Fakta penting di balik hari raya Ibrani 2016!

Shalom sahabat CAZ,

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa hari-hari raya Ibrani memiliki makna nubuatan yang harus ditangkap sebagai pesan Tuhan, bukan hanya untuk umat Yahudi, tetapi kita sebagai orang percaya.

Tahun baru Ibrani dimulai dengan Pesta Shofar, diikuti oleh Hari Penebusan, dan masuk dalam Sukkot. Ada beberapa fakta menarik yang perlu  kita ketahui dari hal ini, yaitu:

Hari raya Serunai atau Rosh Hashanah

Pada hari raya ini muncul suara sangkakala di langit Yerusalem. Dalam video yang diupload pertama kali tersebut, cukup banyak orang yang mempertanyakan kebenaran video tersebut. Namun, beberapa hari berselang, muncul suara sangkalala serupa di tempat yang berbeda di Israel. Tentu saja fenomena ini menarik perhatian.

Berikut videonya:

Hari raya ini memang identik dengan Peniupan sofar, yang mengingatkan orang-orang Yahudi akan:

  • Allah dinobatkan sebagai raja pada hari itu;
  • Pembuka masa sepuluh hari penyesalan dan pertobatan;
  • Taurat diberikan di Sinai dengan iringan shofar;
  • Para serdadu yang menghancurkan Bait Allah membunyikan shofar;
  • Hari Tuhan adalah hari peniupan shofar (Zefanya 1:14-16)
  • Shofar besar merupakan masa mesianis (Yesaya 27:13)
  • Shofar akan dibunyikan pada hari kebangkitan.

terompet terakhirSaat memasuki tahun baru, orang-orang Yahudi akan meniup sofar sebanyak 100 kali. 99 kali merupakan tiupan pendek, dan tiupan keseratus (sangkakala terakhir). Yang paling menentukan adalah sangkakala terakhir yang ditiup dari langit yang dinubuatakan dalam 1 Kor 15:52.

dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 

Kalau ada bunyi nafiri terakhir, artinya akan ada tiupan-tiupan sebelum tiupan terakhir yang menentukan itu. Apakah anda menangkap bahwa bunyi sangkakala di berbagai negara merupakan sebuah peringatan sebelum terompet terakhir muncul?

Hari raya Perdamaian atau Yom Kippur

Beberapa hari sebelum jatuhnya hari raya ini, telah diadakan demonstrasi layanan Yom Kippur. Peragaan ini diprakarsai oleh Midrasha L’Ad Hamikdash, dipimpin oleh Mordechai Persoff. Inti dari hari raya ini adalah penebusan. Para imam meminta pengampunan untuk dirinya sendiri, untuk keluarganya, dan untuk semua Israel.

Peragaan Yom Kippur

Peragaan Yom Kippur

Peragaan Yom Kippur

Peragaan Yom Kippur

Hari raya Pondok Daun atau Sukkot

Hari raya Sukkot adalah puncak dari suci Ibrani. Ada beberapa fakta menarik yang perlu  kita ketahui dari hal ini, yaitu:

Saat Sukkot dirayakan, terjadi Supermoon. Jarak antara bumi dan bulan berada di kisaran 240.000 mil. Dan pada Sukkot 2016, posisi bulan lebih dekat, yakni 222.365 mil. Bulan nampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang. Supermoon ini menjadi yang terbesar kedua di tahun 2016. Dan November nanti, supermoon terbesar akan muncul di langit sejak tahun 1948. Fenomena ini baru akan muncul lagi di tahun 2034, dan bulan purnama terdekat dari seluruh abad ke-21 baru akan muncul pada Desember 2052.

Supermoon

Tuhan Yesus berfirman “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang” ~Lukas 21:25a

Perhatikan bahwa setiap kali ada fenomena alam seperti ini, selalu bertepatan dengan hari-hari raya Ibrani!

Yang tak kalah penting ialah sepanjang tahun 2014 sampai saat ini sudah banyak sekali tanda-tanda langit yang terjadi berkaitan dengan matahari, bulan dan bintang-bintang!

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH - Notaris

    Marilah kita bangunkan Bait Suci Ketiga di Yerusalem seperti dahulu kala ketika Raja Salomo/Nabi Sulaiman putera Raja Daud/Nabi Daud membangunnya sebagai ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, ……. Dan kita kembali dan berserah diri kepada-Nya, memohon ampun bertobat kepada-Nya agar Dia Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah semesta alam mengasihi dan memberkati/merahmati kita kembali, ……. Bukankah firman-Nya di dalam Alkitab-Nya demikian :
    – “Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: ‘Oleh karena kamu Aku mau menyuruh orang ke Babel dan mau membuka semua palang-palang pintu penjara, dan sorak-sorai orang Kasdim menjadi keluh kesah.
    – Akulah TUHAN, Yang Mahakudus, Allahmu, Rajamu, yg menciptakan Israel.’
    Beginilah firman TUHAN, yg telah membuat jalan melalui laut dan melalui air yg hebat,
    – yg telah menyuruh kereta dan kuda keluar untuk berperang, juga tentara dan orang gagah _ mereka terbaring, tidak dapat bangkit, sudah mati, sudah padam sebagai sumbu _ ,
    – firman-Nya: ‘Janganlah ingat-ingat hal-hal yg dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yg dari zaman purbakala!
    – Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yg baru, yg sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.
    – Binatang hutan akan memuliakan Aku, serigala dan burung unta, sebab Aku telah membuat air memancar di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, untuk memberi minum umat pilihan-Ku;
    – umat yg telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku.” (Yesaya 43: 14-21)
    Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: