Pemulihan Israel
Pemulihan Israel

Janji Pemulihan Israel dan Gereja di Akhir Zaman

Shalom sahabat CAZ,

Perlu kita ketahui bahwa Tanah Palestina yang sampai saat ini menjadi sengketa adalah janji pertama dari Tuhan Allah kepada Israel yaitu bahwa mereka akan memiliki tanah Palestina sampai selama-lamanya.

Kejadian 17:7-8 mencatat demikian :

Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan kepada keturunanmu akan kuberikan negeri ini yang kau diami sebagia orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu sampai selama-lamanya.

Pemulihan Israel selalu erat kaitannya dengan migrasi atau Aliyah bangsa Israel sendiri ke tanah nenek moyang mereka. Jadi untuk mengetahui mengenai pemulihan itu, kita perlu melihat data sejarah mengenai kepulangan bangsa Yahudi. Aliyah ini akan membuka mata kita bahwa Tuhan sendiri yang berdaulat atas semesta, Ia sedang menggenapi seluruh janjiNya dalam Alkitab!

Yehezkiel 36:8-12 berbunyi demikian

36:8 Maka kamu, gunung-gunung Israel, akan bertunas kembali dan akan memberi buah untuk umat-Ku Israel, sebab mereka akan segera kembali.

36:9 Hati-Ku akan baik kembali dan Aku akan berpaling kepadamu dan kamu akan dikerjakan dan ditaburi.

36:10 Aku akan membuat manusia banyak di atasmu, yaitu segenap kaum Israel dalam keseluruhannya; kota-kota akan didiami lagi dan reruntuhan-reruntuhan akan dibangun kembali.

Aliyah

Aliyah

36:11 Aku akan membuat manusia dan binatang banyak di atasmu, dan mereka akan bertambah banyak dan beranak cucu dan Aku akan membuat kamu didiami kembali seperti keadaan semula dan akan berbuat baik kepadamu lebih dari pada keadaan dahulu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

36:12 Aku akan membuat manusia lalu-lalang di atasmu yaitu umat-Ku Israel; mereka akan menduduki engkau dan engkau akan menjadi milik pusaka mereka dan engkau tidak lagi terus memunahkan mereka

Seperti yang kita ketahui, Israel dulunya dipimpin oleh raja Salomo. Sayangnya, ia jatuh dalam dosa penyembahan berhala dari ilah istri-istri dan gundik-gundiknya. Saat itulah Israel dan Yehuda terpecah, Israel Utara dengan 10 suku dibawah kepemimpinan Yerobeam, dan Israel Setalan dengan 2 suku dibawah pimpinan Rehabeam. Tahun 721, Israel Utara di tawan oleh raja Asyur dan tahun 605-606 Israel Selatan di tawan ke Babel. Penindasan ini terus berlangsung bahkan sampai dalam masa penjajahan Romawi. Tekanan berat yang di alami oleh bangsa Yahudi membuat mereka pergi ke Eropa.  Namun, dibawah tekanan berat oleh Katolik itu, pada abad 12, orang-orang Yahudi yang berdiaspora ke Eropa kembali ke tanah nenek moyang mereka. Bahkan kepulangan ini bertambah banyak saat mereka di usir dari Spanyol tahun 1492.

Data sejarah

Israel telah dibawa kembali ke tanah mereka dari perbudakaan Mesir. Kemudian Israel telah dipulihkan ke tanah itu dari pembuangan Babel. Migrasi berikutnya terjadi antara tahun 1844 sampai saat ini tengah berlangsung. Berbagai perisitiwa membawa bangsa Yahudi ke tanah mereka seperti kerusuhan Jaffa-Britania, gerakan NAZI, dan masih banyak lagi. Bukankah kembalinya bangsa Yahudi ke tanah nenek moyang mereka merupakan penggenapan perkataan Yesus mengenai pohon ara yang bertunas itu?

Israel sedang dipulihkan dan pemulihannya selesai saat gereja dipulihkan!

“Sebagian Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk, dan kemudian seluruh Israel akan diselamatkan.” Seluruh Israel akan diselamatkan, sampai jumlah (pleroma)  dari bangsa-bangsa yang lain telah masuk ke dalam. ~Roma 11:25

Tubuh Kristus

Tubuh Kristus

Kata (pleroma)  ini sama dengan kata yang Paulus gunakan dalam Efesus 1:23

Which is his body, the fulness (pleroma) of him that filleth all in all.

Dikatakan bahwa pleroma Dia yang memenuhi semua dan  segala sesuatu.” Tubuh Kristus (jemaat) yang sekarang sedang dibuat, dan hal itu di dalam sebuah pleroma, jumlah tertentu yang diketahui oleh Allah

Ini merupakan pesan seruis bagi kita gerejaNya, dimana saat-saat ini merupakan masa anugerah bagi kita. Akan datang waktunya dimana pleroma itu ditutup dan anugerah tidak berlaku lagi. Tuhan Yesus memberkati.

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Karena kita satu tubuh maka janganlah ada yg menyakiti, …… marilah kita membangunnya supaya menjadi lebih besar dan lebih kuat serta lebih tinggi, …….
    – “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. – Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing2 adalah anggotanya. – Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam jemaat: pertama sbg rasul, kedua sbg nabi, ketiga sbg pengajar. Selanjutnya mrk yg mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk ber-kata2 dalam bahasa roh. – Adakah mrk semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mrk semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, – atau untuk menyembuhkan, atau untuk ber-Kata2 dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? – Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia2 yg paling utama. Dan aku menunjukkkan kepadamu jalan yg lebih utama lagi”. (1 Korintus 12:26-31) Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: