Kedutaan Palestina resmi dibuka di Vatikan!

Shalom sahabat CAZ,

Sehari sebelum diadakannya konferensi 70 negara di Paris, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, melakukan kunjungan bersejarah ke Vatikan dalam rangka meresmikan pembukaan Kedutaan Besar Palestina di Vatikan. Ini adalah kedutaan Palestina pertama yang didirikan di negara anggota Uni Eropa.

“Kami sangat bersyukur Takhta Suci atau keuskupan sangat membantu dalam upaya perdamaian di Tanah Suci, dan dalam pembukaan kedutaan Palestina di Vatikan untuk pertama kalinya,” kata Abbas.

Dilansir CNN, Abbas mengekspresikan kebahagiaan dan kebanggaannya pada tempat lahir Kristiani tersebut. Ini menjadi simbol komunitas Kristiani tertua di dunia pun tidak bermasalah dengan Palestina.

Abbas sendiri menyebut Paus sebagai “malaikat perdamaian”. Tercatat, ini adalah pertemuan ketiganya bersama dengan Paus.

Pada Juni 2014, Paus Francis menjamu Abbas dan Presiden Israel terdahulu Shimon Peres dalam acara doa bersama. Paus mendukung perdamaian di antara kedua negara secepatnya.

Dukungan juga datang dari Dewan Umum PBB September 2015, dimana bendera Palestina dikibarkan di depan markas besar PBB.

Sesungguhnya, Vatikan telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara pada tahun 2005. Namun, dukungan ini makin nyata setelah Vatikan dipimpin oleh Paus Francis. Sejak November tahun 2012, kepala negara Vatikan itu menyebut Palestina sebagai negara. Pada Mei tahun 2015, Paus Fransiskus kembali menggebrak dunia dengan secara resmi mengakui keberadaan negara Palestina dalam sebuh dokumen legal.

Vatikan memiliki kebijakan mendukung solusi dua negara. Mereka percaya ini adalah jalan menuju perdamaian di Tanah Suci.

Kantor perwakilan Palestina di Vatikan adalah salah satu dari 98 perwakilan diplomatik dan konsuler Palestina di luar negeri. Kantor perwakilan Palestina adalah salah satu dari 86 perwakilan asing di Tahta Suci (Vatican City). Sementara itu, Perwakilan Vatikan sendiri ada di Yerusalem Timur.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: