Gulungan Taurat
Gulungan Taurat

Selesainya penulisan Gulungan Kitab Taurat untuk menyambut Mesias!

Pekan lalu, Rabbi Yosef Berger, salah satu rabi yang bertanggung jawab Raja Daud Makam di Kota Tua Yerusalem, mengambil langkah besar menuju penggenapan mimpinya, yaitu menulis gulungan Taurat untuk menyambut Mesias. Ia percaya bahwa dengan menulis sebuah gulungan Taurat yang mencakup semua Israel, dan menjaga gulungan kitab tersebut di  gunung Sion, akan memenuhi persyaratan untuk mengantar Mesias.

Gulungan Taurat

Gulungan Taurat

Rabbi Berger menjelaskan bagaimana ia belajar ini dari Yalkut Shimoni, koleksi ajaran diyakini telah diatur dalam abad ke-13. Dia mengutip teks perkataan dari Rabbi Shimon Ben Monsia,

Tidak ada tanda-tanda penebusan akan ditampilkan ke Israel sampai mereka mencari tiga hal ini -. Kerajaan Sorga, dinasti Raja Daud, dan pembangunan Bait Allah di Gunung Zion, di mana Raja Daud dikuburkan.

Pada bulan Desember, huruf pertama dari gulungan itu yang ditorehkan oleh Rabbi David Hai Abuhatzeira, cucu dari tokoh Maroko Sephardic mistik Rabbi Israel Abuhatzeira, dikenal sebagai Baba Sali. Pada saat itu, Rabbi Abuhatseira segera menginstruksikan penyelenggara proyek “Penulisan Gulungan Kitab Taurat” secepat mungkin.

Kamis lalu, upacara untuk menguduskan Taurat baru mulai di Kotel (Western Wall) di Yerusalem dan pindah ke Ohel Yitzchak Synagogu, di mana huruf akhir ditulis oleh para rabi yang dihormati.

Dia kemudian mengutip Hosea 3: 4-5 yang berbunyi demikian:

Sebab lama orang Israel akan diam dengan tidak ada raja, tiada pemimpin, tiada korban, tiada tugu berhala dan tiada efod dan terafim. Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir

Shofar - Rabbi Berger

Shofar 

Acara penting ini dihadiri oleh beberapa rabi Israel terkemuka: Rabbi Yitzchak Shtern, Rabbi Shalom Berger (sekarang Mishkoltz Rebbe), Rabbi Reuven Elbaz (rabi Sephardic terkemuka Israel dan anggota dari The Moetzet Chachmei HaTorah), Rabbi Dov Lior (kepala Rabbi dari Kiryat Arba), Rabbi Shalom Ber Sorotzkin (kepala Ateret Shlomo Yeshiva), di antara banyak rabi terhormat lainnya dan peserta.

Gulungan Taurat

Gulungan Taurat – Rabi Berger

Arak-arakan Taurat dari Tembok Barat

Arak-arakan Taurat dari Tembok Barat

Acara ini digelar dengan harapan seluruh Israel bergabung dan membaca Shema, yang akan menyelamatkan mereka dari gelombang teror yang menakutkan sejak oktober tahun lalu.

Rabbi Berger telah menyelesaikan proyek yang tidak biasa ini. Gulungan kitab ini akan dipamerkan dalam tempat khusus di Makam Raja Daud, di mana masyarakat secara terbuka dapat membacanya. Membaca doa Daud di situs penguburannya akan sangat tepat ketika Mesias, keturunan Daud, akhirnya tiba.

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Memang keadaan Gunung Puteri Zion/Yerusalem sekarang ini perumpamaannya masih seperti ‘Perempuan bulus yg duduk di bumi’, …….
    Seperti seorang perempuan janda yg sedih dan sengsara serta merana sendirian karena ditinggalkan suaminya, ………
    Bukankah hal sedemikian ini dijelaskan di dalam Kitab-Nya:
    Hukuman TUHAN terhadap wanita-wanita Sion yg sombong
    – “TUHAN berfirman: Oleh karena wanita Sion telah menjadi sombong dan telah berjalan berjalan dengan jenjang leher dan dengan main mata, berjalan dengan dibuat-buat langkahnya dan gemerincing dengan giring-giring kakinya,
    – maka Tuhan akan membuat batu kepala Sion penuh kudis dan TUHAN akan mencukur rambut sebelah dahi mereka.
    – Pada waktu itu Tuhan akan menjauhkan segala perhiasan mereka: gelang-gelang kaki, jamang-jamang dan bulan-bulanan;
    – perhiasan-perhiasan telinga, pontoh-pontoh dan kerudung-kerudung;
    – perhiasan-perhiasan kepala, gelang-gelang rantai kaki, tali-tali pinggang, tempat-tempat wewangian dan jimat-jimat;
    – cincin meterai dan anting-anting hidung;
    – pakaian-pakaian pesta, jubah-jubah, selendang-selendang dan pundi-pundi;
    – cermin-cermin, baju-baju dalam dari kain lenan, ikat-ikat kepala dan baju-baju luar.
    – Maka sebagai ganti rempah-rempah harum akan ada bau busuk, sebagai ganti ikat pinggang seutas tali, sebagai ganti selampit rambut kepala yg gundul, sebagai ganti pakaian hari raya sehelai kain kabung; dan tanda selar sebagai ganti kemolekan.
    – Orang-orangmu akan tewas oleh pedang, dan pahlawan-pahlawanmu oleh perang.
    – Pintu-pintu gerbang Sion akan mengaduh dan berkabung, dan kota itu akan seperti perempuan bulus yg duduk di bumi.
    – Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: ‘Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yg ada pada kami.” (Yesaya 3:16-26, 4:1)
    Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: