2 saksi Allah
2 saksi Allah

Benarkah Elia itu digenapi dalam diri Yohanes Pembaptis?

Shalom sahabat CAZ,

Kita telah melihat pada artikel sebelumnya bahwa kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali harus diawali dengan pemulihan, pemulihan segala sesuatu! Salah satu yang dipulihkan adalah kehidupan orang percaya. (cek lagi)

Alkitab berkata bahwa salah satu yang akan dipulihkan pada hari-hari yang terakhir adalah hubungan antara bapa dan anak.

Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah. ~Maleakhi 4:6

Anda bisa membaca keseluruhna kisah ini dari Mal 1-4, dimana anda akan menemukan sejumlah kekacauan yang yang dilakuakn oleh bangsa Israel. Salah satunya adalah karena uang (Mal 3). Uang adalah salah satu senjata iblis untuk membuat kekacauan di Akhir Zaman. Bahkan Paulus menuliskan keadaan yang jauh lebih kacau di akhir zaman ini:

Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! ~2 Tim 3:1-5

Yohanes Pembaptis

Yohanes Pembaptis

Pemulihan ini dilakukan oleh seseorang yang memiliki kuasa Elia. Jika kita kembali melihat sejarah perisitwa ini, ayat ini memang berbicara mengenai kedatangan Yohanes Pembaptis yang akan mempersiapkan jalan bagi Tuhan. Dalam kesempatan ini kita akan melihat, apakah nubuatan ini benar-benar digenapi dalam diri seorang Yohanes Pembaptis?

Saya begitu percaya bahwa kedatangan Yesus yang pertama merupakan gambaran kedatanganNya yang kedua. Jika pada kedatangan pertama, Ia mengutus Yohanes Pembaptis untuk mempersiapkan jalan bagiNya, maka tentu sebelum kedatanganNya yang kedua nanti, akan ada seorang nabi yang memiliki kuasa roh Elia.

“Sesungguhnya, Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu sebelum datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu: dan dia akan mengembalikan hati bapa-bapa kepada hati anak-anak, dan hati anak-anak kepada hati bapa-bapa, agar jangan Aku datang dan memukul bumi dengan sebuah kutuk.” ~Maleakhi 4:5-6

Injil Lukas 1:17 jelas mengatakan bahwa

dan ia (Yohanes Pembaptis) akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.

Elia

Elia

Maleakhi 4:6 sungguh-sungguh digenapi pada bagian pertama ayat dari Injil Lukas diatas, yakni ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya. Tetapi ingat, ayat ini itidak berhenti di sini, dimana ayat selanjutnya menerangkan mengenai Elia yang berbeda. Pribadi yang Tuhan utus mendahuluiNya tersebut akan membuat hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.

Mungkin saudara akan sedikit bingung sebab dalam beberapa petikan Alkitab, begitu jelas tertulis bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia.

Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis. ~Mat 17:11-13

Setelah murid-murid Yohanes pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: “Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari? Atau untuk apakah kamu pergi? Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian halus itu tempatnya di istana raja. Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih dari pada nabi. Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu ~Mat 11:7-14

Seolah-olah Yohanes Pembaptis adalah Elia. Tetapi perhatikan pernyataan dari Yohanes Pembaptis sendiri:

Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: “Siapakah engkau?” Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.” Lalu mereka bertanya kepadanya: “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Dan ia menjawab: “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Dan ia menjawab: “Bukan!

Jika Yohanes Pembaptis bukan Elia, maka tentu ada Elia atau Nabi dengan kuasa Elia yang akan darang hari Tuhan yang besar dan dashyat itu.

Kutipan ayat dari Matius 17 diatas merupakan sinyal besar bagi kita bahwa Kristus sendiri yang membedakan antara Elia pertama, yaitu Yohanes Pembaptis, dan kedatangan Elia yang kedua nanti. Dari percakapan tersebut, terbukti bahwa murid-murid masih bingung mengenai Elia ini, padahal jelas-jelas Yesus telah memberitahukan mereka, bahwa Elia itu adalah Yohanes Pembaptis (ay 14).  tetapi perhatikan penekanan yang Yesus katakan,

2 saksi Allah

2 saksi Allah

Dan Yesus menjawab dan berkata kepada mereka, sungguh Elia akan datang terlebih dahulu, dan memulihkan segala sesuatu. ~Matius 17:11

Tentu perkataan ini tidak mengcau kepada Yohanes Pembaptis, sebab Yohanes Pembaptis saat itu telah ada. Yesus berkata Elia akan datang terlebih dahulu, untuk memulihkan segala sesuatu. Dalam benak murid-murid, mereka menantikan kapan Yesus memproklamasikan diriNya sebagai Raja yang akan melawan penjajahan Romawi kala itu.

Palayanan Elia ke-2 tentu sangat vital, karena lewat kuasa yang diberikan kepadaNya, ia akan memulihkan segala sesuatu, termasuk banyak melakukan tanda dan mujizat sehingga banyak orang berbalik kepada Tuhan yang benar. Sayangnya, akan masih banyak orang yang tidak percaya kepada Elia tersebut.

Yesus berkata tentang Yohanes Pembaptis, “Tetapi Aku berkata kepadamu, bahwa Elia sudah datang, dan mereka TIDAK MENGENAL DIA, tetapi memperlakukannya menurut kehendak mereka,” ~Matius 17:12-13

Elia pertama datang dan banyak orang tidak percaya kepada pesanNya. Dengan kata lain banyak orang melewatkannya. Demikian pula saat Elia kedua nanti datang untuk menggenapi misinya. Tidak semuanya akan menjadi percaya. Itulah sebanya Yesus berkata sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi. ~Wahyu 11:10

Ingatlah, hanya 8 orang yang selamat dari peristiwa bahtera Nuh, hanya 3 orang yang diselamatkan dari peristiwa Sodom dan Gomora di zaman Lot. Menariknya, Tuhan Yesus sendiri menggunakan kedua kisah ini sebagai perumpamaan saat kedatanganNya nanti. Bersiaplah!

 

Facebook Comments

5 comments

  1. Nabi Elia sudah datang dan memberikan kuasa dan wewenangnya pada seseorang yang bernama “Joseph Smith”, pekerjaan Pemulihan sudah dan sekarang sedang berlangsung melalui Dia dan para nabi-nabi yang memimpin gereja “Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir”. kuasa dan wewenang Nabi Elia seperti yang ada di kitab Maleakhi 4:5-6 sedang dipatuhi dan dijalankan lewat Bait bait suci yang ada di dunia. nama gereja tsb diatas menyatakan diri sebagai gereja Pemulihan, yang memulihkan secara murni ajaran dan tata cara yang pernah Yesus jalankan sewaktu Dia hidup dan memimpin gerejaNya.
    untuk lebih rinci,bisa buka di lds.org.

  2. Netty Arni, SH-Notaris

    Bukankah di dalam Kitab Suci-Nya telah diterangkan bahwa di atas gunung yg tinggi di Israel itu Petrus sebagai murid Yesus ingin mendirikan tiga kemah, …… Yaitu satu untuk Kemah Nabi Musa dan satu untuk Kemah Nabi Elia serta satu lagi untuk Kemah Yesus/Nabi Isa/Al Masiah Isa putera Maryam, …….
    Di dunia barat telah berdiri Kemah Yesus/Nabi Isa yakni Gereja Vatican yg dibangun oleh murid Yesus yakni Santo Petrus sebagai pusat agama Kristen yg berpegang teguh kepada Kitab Suci Injil-Nya, sebagai pusat Gereja sedunia atau Bait Suci Allah yg demikian hebatnya, ………
    Dan di dunia timur oleh Bapa Abraham/Nabi Ibrahim bersama puteranya Ismael telah membangun Bait Suci Allah Ka’bah di Mekah sebagai pusat agama Islam yg berpegang teguh dengan Kitab Suci Alqur’an-Nya, menjadi pusat Masjid sedunia atau Bait Suci Allah yg demikian dahsyatnya, ……..
    Sedangkan Kemah Musa atau Bait Suci Allah yg dahulunya dibangun oleh Raja Salomo/Nabi Sulaiman putera Raja Daud/Nabi Daud di puncak Bukit Moria telah tiada lagi hampir 2000 tahun ini, …….. makanya saat ini Bani Israel sebagai umat Nabi Musa yg berpegang teguh kepada Kitab Suci Taurat-Nya ingin membangun kembali Bait Suci Ketiga-Nya di tempat dahulu kala berada yakni di puncak Gunung Puteri Sion/Yerusalem tentunya, ……..
    Maka marilah kita doakan bersama agar bisa cepat dibangun kembali ‘Kemah Suci’ atau ‘Pondok Daud’ sebagai Bait Suci Ketiga tempat ‘Tabut Suci Musa’ berada di Yerusalem untuk menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’ supaya semua makhluk-Nya bisa membersihkan/mensucikan/menguduskan diri di sana, karena TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, adalah Allah semesta alam, Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah semua makhluk, …… Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

  3. Ajaran nabi Musa tidak menghalalkan darah orang kafir, berpoligami, pedofilia, menjarah harta, memperkosa istri, anak dan budaknya orang-orang Yahudi dan kafir. Penyembah Batu Hitam Pagan Arab. Sangat bertentangan dgn Ajaran Nabi Musa. Ajaran Penghancur umat di Dunia enyahlah dari muka bumi.

  4. Netty Arni, SH - Notaris

    Kiranya Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi yg sedang berkunjung ke Indonesia yg menjaga dua Bait Suci TUHAN Allah semesta alam yakni Masjidil Haram Ka’bah di Mekah yg dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim/Bapa Abraham dan puteranya Nabi Ismael yg dilahirkan oleh Ibu Hagar/Hajar isteri kedua dari Mesir, serta Masjid Nabawi tempat Nabi Muhammad saw dimakamkan di Madinah menjadi tempat-tempat yg suci dan mulia bagi umat Islam saja, …… Alangkah indahnya dan anggunnya serta dahsyatnya kedua Bait Suci Allah tersebut. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  5. James Pansius Damanik

    Yang satu kekiri dan satu lagi ke kanan artinya tidak bisa klop karena memang ada yang mengecohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: