Kebangkitan Orang Percaya
Kebangkitan Orang Percaya

Beginilah wujud Tubuh Kemuliaan! ~Bagian 1

Shalom sahabat CAZ, pasti kita sering mendengar istilah tubuh kemuliaan, yaitu tubuh yang sempurna, yang dikenakan setiap orang percaya saat Rapture terjadi.

Kebangkitan Orang Percaya

Kebangkitan Orang Percaya

Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” ~1 Kor 15: 50-55

Tubuh kemuliaan ini merupakan bentuk tubuh yang sudah tidak fana lagi. Tubuh ini adalah tubuh yang sudah tidak memiliki kelemahan lagi. Lalu bagaimana wujudnya? Cara yang paling bisa dipercaya adalah dengan mengidentifikasinya melalui ayat-ayat Alkitab.

Masih ingatkah saudara kisah saat Yesus bangkit dari kuburNya (Matius 28)? Di depan kubur ada penjaga-penjaga, dan batu kubur itu tetap ada di posisinya. Malaikat Tuhan turun dari sorga dan menggulingkan batu penutup kubur Yesus. Tetapi Malaikat itu justru berkata bahwa Yesus telah bangkit, dan kubur itu kosong! Malaikat tersebut membukanya untuk membuktikan bahwa semua perkataan Yesus mengenai kebangkitanNya sungguh-sungguh terjadi! Yesus berkata bahwa Ia akan mendahului murid-muridNya ke Galilea. Lalu Yesus keluar dari mana, sedangkan pintu kuburnya masih tertutup oleh batu, dan dijaga oleh para penjaga?

Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” ~Yoh 20:19

Tubuh kemuliaan Yesus bisa menembus pintu yang terkunci.

Pdt Yusuf B.S mengatakan bahwa orang mati dalam Kristus yang bangkit, tidak memerlukan jalan keluar sebab tubuh mereka adalah tubuh kemuliaan yang bisa menembus, seperti tubuh Yesus.

Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka. ~Lukas 24:30-31

Tubuh kemuliaan ini juga bisa menghilang dari suatu tempat ke tempat lain.

Admin pernah memposting mengenai perbedaan kebangkitan pertama dan kedua (silahkan baca di sini). Perlu ditekankan bahwa orang-orang yang mati dalam Kristus, mereka akan bangkit menggunakan tubuh kemuliaan. Ini kebangkitan pertama, yaitu kebangkitan untuk menerima upah. Namun, bisa dipastikan bahwa orang-orang mati (termasuk yang beragama Kristen) jika tidak bangkit pada kebangkitan pertama, akan ikut dalam kebangkitan kedua, yaitu kebangkitan untuk penghakiman.

Orang yang bangkit pada kebangkitan pertama inilah akan menggunakan tubuh kemuliaan ini!

Bersambung…

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: