Pencuri
Pencuri

Maksud Kedatangan Yesus seperti Pencuri ~Bagian 2

Shalom sahabat CAZ,

“Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.” ~Wahyu 16:15

Ayat diatas menekankan 3 hal penting sebagai peringatan dari Tuhan Yesus, yaitu Ia datang seperti pencuri, Ia ingin kita berjaga-jaga, dan Ia ingin kita memperhatikan pakaian kita (kekudusan). Namun admin hanya akan membahas mengenai kedatanganNya seperti pencuri.

Dalam Markus 13:33-37, Tuhan Yesus berfirman:

“Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya (kairos) tiba. Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!”

Mempelai

Mempelai

Tuhan Yesus akan datang dalam 2 peristiwa yang berbeda, yaitu Rapture dan Second Coming. Pada saat Rapture kedatanganNya akan seperti pencuri, itu artinya tidak semua orang tahu peristiwa ini, sedangkan saat Second Coming, semua mata akan memandang Dia.

Sekilas, konotasi kata pencuri ini tidak enak di telinga, karena seolah-olah Ia berbuat jahat. Pencuri datang mengambil barang yang bukan miliknya, tetapi Yesus datang justru mengambil kepunyaanNya.

Perhatikan ilustrasi ini.

Jika saya membeli sebuah barang seharga Rp.50.000, itu artinya barang itu berharga Rp.50.000. Alkitab berkata bahwa kita ditebus dengan darah yang mahal, darah yang tak ternilai. Sehingga harga kita setara dengan harga darah Yesus. Dahulu kita adalah milik iblis, tetapi sekarang adalah milik Yesus, sebab Ia telah menebus kita!

Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar:  ~1 Kor 6:20a

Dengan demikian, barang berharga yang akan diambil tersebut adalah gerejaNya. Ia datang untuk menjemput orang-orang yang percaya padaNya! Mengapa? Karena kita yang percaya adalah milik Allah sendiri!

Penglihatan nabi Obaja menerangkan hal ini dengan begitu jelas.

Jika malam-malam pencuri atau perampok datang kepadamu — betapa engkau dibinasakannya — bukankah mereka akan mencuri seberapa yang diperlukannya? ~Obaja 1:5a

Gleaning

Gleaning

Saat pencuri datang, pencuri itu tidak akan membawa semua barang dalam rumah itu. Pencuri tersebut hanya akan mengambil barang-barang yang berharga saja. Barang berharga ini adalah gereja atau orang percaya. Yesus datang sebagai Pencuri untuk membawa mempelaiNya.

Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya ~Obaja 1:5b

Jika hanya mengambil barang-barang yang berharga, artinya pencuri tersebut juga akan meninggalkan barang-barang yang tidak berharga. Ayat di atas menyebutnya dengan “sisa-sisa pemetikan”. Ini berbicara tentang tertinggalnya buah yang masih mentah dan buah yang busuk. Dalam bahasa Inggris, kata tersebut adalah Gleaning.

Tuhan Yesus

Tuhan Yesus

Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan. ~ Lukas 12:35-40

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: