Misteri Akhir Zaman - Daniel
Misteri Akhir Zaman - Daniel

Kapan Akhir Zaman dimulai? Ini penjelasan kitab Daniel!

Shalom sahabat CAZ, admin pernah memposting artikel mengenai perbedaan Akhir Zaman dan Zaman Akhir. Sebenarnya Akhir Zaman itu sudah dimulai saat Yesus masih di dunia, lebih dari 2000 tahun yang lalu. Namun, Akhir Zaman yang spesifik berbicara mengenai masa-masa penantian kembaliNya sang Mesias terhitung sejak tahun 1967. Mengapa demikian? Perhatikan hal berikut:

Dalam Alkitab kita mengenal zaman hukum yang diwakili oleh Perjanjian Lama, dan zaman anugerah yang diwakili oleh Perjanjian Baru. Tetapi  Yesus memiliki pengertian sendiri kapan Akhir Zaman ini dimulai.

“dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu.” ~Luk 21:24

six day war

six day war

Yesus membuka rahasia ini. Akhir Zaman dimulai saat genaplah zaman bangsa-bangsa yang menginjak-nginjak kota Yerusalem. Menurut sejarah, Raja Nebukadnezar menguasai Yerusalem pada tahun 606 SM, dan menawan orang-orang Israel ke Babel. Setelah itu, bangsa Israel terserak ke seluruh penjuru dunia, dan Yerusalem tetap di bawah kuasa bangsa-bangsa lain. Tertitung sejak diaspora itu hingga tanggal Juni 1967, dimana Yerusalem kembali dalam tangan Israel, tercatat ada 2573 tahun. Memang, tahun 1948 Israel memproklamasikan diri sebagai negara merdeka, namun saat itu Yerusalem belum dikuasai. Barulah di tahun 1967, untuk pertama kalinya Yerusalem kembali dalam tangan bangsa Yahudi. Kejadian ini terjadi di Yobel ke 10 dan menggenapi nubuatan Rabi Ben Samuel yang mengatakan bahwa tahun 1967 adalah waktu dimulainya tahun Mesianik. (Baca di sini)

2573 tahun tersebut disebut zaman bangsa-bangsa lain (gentiles era), dan zaman inilah yang Yesus maksudkan. Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa era setelah kembalinya Yerusalem dalam penguasaan orang Yahudi pada Juni 1967 disebut sebagai akhir zaman atau era Mesianik.

Perhaitakan nubuatan ini

Daniel

Daniel

Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah. ~Dan 12:4

Tetapi ia menjawab: “Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman. ~Dan 12:9

Berdasarkan ayat ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Tuhan sendiri yang menyegel rahasia ini sampai tahun 1967. Terhitung sejak tahun tersebut, Tuhan sendiri pula yang membuka rahasia itu. Itulah sebabnya keliru jika mengatakan bahwa Akhir Zaman adalah sebuah misteri. Alkitab jelas mencatat bahwa justru di Akhir Zaman banyak orang akan menyelidikinya dan pengetahuan akan bertambah.

Facebook Comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: