Kephale
Kephale

Peringatan kepada bapa-bapa Kristen!

Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu ~Ulangan 30:19 

Shalom sahabat CAZ,

Pernahkah anda mendengar bahwa kesalahan atau perilaku buruk bisa ditransfer oleh seorang ayah? Jika seorang ayah memiliki kebiasaan buruk yang tidak diselesai kan dengan cara bertobat, maka apa yang ia lakukan akan diwariskan kepada keturunannya nanti. Dalam istilah perjanjian lama, kejahatan ini diebut Iniquity, atau Avon (Ibrani).

12801628_10208177459970094_2811856927959997258_nSetiap kejahatan yang terjadi ditransferkan oleh para ayah, bukan ibu, sebab Alkitab begitu jelas mencatat bahwa pria adalah kepala.

Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah ~1 Kor 11:3

Dalam bahasa aslinya, kata kepala ini berasal dari kata kephale, yang artinya adalah sumber. Seorang ayah dapat mentransferkan atau mewariskan hal-hal yang baik atau pun hal-hal yang buruk sebab ia adalah sumber. Inilah yang terjadi jika fungsi ayah sebagai imam dalam keluarga tidak ada, maka hal-hal buruk seperti kutuk akan masuk ke dalam kehidupan keluarga tersebut.

Maleakhi 4:6 jelas mencatat bahwa

Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Sesungguhnya kata ini tertulis dalam bahasa Inggris demikian:

And he shall turn the heart of the fathers to the children, and the heart of the children to their fathers, lest I come and smite the earth with a curse.

Apa yang tertulis di sini begitu mengerikan. Sebab Tuhan akan datang dengan membawa kutuk jika bapa-bapa tidak bertobat dari kesalahan mereka.

Pintu masuk kutuk

berkat atau kutuk

berkat atau kutuk

Kutuk dari ayah sebenarnya datang dari ayahnya pula. Setiap ayah di dunia ini adalah sumber. Kejahatan ini akan terus tersalur kepada generasi berikutnya sampai kutuk tersebut dipatahkan. Hanya dengan percaya kepada Tuhan Yesus, maka kutuk itu akan dipatahkan dan tidak akan diturunkan.

Jika tidak dibereskan, maka kutuk ini akan terus turun ke generasi berikutnya. Anak yang mendapat transfer kutuk dari ayahnya, akan mewariskan kutuk tersebut kepada generasinya nanti.

Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku ~Keluaran 20:5-6

Perhatikan saat Kain membenci saudaranya, Habel. Akibat dari Kain membunuh saudaranya, maka kejahatan Kain ini ditransfer atau diwariskan kepada keturunannya.

Berkatalah Lamekh kepada kedua isterinya itu: “Ada dan Zila, dengarkanlah suaraku: hai isteri-isteri Lamekh, pasanglah telingamu kepada perkataanku ini: Aku telah membunuh seorang laki-laki karena ia melukai aku, membunuh seorang muda karena ia memukul aku sampai bengkak; sebab jika Kain harus dibalaskan tujuh kali lipat, maka Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat. ~Kejadian 4:23-24

Kisah nyata keluarga Jonathan Edward yang merupakan orang yang begitu mencintai Tuhan dengan Max Jukes yang adalah seorang atheis membuktikan hal ini. Lihatlah tabel keturunan mereka dibawah ini. Kutuk bagi yang tidak percaya, dan berkat bagi orang benar dari generasi ke generasi.

Jonathan Edwards - Max Jukes

Jonathan Edwards – Max Jukes

Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. ~Mazmur 112:1-2

Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada ~Mazmur 119:90

Facebook Comments

2 comments

  1. Yohanes Francis Laing

    To all catatan akhir zaman tim and staff members. God Jesus Christ Bless you all. Let the glorious for our almighty God Jesus Christ.
    Praying for me here in Sarawak Borneo. God Jesus Christ, Holy Spirit and God Father hold and guide me always. Let His will and Kingdom in Gospel reach all man through all of us. Halleluyah! Amen

  2. Netty Arni, SH-Notaris

    Di dalam menjalani hidup ini kita selalu dihadapkan dengan ‘berkat’ dan ‘kutuk’ atau ‘rahmat’ dan ‘laknat’, …….
    Jadi akan diberkati/dirahmati Allah bagi orang-orang yg mentaati dan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, ……..
    Dan sebaliknya akan dikutuki/dilaknati Allah bagi orang-orang yg tidak mentaati dan melaksanakan perintah-perintah-Nya, ……
    Maka bagi orang-orang yg beriman/percaya dan beramal saleh akan mendapatkan balasan dengan dimasukkan ke dalam Kerajaan Surga-Nya, …..
    Dan sebaliknya bagi orang-orang yg dzalim/jahat/degil/fasik akan mendapatkan balasan dengan dimasukkan ke dalam api neraka-Nya, ……..
    Maka marilah kita kembali dan berserah diri kepada-Nya serta takut kepada-Nya, Dia-lah TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semesta alam, Allah yg menguasai siang dan malam, Dia-lah Yg menciptakan langit dan bumi seisinya, ……..
    Matahari dan bulan serta bintang-bintang tunduk/patuh kepada perintah-Nya, ……. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: