Bentrokan Israel Palestina

Hubungan Israel dan Palestina kembali memanas!

Shalom sahabat CAZ,

Konflik Israel-Palestina

Konflik Israel-Palestina

Hari ini adalah hari ke-3 dimana pihak berwenang Israel memasuki kompleks suci Masjid Al-Aqsa. Tercatat di hari ke-3 ini ada 17 warga Palestina yang luka-luka. Peristiwa ini merupakan buntut dari kejadian pada tanggal 13 September, dimana orang-orang Yahudi ingin merayakan Tahun Baru Mereka.

Polisi memasuki puncak gugus Masjidil Aqsa untuk memastikan bahwa pemuda Muslim yang berkumpul di sana tidak mengganggu warga Yahudi atau wisatawan. Namun, warga Muslim khawatir Israel akan berusaha mengubah aturan yang berlaku di Masjidil Aqsa dengan kelompok Yahudi sayap kanan yang mendorong untuk mendapatkan akses lebih banyak dan bahkan upaya oleh beberapa organisasi untuk mendirikan sebuah bait suci baru. Kelompok Yahudi ultra-nasionalis sejak lama memang telah mendesak pemerintah Israel membuka wilayah itu bagi umat Yahudi untuk beribadah.

Konflik Israel-Palestina

Konflik Israel-Palestina

Tindakan Polisi Isarel tersebut sontak membangkitkan kemarahan umat Muslim, yang menganggap orang-orang Yahudi dilarang memasuki tempat tersebut. Dikabarkan bahwa warga Palestina yang berada di dalam Masjid Al-Aqsa melemparkan batu dan bom molotov ke arah pasukan Israel. Mereka juga memasang barikade guna mencegah agar polisi keamanan Israel masuk ke dalam masjid. Akibat serangan dari diantara kedua pihak ini, jendela di masjid itu hancur berantakan, pintu rusak dan karpet terbakar di 12 titik. Tentara Israel mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan merupakan balasan dari membalas lemparan batu dan kembang api dari para pemuda Palestina dari dalam masjid. Bahkan, ditemukan bom pipa di dalam masjid Al-Aqsa.

Seperti yang kita ketahui Israel merebut Yerusalem Timur, daerah di mana Masjidil Aqsa berada, dalam Perang Enam Hari pada 1967 dan kemudian mengambil alih wilayah itu dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat dunia. Ironisnya, kemenangan ini tidak pernah diakui oleh dunia.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya berkomitmen menjaga status quo Al-Aqsa namun tidak akan menoleransi kekerasan. “Tugas dan hak kami untuk melawan para pelanggar hukum untuk memberikan kebebasan beribadah di situs suci ini. Kami akan menindak tegas para pelempar batu, kembang api dan bom pipa,” kata Netanyahu.

Ketegangan meningkat sejak pekan lalu setelah Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon melarang dua kelompok Muslim, Murabitat dan Murabitun, memasuki Masjid Al-Aqsa. Langkah itu diambil untuk membela keamanan negara dan menjaga ketertiban masyarakat.

Disamping itu, seorang warga Israel tewas setelah mobilnya dilempari batu saat melintasi wilayah tersebut. Ia kehilangan kendali dan akhirnya tewas pada Senin (14/9) pagi. Tidak diketahui secara pasti penyebab pelemparan batu ini. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu langsung menggelar rapat darurat untuk mempertimbangkan hukuman yang lebih berat bagi pelaku pelemparan baru, yang menjadi simbol perlawanan warga Palestina terhadap pendudukan Israel.

Kecaman Bangsa Arab

Tidak tanggung-tanggung juru bicara Hamas, Mushir Masri menegaskan bahwa “Pesan kami dari Gaza untuk musuh adalah bahwa Masjid Al-Aqsa adalah garis batasnya dan siapa pun yang berusaha melintasinya berarti tengah bermain dengan api,”!

Tindakan Israel juga menuai kecaman dari pemerintahan Mahmoud Abbas. “Kami mengecam keras serangan dari militer dan polisi penjajah di Masjid Al-Aqsa dan agresi terhadap jemaah di sana,” ujar pernyataan kantor kepresidenan Palestina.

Selain itu menteri-menteri luar negeri negara Arab yang tengah berkumpul di Kairo, Mesir juga ikut mengancam. Mereka memperingatkan Israel untuk tidak memicu kemarahan umat Muslim seluruh dunia dengan coba mengubah status quo Al-Aqsa. Para pemimpin Arab telah bersumpah mereka akan melawan agresi Israel di Al-Aqsa. “Kami akan melawan agresi pendudukan atau agresi Israel di Masjid Al-Aqsa,” ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Raja Yordania

Raja Yordania

Raja Yordania, Abdullah II juga memperingatkan Israel. “Jika terjadi provokasi lagi di Yerusalem, pastinya akan membawa dampak pada hubungan antara Yordania dan Israel. Ia mengaku bahwa Yordania memiliki hak untuk menjaga kelestarian Masjid Al Aqsa, masjid bersejarah umat Islam. Berita lain menyebutkan bahwa kecaman ini bisa berbuntut pada kesepakatan damai Israel-Yordaia tahun 1994.

Pemerintah Amerika Serikat dan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyatakan prihatin dengan kekerasan yang terjadi di Masjid al-Aqsa.

Facebook Comments

3 comments

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Yerusalem, Yerusalem, ……… Bukankah engkau adalah kota suci bagi ketiga umat komunitas Tuhan Allah semesta alam (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah semua makhluk?, ………
    Memang di puncak Bukit Moria terdapat sebuah Batu Suci yakni ‘Batu Sakhra’/’Batu Sara’, ……. merupakan gambaran/simbol dari Ibu Sara yg sangat cantik berkulit putih isteri Bapak Abraham/Nabi ibrahim yg pertama dan melahirkan Ishak dan kemudian lahirlah cucunya Yakub/Israel, ……… Keluarga yg amat dekat dengan Allah (khalillullah) ini menjadi Ahlul Bait di Bait Allah di Yerusalem, …….
    Bukankah umat Islam telah dikaruniai Bait Allah Masjidil Haram Ka’bah di M

  2. Netty Arni, SH-Notaris

    Memang umat Islam telah dikaruniai Allah Bait Suci Masjidil Haram Ka’bah di Mekah, yg demikian besar dan hebatnya serta dahsyatnya pembangunannya, sehingga dapat menampung para jemaah haji sekaligus lebih dari dua juta umat-Nya bisa berdiri dan bertekuk lutut serta bersembah sujud di dalam Rumah Suci-Nya/Bait Suci-Nya di Ka’bah Mekah, ……..
    Di sana juga terdapat ‘Batu Suci’ berwarna hitam yg disebut ‘Hajar Aswad’/’Batu Hitam’ yg menempel di dinding Ka’bah, sbg gambaran ataupun simbol dari isteri Bapa Abraham/Nabi Ibrahim yg kedua yg cantik manis berkulit hitam dari Mesir dan yg melahirkan Ismail, kesemuanya menjadi Ahlul Bait Allah di Masjidil Haram Ka’bah di Mekah, ……..
    Sehingga antara Bait Suci Masjidil Haram di Mekah dengan Masjidil Aqsa di Yerusalem ada pertalian yg sangat dekat dan sangat suci dikarenakan keduanya merupakan syiar-syiar Allah yg perlu dijaga kelestariannya dan dihormati serta disucikan keberadaannya, ……. Apalagi Masjidil Aqsa menjadi tempat Nabi Muhammad salat bersama para nabi dan rasul serta malaikat-malaikat-Nya ketika isra’ mi’raj, …….
    Dan kemudian Nabi Muhammad menjejakkan kakinya di tempat ‘Batu Sakhrah/’Batu Putih’ di puncak Bukit Moria di Gunung Sion/Yerusalem, gunung yg tertingi di dunia, …….. Maka beliau berada di tempat ‘One Step To Heaven’ di Kubah Emas Dome of The Rock, menuju langit ke tingkat tujuh di Kerajaan Surga-Nya, …….
    Maka marilah kita bangun bersama Masjidil Aqsa dan Bait Suci-Nya di Yerusalem agar menjadi seaman senyaman seindah sepermai seagung semulia sebesar setinggi Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, …….. Bahkan bisa dibangun lebih besar lagi adanya menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’ sehingga semua makhluk-Nya dapat berdiri berdoa bertekuk lutut dan bersembah sujud agar bisa disucikan/dikuduskan di sana, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

  3. Netty Arni, SH-Notaris

    Sesungguhnya ‘Batu Putih’/’Batu Sara’/’Batu Sakrah’ di dalam Kubah Emas ‘Dome Of The Rock’ di dekat Masjidil Aqsa yg berkubah hitam/biru terbuat dari perunggu dan ‘Batu Hitam’/’Batu Hajar’/’Hajar Aswad’ di Bait Suci Allah Masjidil Haram Ka’bah di Mekah adalah batu-batu surga yg harus kita jaga kesuciannya dan kemuliaannya, ……… Janganlah kedua batu yg yg suci ini kita jadikan sebagai ‘Batu Sandungan’ karena kita semua pastilah akan jatuh dan hancur karenanya, ……… Maka kedua batu suci ini hanyalah bisa kita jadikan sebagai ‘Batu Sentuhan’ saja bagi ketiga komunitas umat TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semesta alam (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah, sebagai ‘One Step To Heaven’ menuju Kerajaan Sorga-Nya, …….. Maka marilah kita hormati dan kita muliakan serta kita agungkan bersama-sama keberadaannya sebagai ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, ………. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: