jika sistem THAAD dipasang di Korea Selatan, sistem antirudal itu akan menjadi target Korea Utara sehingga membahayakan orang-orang yang tinggal di sekitar situs militer.

Dan benar saja, tindakan AS ini memang sangat ditentang warga di sana. Dikabarkan bahwa tanggal 9 Mei mendatang akan diadakan demosntrasi besar-besaran menentang penempatan THAAD  di Korea Selatan, sebab dapat memicu kemarahan Korea Utara.

Hadirnya sistem THAAD ini menambah daya gedor pasukan AS, yang sebelumnya telah membawa kapal induk, kapal perusak, jet-jet tempur, serta pesawat tempur khusus.

Tidak sampai disitu, dilaporkan juga bahwa program latihan AS bernama Courageous Channel bocor ke publik. Menurut pejabat militer, program itu adalah permintaan dari Presiden Donald Trump untuk mengevakuasi warga negara Amerika Serikat di Korea Selatan jika perang meletus di Semenanjung Korea. Program itu kabarnya akan berlangsung pada bulan Juni mendatang yang akan menyiapkan ‘pintu keluar’ aman bagi 230 ribu warga AS jika perang pecah.

Seoul hanya 56 kilometer dari perbatasan berada dari jangkauan lebih dari 12.000 senjata artileri Korea Utara yang telah mereka posisikan untuk menyerang. Menurut laporan, negara yang menutup diri tersebut akan mengaktifkan agen tidur di Selatan untuk mengarahkan rudal dan tembakan artileri.

Diperkirakan Korea Utara memiliki kemampuan untuk menembak, menggunakan proyektil roket, 500.000 peluru amunisi mortir dan senjata kimia di Seoul pada jam-jam pertama jika perang meletus.

Terbukti, bahwa saat ini Korea Utara tengah mempersiapkan pasukan artileri terbesar mereka, yang telah melakukan latihan militer. Dalam dokumentasi yang dirilis oleh TV Korea Utara, Kim Jong Un menempatkan ribuan tank, helikopter dan jet tempur dalam latihan militer mereka.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: