Jesus
Jesus

Perbedaan Rapture dan Second Coming bagian 1

Shalom sahabat CAZ,

Kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dalam peristiwa pengangkatan atau Rapture kita kenal dalam beberapa tafsiran, yaitu Pre-tribulation, Middle-tribulation, Pre-Wrath, dan Post-tribulation. Ketiga tafsiran pertama menyimpulkan bahwa Yesus datang 2 kali, yaitu saat Rapture dan Second Coming. Sementara itu Post –tribulation menafsirkan bahwa Yesus datang hanya 1 kali. Itu berarti peristiwa-peristiwa Rapture dan Second Coming merupakan peristiwa yang terjadi di saat yang bersamaan.

Sebagai orang percaya, kita tidak perlu pusing dan berkutat pada tafsiran mana yang tepat. KedatanganNya sama sekali tidak ada hubungannya dengan tafsiran kita, bahkan sedikitpun tidak akan mempengaruhiNya. Yesus pasti kembali, terlepas dari tafsiran kita!

Pada artikel kali ini admin akan mengupas beberapa alasan yang membedakan kedatangan Tuhan Yesus dalam tahap 1 dan tahap 2. Artikel ini hanya tafsiran, sehingga tidak perlu diperdebatkan, apalagi membuat jarak antara pengajaran yang satu dengan yang lainnya.

Untuk lebih megerti hal ini, silahkan membaca artikel pembuka di sini.  Kedatangan Tuhan Yesus tahap 1 kita kenal dengan istiah Rapture atau pengangkatan, sedangkan kedatanganNya yang kedua kali kita kenal dengan istilah Second Coming.  Kedatangan manakah yang lebih dahulu? Bagaimanakah terjadinya? Apa sajakah perbedaannya?

Perbedaan pertama ialah dari waktu kedatanganNya sendiri.

Kedatangan Tahap 1 : Rapture

Rapture

Rapture

Rapture terjadi sebelum dibukanya Materai ke-7. Seperti yang kita ketahui, 7 materai  berisi 7 malapetaka yang akan menimpa bumi dan segala yang ada di dalamnya.  Banyak sekali yang meyakini bahwa Rapture ini akan terjadi dipertengahan masa 70 sabat Daniel. Dua pandangan pertama yaitu, Middle-tribulation, Pre-Wrath  percaya bahwa pengangkatan terjadi setelah masa aniaya atau masa pemurnian gereja. Post tirbulation menganut pandangan bahwa gereja akan diangkat bahkan sebelum masa aniya.

Renungkan dengan seksama ayat berikut :

Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi ~Matius 24:20-21

Kedatangan Tahap 2 : Second Coming

Second Coming

Second Coming

Second Coming terjadi setelah genap masa pemerintahan Antikristus. Di sinilah Tuhan Yesus datang membunuh Antikristus dan nabi Palsu.

Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya. Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang ~Wahyu 19:19-20

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: