Daniel
Daniel

Kemanakah 3,5 tahun kedua dalam Daniel 9:27?

Shalom sahabat CAZ, pernahkan anda bertanya-tanya bahwa seluruh maksud dalam Daniel 9:27 tersebut sudah tergenapi semua?

Saya pernah membaca bahwa ayat ini adalah ayat yang paling sukar ditafsirkan karena telah menimbulkan banyak arti. Tidak masalah, karena tafsiran memang bisa saja meleset. Nah, kali ini kita akan melihat ayat ini lebih dalam lagi.

daniel's weeks

daniel’s weeks

Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja (Mesias), ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi (Mesias), padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja (Antikristus?) memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu (Antikristus?) akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. Raja itu (Antikristus?) akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu.” ~Daniel 9:24-27

Perhatikan bahwa pada ayat di atas terdapat 2 kata raja tetapi beda pribadi. Raja pertama adalah Mesias atau Yesus dan raja kedua adalah seseorang yang disebut-sebut Antristus. Ayat ini memang berbicara mengenai kedatangan Mesias pertama kali. Apakah ini nubuatan mengenai kedatanganNya yang kedua juga?

Sekarang mari kita lihat masa-masa tersebut

 7 masa, 62 masa, dan 1 masa.

1 masa = 7 tahun, sehingga 7+62 = 69. 69×7 = 483

Kota itu akan dibangun (Yerusalem). Kapan dimulainya masa ini? dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja (Mesias).

Kapan saat firman itu keluar/ perintah untuk membangun kembali Yerusalem keluar? Ada 4 peristiwa yang menandakan firman/perintah dikeluarkan yakni :

1.Perintah dari Koresh untuk membangun kembali rumah Tuhan/Bait Suci 536 SM (Ezra 1:1-4)
2.Perintah oleh Darius melanjutkan pekerjaan membangun Bait Suci 519 SM (Ezra 6: 1-12.)
3.Perintah oleh Artahsasta kepada Ezra,tahun ketujuh raja artahsasta 457 SM(Ezra 7)
4.Perintah oleh Artahsasta yang mengabulkan permohonan nehemia krn kesedihannya, tahun ke 20 raja Artahsasta 444 SM (Nehemia 2)

Poin 1 dan 2 tentu salah karena yang Daniel maksudkan adalah pemulihan Yerusalem bukan pembangunan Bait Suci seperti pada poin 1 dan 2. Jadi perhitungannya adalah 457 SM + 483 = 27.

Raja yang diurapi itu muncul tahun 27, dimana Ia dibaptis oleh Yohanes. Singkatnya, masih ada 1x masa yang tersisa, dimana dikatakan bahwa pada pertengahan 1 masa itu (3,5 tahun) perjanjian dibuat. Ini sebenarnya berbicara tentang kematian Mesias yang mati pada tahun 31 (27+3,5 = 31, atau pertengahan tahun 34. (27+7=34)

Lalu dimanakah 3,5 tahun kedua tersebut? Dan Siapa raja kedua dalam ayat itu yang Alkitab tuliskan “maka datanglah rakyat seorang raja (Antikristus?) memusnahkan kota dan tempat kudus itu?

Ada yang berkata pada waktu itu melalui tindakan Parlemen Yahudi,  bangsa itu  mensahkan  penolakannya terhadap injil oleh  mati  syahidnya Stefanus  dilempar  dengan batu dan  penganiayaan  terhadap  para pengikut  Kristus (tahun 34). Itulah akhir masa 70 minggu bagi orang  Yahudi sebagai  bangsa  pilihan Allah

Namun ada juga yang berkata bahwa 3,5 tahun ini ditunda sebab bangsa Yahudi tegar tengkuk. Inilah yang menyebabkan keselamatan itu bisa dinikmati oleh bangsa-bangsa non Yahudi. Tuhan sisipkan kurang lebih 2000 tahun zaman bangsa-bangsa, yaitu yang kita kenal dengan zaman Perjanjian Baru, zamannya keselamatan bagi orang-orang kafir (gentiles).

“Memang kepada kamulah (bangsa Israel) firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.” ~Kisah 13:46

Saya merenungkan ayat ini :

Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. ~Roma 11:25

Jika penundaan itu benar, mungkin tepat sudah apa yang tercatat dalam Kis 3:2. Dan jika benar, berati masa pemulihan segala sesuatu itu ialah pemulihan gereja.

Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu

Paulus melanjutkan,

Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri. Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: “Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. ~Roma 11:24-26

Lalu Siapa Raja kedua dalam Daniel 9:27 tersebut? Menurut sejarah, rakyat Kaisar Titus dari Roma yang menghancurkan bait suci? Jika pola ini merupakan nubuatan kedatangan Yesus yang kedua, apakah Roma memiliki peran kuat di balik bait suci dan kedatanganNya kedua kali nanti?

Facebook Comments

3 comments

  1. BAIT SUCI TABERNAKEL HARUS DIBANGUN BANGSA ISRAEL SEBAGAI TANAH PERJANJIAN DAN UMAT PILIHAN SEMUA KUASA SORGA AKAN TERUNGKAP BAGI ORANG KUDUS.

  2. Netty Arni, SH-Notaris

    Pastilah Roma memiliki kekuatan yg sangat besar untuk memulihkan gereja-Nya dan untuk mendatangkan Dia yg diurapi-Nya, …….. Agar semua makhluk-Nya bisa berdoa dan bertekuk lutut serta bersembah sujud di hadapan-Nya, ……. Di dalam Bait Suci-Nya yg kudus setelah dapat dibangunkannya kembali, sebagai ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, ……. Agar semua makhluk-Nya ataupun umat-umat-Nya dapat disucikan/ dikuduskan di sana, …….. Biarlah shekinah/ketenangan dan kedamaian serta kemakmuran/kesejahteraan meliputi langit dan bumi-Nya, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  3. Netty Arni, SH-Notaris

    Bait Allah Ketiga bisa dibangun oleh orang-orang yg hidupnya di dalam kebenaran/kesucian/kekudusan atau oleh orang-orang yg tangannya diberkati/dirahmati TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semua makhluk, ……. Karena Dia Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah semesta alam akan menjadikan Gunung Israel/Sion/Yerusalem menjadi suci kembali, sebagaimana dijelaskan di dalam Alkitab-Nya demikian:
    Keselamatan bagi bangsa-bangsa di Sion.
    – “TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yg bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yg tua benar, masakan yg bergemuk dan bersumsum, anggur yg tua yg disaring endapannya.
    – Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yg diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yg ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.
    – Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.
    – Pada waktu itu orang akan berkata: ‘Sesungguhnya, inilah Allah kita, yg kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yg kita nanti-nantikan ; marilah kita bersorak sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yg diadakan-Nya!’
    – Sebab tangan TUHAN akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran.
    – Apabila Moab mengembangkan tangannya di dalamnya seperti cara perenang mengembangkannya untuk berenang, maka TUHAN akan mematahkan kecongkakan mereka dengan segala daya upaya mereka.
    – Maka kubu-kubu tembokmu yg tinggi akan ditumbangkan-Nya dan dirubuhkan-Nya, dan dicampakkan-Nya ke tanah dan debu.” (Yesaya 25:6-12)
    Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: