Nubuat Yehezkiel mengenai tulang kering sedang digenapi!

Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah mencerai-beraikan mereka! Sebab Aku akan membawa mereka pulang ke tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka. Sesungguhnya, Aku mau menyuruh banyak penangkap ikan, demikianlah firman TUHAN, yang akan menangkap mereka, sesudah itu Aku mau menyuruh banyak pemburu yang akan memburu mereka dari atas segala gunung dan dari atas segala bukit dan dari celah-celah bukit batu. ~Yeremia 16: 15-16

Pemenuhan janji Allah mengenai kepulangan bangsa Israel yang telah terdiaspora ke seluruh penjuru dunia terus digenapi. Kepulangan umat Yahudi ini merupakan fakta bahwa Tuhan sendiri yang menggenapi janjiNya. Lewat gerakan antisemit yang berkembang khususnya di Amerika dan Eropa, sudah banyak sekali umat Yahudi yang memutuskan untuk kembali ke tanah nenek moyang mereka. Bagi mereka, tidak ada tempat yang lebih aman selain dari Israel, dimana mereka akan dilindungi oleh IDF.

Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa tidak dikatakan orang lagi: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir! ~Yeremia 16:14

aliyahYang harus kita ketahui ialah bahwa kepulangan ini merupakan salah satu nubuat yang paling sering disebutkan dalam Alkitab.

Dalam Yesaya 11:11, Allah berjanji untuk mengulurkan tanganNya untuk membawa umat pilihanNya dari keempat penjuru bumi “untuk kedua kalinya” (pertama kali menjadi dari tanah pembuangan Babel).

Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut.

Dari Hosea 3: 4-5 kita tahu bahwa itu akan terjadi pada hari-hari terakhir.

aliyahSebab lama orang Israel akan diam dengan tidak ada raja, tiada pemimpin, tiada korban, tiada tugu berhala dan tiada efod dan terafim. Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.

Nabi Amos dalam Amos 9:15 memberitahu kita bahwa mereka tidak akan pernah tumbang lagi.

Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka,” firman TUHAN, Allahmu.

Sampai saat ini, konflik di Gaza benar-benar telah memicu kemarahan internasional atas Israel dan orang-orang Yahudi. Di Kanada, orang-orang yahudi dipukuli di jalan-jalan, di Belgia, dokter gigi menolak untuk mengobati orang-orang Yahudi, di Prancis dan Jerman, terjadi teror terhadap rumah ibadat mereka, supermarket Inggris membersihkan makanan halal dari rak-rak mereka, dan masih banyak gerakan lain semacam ini di berbagai negara, yang benar-benar mengancam kehidupan mereka. Itulah sebabnya, mereka kembali ke tanah leluhur mereka.

Aliyah

Amerika yang tercatat memiliki banyak penduduk berdarah Yahudi sekarang perlahan berubah setelah Aliyah besar-besaran terjadi.  Ada sekitar 14 juta orang Yahudi di dunia saat ini, sekitar 0,2% dari populasi global. Hanya lebih dari 8 juta orang sekarang tinggal di Israel secara total; tiga perempat dari mereka adalah Yahudi, dengan seperempat sisanya memiliki latar belakang etnis ‘lainnya’.

Nubuat Para Nabi

Selain berbicara mengenai gereja, Yesaya 60:8-9 juga berbicara mengenai Israel (Gereja seringkali digambarkan dengan Israel).

aliyahSiapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya? Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh; kapal-kapal Tarsis berlayar di depan untuk membawa anak-anakmu laki-laki dari jauh, perak dan emasnya dibawa serta, untuk nama TUHAN, Allahmu, dan oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, sebab Ia mengagungkan engkau.

Dari ayat diatas kita melihat cara kepulangan Israel yang dinubuatkan leh nabi Yesaya. pertama dengan kapal, dan kemudian “terbang seperti awan”. Dan dari ayat ini sangat terbukti lewat sejarah, dimana aliyah pertama menggunakan kapal-kapal.

Mari kita melihat peneguhan nubuatan dari nabi Hosea:

Mereka akan mengikuti TUHAN, Ia akan mengaum seperti singa. Sungguh, Ia akan mengaum, maka anak-anak akan datang dengan gemetar dari barat, seperti burung dengan gemetar datang dari Mesir, dan seperti merpati dari tanah Asyur, lalu Aku akan menempatkan mereka lagi di rumah-rumah mereka, demikianlah firman TUHAN. ~Hosea 11: 10-11

Perumpamaan tentang tulang kering dalam  Yehezkiel 37 umumnya dianggap sebagai simbolis pemulihan Israel setelah Holocaust. Namun, ada dimensi lain untuk kisah ini: kebangkitan fisik yaitu aliyah ke tanah Israel harus dilakukan sebelum Roh Allah meniupkan kehidupan baru ke dalam orang-orang, sehingga mereka kembali kepada Allah mereka. Dalam pasal sebelumnya yaitu Yehezkiel 36, menyajikan urutan peristiwa ini; pertama regathering fisik (aliyah), kemudian pembaharuan spiritual.

Tahapannya sebagai berikut :

Tahap satu

aliyahAku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu. ~Yehezkiel 36:24

Tahap dua

Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. ~Yehezkiel 36:25-26

Di abad 21 ini, aliyah terbesar tercatat terjadi sejak tahun 2014 dan terus meningkat hingga tahun 2016 ini. Setelah beberapa negara di Eropa, kini Aliyah datang dari Brazil. Tercacat ada 280 imigran tahun 2014, 496 di tahun 2015, dan 650 di tahun ini, yang akan bertambah menjadi 700 imigran di akhir tahun ini.

aliyah brazil

Brasil adalah rumah bagi komunitas Yahudi terbesar kedua di Amerika Latin setelah Argentina, dimana terdapat 120.000 orang Yahudi. Dan sejak Israel merdeka, sudah ada 15.000 Yahudi Brasil  berimigrasi ke Israel.

“Banyak imigran melihat Israel sebagai tempat di mana mereka dapat menjalani kehidupan Yahudi dengan aman,” kata Poleg. “Sekitar 70 persen dari imigran merupakan keluarga muda yang ingin memberikan anak-anak mereka pendidikan berkualitas tinggi, atau orang-orang muda yang ingin memulai studi di universitas Israel dan membangun karir mereka di sana.”

tubuh kristusNubuat Tuhan Yesus

Akan datang masanya, seperti yang Tuhan Yesus katakan, bahwa orang-orang Yahudi akan memanggil keluar dari tanah Israel untuk menyambut Mesias mereka, “Baruch ha ba be shem Adonai! – Maha Suci Allah yang datang dalam nama Tuhan “!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: