Pesan tersembunyi dari Pilpres AS untuk orang-orang Yahudi!

Kemenangan Trump disambut baik kalangan Yahudi, karena menganggap bahwa kemenangan itu tak lepas dari suara Yahudi Amerika yang mendukungnya.

donald trumpTerlebih Trump dalam kampanyenya berjanji akan memperbaiki hubungan compang-camping dengan Israel, merobek-robek kesepakatan nuklir Iran, dan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Trump juga menegaskan kembali prioritas GOP nominee untuk aliansi AS-Israel, dukungan Israel di PBB dan dukungan perjanjian damai secara langsung tanpa syarat bagi Israel-Palestina.

Meski membawa era baru bagi  hubungan AS-Israel, pilpres AS ternyata memiliki pesan tersembunyi khusus bagi orang-orang Yahudi yang telah terdiaspora di negara-negara lain. Pemilihan biasanya diadakan hari Selasa pertama di bulan November, tetapi tahun ini ditunda sepekan, dimana bertepatan dengan tiga peristiwa yang signifikan untuk orang-orang Yahudi, yaitu Hari Aliyah Nasional di Israel, pembacaan bagian Taurat mingguan yang berkaitan dengan Abraham meninggalkan tanah airnya untuk Israel, dan peringatan ke-78 dari Kristallnacht.

Oleh sebab itu, tahun-tahun ini menjadi peringatan bagi orang Yahudi untuk kembali ke Israel, ungkap Rabbi Yitzchak Batzri, seorang pengikut Kabbalah.

Rabbi Yosef BergerRabbi Yosef Berger, rabi dari Makam Raja Daud di Gunung Sion, sepakat bahwa peristiwa politik baru-baru ini adalah tanda bahwa orang-orang Yahudi di Amerika harus pindah ke Israel, seperti yang ia lihat dalam komentar kuno pembacaan Taurat minggu ini.

“Dalam perintah Allah kepada Abraham untuk meninggalkan tanah airnya dan datang ke Israel adalah pesan tersembunyi untuk orang-orang Yahudi, yaitu mereka harus pulang ke rumah mereka” kata Rabbi Berger.

Rabbi Berger mengutip Baal Haturim, seorang komentator Alkitab abad ke-13 dari Cologne. Baal Haturim menjelaskan bahwa kata pertama dari ayat ini, ‘Lech’ (perintah ‘go’:pergi) ditulis dua kali sebagai referensi untuk dua diaspora: Mesir dan Babilonia. Dia menjelaskan bahwa Allah menunjukkan orang-orang buangan masa depan untuk Abraham secara detail melalui visi kenabian.

Aliyah

Ia juga menggunakan perhitungan gematria, dimana pesannya sama bagi orang Yahudi bahwa tahun ini merupakan tahun untuk kembali ke tanah mereka.”Pintu pulang dari pengasingan cepat menutup”, jelasnya.

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH - Notaris

    Marilah kita bangun Rumah TUHAN Allah semesta alam atau Bait Suci Ketiga sebagai ‘Pondok Daud’ dan ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, supaya semua makhluk buatan tangan-Nya bisa mensucikan/mentahirkan/menguduskan diri di sana, ……. Sehingga kota suci Yerusalem menjadi pokok kegirangan seluruh bangsa, menjadi kota yg ternama, kota yg terpuji dan terhormat di dunia, bukankah firman-Nya di dalam Alkitab-Nya demikian:
    – “Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yg berlimpah-limpah.
    – Aku akan memulihan keadaan Yehuda dan Israel dan akan membangun mereka seperti dahulu.
    – Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yg mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yg mereka lakukan dengan berdosa dan memberontak terhadap Aku. Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yg telah mendengar tentang segala kebajikan yg Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yg Kulakukan kepadanya.
    – Beginilah firman TUHAN: Di tempat ini, yg kamu katakan telah menjadi reruntuhan tanpa manusia dan tanpa hewan, di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem yg sunyi sepi itu tanpa manusia, tanpa penduduk dan tanpa hewan,
    – akan terdengar lagi suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan, suara orang-orang yg mengatakan: Bersyukurlah kepada TUHAN semesta alam, sebab TUHAN itu baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!, sambil mempersembahkan korban syukur di rumah TUHAN. Sebab Aku akan memulihkan keadaan negeri ini seperti dahulu, firman TUHAN.
    – Beginilah firman TUHAN semesta alam: Di daerah ini, yg sudah menjadi reruntuhan, tanpa manusia dan tanpa hewan, dan di segala kotanya akan ada lagi padang rumput bagi gembala-gembala yg membaringkan kambing domba di situ.
    – Di kota-kota Pegunungan, di kota-kota Daerah Bukit, di kota-kota Tanah Negeb, di daerah Benyamin, di sekitar Yerusalem dan di kota-kota Yehuda, kambing domba akan lewat lagi dari bawah tangan orang yg menghitungnya, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 33:6-13)
    Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: