Tuhan Yesus
Tuhan Yesus

Tuhan Yesus melarang kita untuk tahu tentang Akhir Zaman, benarkah?

Shalom sahabat CAZ, mungkin anda sudah mengetahui bahwa semasa hidup Tuhan Yesus di dunia, Ia pernah berkhotbah mengenai Akhir Zaman, yaitu yang tercatat dalam Injil Matius 24&25, Markus 13, dan Lukas 21. Namun, sebelum Ia terangkat ke Sorga, Ia mengucapkan sebuah kalimat tentang Akhir Zaman. PerkataanNya ini menjadi perdebatan dikalangan orang Kristen, sebab mereka berkata, mencari tahu tentang Akhir Zaman tidaklah alkitabiah.

Mari simak ayat berikut :

Kenaikan Tuhan Yesus

Kenaikan Tuhan Yesus

1: 6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”

1:7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. (Bapa yang menetapkan karena posisi Yesus sebagai Anak Manusia)

1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka

Kita akan belajar 2 hal dari ayat-ayat di atas :

Ayat-ayat di atas juga merupakan ayat profetis mengenai kedatanganNya kedua kali nanti, sebab ayat selanjutnya berkata demikian :

1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,

1:11 dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Pertama, saat murid-murid bertanya mengenai pemulihan Israel, Yesus berkata engkau tidak perlu tahu, bukan tidak bisa tahu. Tetapi perhatikan, yang murid-murid tanyakan ialah khusus pemulihan Israel. Seperti yang kita ketahui bahwa Israel akan dipulihkan sebelum Tuhan Yesus datang untuk yang kedua kali. Perkataan ini merupakan 1 dari 3 pertanyaan yang murid-murid juga pernah tanyakan di Matius 24:1-3. Mari kita lihat ayat ini:

24:1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah.

24:2 Ia berkata kepada mereka: “Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batu pun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”

24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu (merujuk pada Bait Allah di ayat 1) akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?” (Matius 24 ini membuka pengertian kita mengenai urutan peristiwa dalam peta zaman yang benar. Membacanya dengan teliti akan membuat kita melihat peristiwa dimana Rapture, Antikris, dan Second Coming muncul beserta tanda-tandanya)

Perhatikan baik-baik bahwa Tuhan Yesus menyinggung Bait Allah terlebih dahulu (ay 1) sebelum kedatanganNya (ay 3). Ini berarti sebelum Ia datang, sesuatu akan terjadi dengan Bait Suci. Kembali ke topik pemulihan Israel, tahukah anda kapan pemulihan itu?

1:7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

Sesungguhnya ayat tersebut berbunyi demikian dalam bahasa aslinya

And he said unto them, It is not for you to know the times (chronos) or the seasons (kairos), which the Father hath put in his own power.

Pernyataan ini sungguh kontras dengan berkataan Yesus dalam Matius 24:36 (Konteksnya Rapture)

Tetapi tentang hari (hēmera) dan jam (hōra) itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.”

Berangkat dari pengertian ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam topik mengenai Rapture, sudah tidak Alkitabiah jika berbicara mengeai hari atau tanggal maupun jam. Tetapi mengenai bulan dan tahun, jangan terlalu menutup diri dan bersikap skeptis. Yang Yesus jelas katakan bukan bagian kita adalah chronos dan kairos pemulihan Israel. (Admin akan membahasnya pada artikel lanjutan)

Kis 1:8

Kis 1:8

Yang kedua yang kita bisa pelajari adalah,

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Yesus sedang berpesan bahwa di masa-masa kedatanganNya kembali untuk kali yang kedua adalah Roh Kudus akan dicurahkan agar setiap orang percaya menjadi saksi! Kuasa Roh Kudus akan memampukan kita menjalani kehidupan yang semakin layak di hadapan Tuhan, sehingga orang-orang bisa melihat Kristus dalam hidup kita.

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Marilah kita bangun Bait Suci Ketiga di Yerusalem untuk mempersiapkan menanti kedatangan Yesus sebagai Anak Manusia untuk kedua kalinya ke dunia sbg Juru Damai yg mendamaikan umat2-Nya dengan TUHAN Allah semesta alam, Allah semua makhluk, ……..
    Dengan membersihkan/mensucikan hati/jiwa kita agar takut kepada-Nya ada di hati kita dan mencintai semua makhluk ada di batin kita supaya ketenangan kedamaian kesejahteraan ada di langit dan bumi-Nya, …….
    Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: