Imam Lewi
Imam Lewi

Gen murni dari Imam Harun telah ditemukan?

Suku Lewi

Suku Lewi

Para ilmuwan telah menemukan gen yang dapat ditelusuri dari Harun, Imam pertama (Kohen) dari orang-orang Yahudi dalam Alkitab, dari populasi Yahudi modern saat ini yang membawa garis keturunan imam.

Bangsa Yahudi memiliki genetika imam yang diturunkan dari ayah ke anak, dimulai dari Harun (Keluaran 28:1). Walaupun telah mengalami diaspora selama 2000 tahun, ilmu pengetahun modern saat ini mampu membuktikan konsep Alkitab bahwa seorang imam memiliki warisan gen imam yang bisa dipercaya integritasnya. Kebenaran ini akan mengarahkan kita nanti saat Bait Suci ke-3 dibangun, imam yang memiliki gen murni dari Imam Harun akan memenuhi syarat-syarat untuk memimpin ritual dan upacara Altar Kudus.

Masih ingatkah saudara kisah dalam Alkitab dimana Tuhan memilih semua anak sulung bangsa Israel setelah Ia menyelamatkan dari wabah yang membunuh semua anak sulung di Mesir? Pada mulanya Tuhan telah memilih anak-anak sulung tersebut agar mereka bisa melayani Allah. Namun Tuhan murka atas mereka saat anak-anak sulung tersebut terlibat dalam dosa anak lembu emas (Keluaran 32). Di titik itulah Tuhan memilih suku Lewi (suku Musa dan Harun) untuk memegang jabatan imam untuk selamanya, untuk melayani di Bait Suci.

Setelah diteliti, ahli-ahli genetika telah memverifikasi kelompok pria yang diyakini mewarisi gen imam Harun yang hidup lebih dari 3000 tahun yang lalu. Hasilnya luar biasa, penelitian demografis menunjukkan bahwa keturunan kohanim (imam) selalu mewakili sekitar lima persen dari total populasi Yahudi.

Menurut hukum Yahudi, identitas Yahudi ditentukan oleh agama ibu, tetapi penunjukan imam dan identitas kesukuan selalu ditentukan oleh ayah. Perlu diketahui bahwa wanita memiliki kromosom XX dan pria memiliki kromosom XY. Kromosom X pria berasal dari ibu, dan kromosom Y berasal dari ayah. Semua keturunan pria memiliki gen haplotipe. Gen tersebut adalah adalah sekumpulan DNA yang mengandung variasi gen yang diyakini para peneliti sebagai satu unit generasi yang berhasil berkembang biak. Dengan demikian akan lebih mudah menemukan gen imam tersebut karena Kromosom Y memiliki DNA yang mirip.

Profesor Karl Skorecki

Profesor Karl Skorecki

Hipotesis gen imam ini pertama kali diuji oleh Profesor Karl Skorecki, yang juga adalah keturunan imam, tepatnya keturunan Ashkenazi. Dia melakukan pengujian di  Rambam-Technion Medical Center – Haifa tahun 1997. Dia menguji sebanyak 2 kali pada penanda kromosom Y yang berbeda. Hasil dari pada kromosom Y (YAP-) tercatat memiliki 98,5 persen gen imam.

Kebingungan yang selama ribuan tahun menjadi perpecahan dalam kalangan umat Yahudi kini terjawab sudah. Sejak ditemukannya gen murni dari imam Harun ini membuka mata kita bahwa Tuhan sendiri yang mempersiapkannya. Setelah lebih dari 3000 tahun tahun lalu, ditambah dengan mutasi genetika, para ahli kini telah menemukan gen murni dan asli dari imam nenek moyang mereka yang pertama yang telah bertahan dalam timeline yang begitu rapi.

Ada banyak spekulasi mengenai bait ke-3, dimana banyak syarat yang harus dipenuhi oleh imam, demikian juga dengan tugas mereka nantinya yang berhubungan dengan bait suci. Faktanya, ratusan kohanim berkumpul di Tembok Barat pada Sukkot atau Hari Raya Pondok Daun untuk memberkati ribuan orang Yahudi, seperti dalam tradisi leluhur mereka yang telah diturunkan ribuan tahun silam. Bukankah ini bukti ilmiah mengenai kisah para Imam yang tercatat pernah ada dalam Alkitab? Dan yang pasti kehadiran para imam tersebut menandakan mereka telah siap bekerja!

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Marilah kita membersihkan diri dan mensucikan hati dan kita semua kembali kepada-Nya, agar Bait Suci Ketiga bisa cepat dibangun lagi sbgmn dahulu kala adanya menjadi Ka’bah bagi umat Yahudi dan ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, maka semua suku dan umat dan bahasa dan bangsa dapat mensucikan/ menguduskan diri di sana, …….. Biarlah Dia Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semua makhluk, Allah semesta alam menyayangi dan mengasihi kita kembali, ……. Sehingga dihilangkannya kutuk/laknat/bencana/musibah yg menimpa dunia saat ini dan kemudian digantinya dengan menurunkan berkat2-Nya dan rahmat2-Nya kepada kita, supaya shekinah/ketenangan kedamaian kesejahteraan/kemakmuran ada di langit dan bumi-Nya, karena firman-Nya di dalam Alkitab-Nya dmk:
    – “Jika engkau mau kembali, hai Israel, demikianlah firman TUHAN, kembalilah engkau kepada-Ku; dan jika engkau mau menjauhkan dewa2mu yg menjijikkan, tidak usahlah engkau melarikan diri dari hadapan-Ku!
    – Dan jika engkau bersumpah dalam kesetiaan, dalam keadilan dan dalam kebenaran: Demi TUHAN yg hidup! maka bangsa2 akan saling memberkati di dalam Dia dan akan bermegah di dalam Dia’.
    – Sebab beginilah firman TUHAN kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: ‘Bukalah bagimu tanah baru, dan janganlah menabur di tempat duri tumbuh.
    – Sunatlah dirimu bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan me-nyala2 dengan tidak ada yg memadamkan, oleh karena perbuatan2mu yg jahat”
    – “Kembalilah, hai anak2 yg murtad, dmklah firman TUHAN, krn Aku telah menjadi tuan atas kamu! Aku akan mengambil kamu, seorang dari setiap kota dan dua orang dari setiap keluarga, dan akan membawa kamu ke Sion.
    – Aku akan mengangkat bagimu gembala2 yg sesuai dengan hati-Ku; mrk akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.
    – Apabila pd masa itu kamu bertambah banyak dan beranak cucu di negeri ini, dmklah firmanTUHAN, maka orang tidak lagi akan berbicara tentang tabut perjanjian TUHAN. Itu tidak lagi akan timbul dalam hati dan tidak lagi akan diingat orang; orang tidak lagi akan mencarinya atau membuatnya kembali.
    – Pada waktu itu Yerusalem akan disebut takhta TUHAN dan segala bangsa akan berkumpul ke sana, demi nama TUHAN ke Yerusalem, dan mereka tidak lagi akan bertingkah langkah menurut kedegilan hatinya yg jahat.
    – Pada masa itu kaum Yehuda akan pergi kepada kaum Israel, dan mereka akan datang ber-sama2 dari negeri utara ke negeri yg telah Kubagikan kepada nenek moyangmu menjadi milik pusaka”.
    (Yeremia 4:1-4, 3:14-18) Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: