sanhedrin

Sanhedrin memanggil musuh terbesar Israel untuk Membangun Bait Suci Ketiga!

Shalom sahabat CAZ,

Maret lalu, Sanhedrin telah mengubah perselisihan antara Perdana Menteri Israel dan Menteri Luar Negeri Iran menjadi kesempatan untuk membantu pembangunan Bait Suci ketiga. Penawaran ini hampir tidak masuk akal!

Pertikaian internasional dimulai pada Purim, dua pekan lalu, ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri pembacaan Megillah (Kitab Ester) di sebuah sinagog di dekat rumahnya di Kaisarea. Ketika mendiskusikan cerita Alkitab dengan anak-anak yang hadir, ia meyakinkan mereka, “Hari ini juga, mereka mencoba [membunuh kita] di Persia, dan hari ini mereka juga tidak akan berhasil!”

Iran Javad Zarif

Iran Javad Zarif

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif  yang mendengar komentar Netanyahu merasa tersinggung, sebab negaranya digambarkan sebagai penjahat. Zarif menanggapi PM Israel melalui Twitter, menuduh “sejarah palsu dan memalsukan Taurat”.

Menteri Iran kemudian melanjutkan untuk mengklaim bahwa negaranya telah menyelamatkan orang-orang Yahudi tiga kali sepanjang sejarah. Ia memberikan versi terdistorsi dari Kitab Ester, dimana ia mengkaliam bahwa pahlawan dalam kisah itu adalah Raja Ahasyweros, orang persia, bukan Ester atau Moerdekhai yang adalah oleh Yahudi.  Zarif juga mengingatkan Netanyahu bahwa Koresh, raja Persia, telah memfasilitasi bangunan Yahudi dari Bait Suci Kedua.

Pertikaian ini dilihat sebagai kesempatan oleh Sanhedrin sebagai pembuka dan penegasan kebanggaan nasional Iran dalam membantu orang-orang Yahudi dalam  membangun Bait Suci. Mereka kemudian mengirimkan surat untuk mengundang dia untuk mewujudkan misi Persia (Iran) bersejarah ini.

“Kami sangat gembira mendengar dari referensi Anda untuk pasal indah dan unik dalam sejarah bangsa kita, di mana Koresh, sebagai raja Kekaisaran Persia, memberi izin untuk membangun Bait Suci Yahudi di Yerusalem,” demikian penggalan surat itu.

 “Hal ini harus dipahami dari pernyataan Anda bahwa Anda mendukung tindakan Raja Koresh dan bahwa negara Anda mendukung pembentukan Bait Suci di Gunung Moria bahkan hari ini. Kami mengundang Anda untuk membuka dialog mengenai hal ini. Kami akan dengan senang hati mendengar tanggapan Anda untuk undangan ini.”

Rabbi Hillel Weiss, juru bicara Mahkamah Agama, mengaku optimistis bahwa hubungan antara Israel dan Iran bisa berubah drastis menjadi lebih baik.

Dalam pernyataannya, ia mengaku bahwa ia menghormati niat niat yang tulus dari menteri luar negeri Iran. Dialog di sini harus yang didasarkan pada agama dan saling menghormati, dan tidak eksklusif berdasarkan kepentingan politik. Seperti katanya, kita secara historis bekerjasama dalam usaha ini dan jika memang penting untuk Iran seperti itu untuk pendahulu mereka, tidak ada alasan mengapa kita tidak bisa bekerja sama dalam membangun Bait Suci Ketiga.”

Meskin demikian, niat tulus dari Sanhendrin juga kemungkinan tidak akan diterima oleh Iran. Selama ini kita tahu bahwa Iran benar-benar memusuhi Israel. Persia kuno sangat ramah terhadap Israel, tetapi tidak demikian dengan Persia Modern, yang hampir tidak dapat dilihat sebagai teman Israel.

Pada hari-hari awal Negara Yahudi baru, Iran adalah negara mayoritas Muslim kedua yang mengakui kedaulatan Israel, tetapi hubungan berbalik pahit setelah revolusi Iran pada tahun 1979, ketika Iran memutuskan semua hubungan diplomatik dengan Israel. Proses ini telah memuncak dalam permusuhan terbuka, ditandai oleh kata-kata “Israel harus dihapus dari bumi” dicetak pada rudal Iran digunakan dalam tes Maret 2016.

Tetapi jika tawaran Sanhedrin diterima, maka persahabatan akan berbuah, dan itu adalah mujizat yang diharapkan untuk membangun Bait Suci Ketiga.

JIKA IRAN MENOLAK

Orang orang Yahudi sangat mempercayai bahwa Tuhan sanggup mengubah keadaan seperti yang dikisahkan dalam kisah Ester, yang kemudian mereka peringati sebagai hai raya Purim. Sejarah telah membuktikan bagaimana Tuhan mengubahkan keadaan saat Israel berada dalam keadaan genting, dan bahkan musuh mereka dipermalukan.

Sebagai contoh, banyak masyarakat Yahudi percaya bahwa kemenagan Trump yang pro Israel merupakan salah satu bagian dari Purim, sebab mayoritas orang memprediksa bahwa  Clinton akan memenangkan 95% suara, tetapi tidak.

Seorang pengajar Taurat bernama Rabbi Apisdorf mengatakan bahwa, seperti dalam cerita Purim, aspek perubahan total, baik untuk Rakyat Yahudi, termasuk Bait Suci Ketiga nanti. Ia mengatakan bahwa kekuatan keyakinan diperlukan untuk membawa Bait Ketiga.

Raja Persia kuno selain dikaitkan dengan Iran Modern saat ini, sering juga dikaitakan dengan Presiden Donald Trump. Banyak orang yang melihat kesamaan mereka, khususnya dalam membantu orang-orang Yahudi.

Nyanyian ziarah. Ketika TUHAN memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi. ~Mazmur 126: 1

Seorang rabi mengutip ayat tersebut dan mengatakan bahwa “Setelah kehancuran Bait Allah Pertama, butuh 70 tahun bagi Israel untuk bangun dan membangun Kuil Kedua,”

Dan setelah kemerdekaan pada 14 Mei,  Israel akan berjalan dan memasuki usia 70 tahun. Ini berarti akan ada perubahan besar. Dan inilah alasan terbesar mereka untuk kembali ke tanah nenek moyang mereka.

Sekali lagi, ia mengutip  Mazmur 105: 45

agar supaya mereka tetap mengikuti ketetapan-Nya, dan memegang segala pengajaran-Nya. Haleluya!

“Itulah alasan Tuhan memberi kita tanah,” katanya. “Ini artinya tidak peduli berapa banyak kami berencana, yang jelas akan tampak pada akhirnya. Semua itu benar-benar di tangan Tuhan.”

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH - Notaris

    Mari kita berhati-hati dan berwaspada di dalam hidup ini, janganlah kita terbujuk/tergoda kepada rayuan/ajakan/bisikan/hasutan setan yg terkutuk/terlaknat karena akan menjatuhkan kita ke dalam Api Neraka dan menjauhkan kita ke dalam Kerajaan Sorga-Nya, bukankah hal ini telah diterangkan di dalam Kitab-Nya demikian:
    “Dan janganlah sekali-kali setan memalingkan kamu, sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu.” (Alqur’an 43:61)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: