Ayin Vav
Ayin Vav

Pesan dalam tahun baru Ayin Vav! ~Bagian 1

Shalom sahabat CAZ,

Ayin Vav

Ayin Vav

Beberapa hari lagi kita akan masuk dalam pergantian tahun Ayin Hey (5775) ke Ayin Vav (5776) saat matahari terbenam 12 September 2015 waktu Israel (1 Tishri). Tahun 5776 ini  disebut juga sebagai Tahun Yobel Besar. Banyak sekali yang meyakini bahwa ini adalah Yobel terahkir dari semua Yobel karena menggenapi perhitungan kitab Daniel. Ini adalah tahun mesianik, dimana orang Yahudi menanti-nantikan mesias mereka. Namun, dikalangan orang Yahudi ternyata ada kelompok yang tidak mempercayai perhitungan Yobel karena mereka belum melihat sebuah Sanhedrin seperti yang mereka inginkan di Israel. Sanhedrin yang ada di Israel saat ini, tidak diterima secara universal karena imam-imamnya dianggap tidak lengkap.

Sepanjang tahun Ayin (5770 – 5779), satu dekade ini bicara soal tahun mata. Dimana Mata TUHAN yang senantiasa tertuju kepada kita untuk mengajar, menunjukan jalan serta menasehati kita. Tetapi juga bicara soal mata kita yang senantiasa fokus kepada TUHAN.

Berikut adalah tahun-tahun yang akan kita jalani sampai tahun 5779 :

5770 : Ayin (mata)
5771 : Ayin-Alef (mata-kepala lembu).
5772 : Ayin-Bet (mata-rumah).
5773 : Ayin-Gimel (mata-kaki) .
5774 : Ayin-Daled (mata-pintu)
5775 : Ayin-Hey (mata-dia/menunjuk)
5776 : Ayin-Vav (mata-pengait)
5777 : Ayin-Zayin (mata-cangkul/pedang)
5778 : Ayin-Chet (mata-dinding)
5779 : Ayin-Tet (mata-keranjang)

Tahun-tahun tersebut mempunyai arti tersendiri sesuai lambang dari huruf Ibrani kuno seperti tersebut diatas. Sebagai contoh Tahun Ayin Hey juga ditandai dengan pencurahan Roh Kudus secara besar-besaran. Tetapi tahun Ayin Hey ditandai dengan banyak goncangan. Sebut saja  ISIS yang berusaha mengguncang iman orang yang percaya dengan cara melakukan pembunuhan-pembunuhan, munculnya kembali virus Ebola yang sebelumnya sudah punah, goncangan ekonomi dunia, bencana alam, dan lain sebagainya.

Tahun Ayin Vav 5776 (Tahun Yobel Besar)

Waw (dibaca wau, vau, atau vav) adalah huruf ke-6 dari abjad Semitik termasuk Abjad Fenisia, Abjad Aram, Abjad Ibrani, Abjad Suryani, dan Abjad Arab. “Vav” secara harafiah diartikan sebagai “hook” atau “keterikatan”, yang dapat diartikan keterikatan manusia antara bumi dan surga. Ini semakin membuktikan bahwa Kedatangan Tuhan sudah semakin dekat, dan kita sebagai anak Tuhan harus mempersiapkan diri kita.

timthumbAdmin telah membahas sedikit mengenai beberapa perhitungan tahun yobel. Memang beberapa versi berbeda satu dengan yang lain, namun semua perhitungan itu jatuh di tahun 2015-2016. Saya percaya pada pergantian tahun baru nanti, kita semua akan masuk dalam suatu dimensi yang baru. Memang, kita tidak bisa menerka-nerka apa yang akan terjadi sepanjang tahun baru ini. Tetapi siklus Yobel sebelumnya menjadi bukti bahwa selalu ada peristiwa besar yang terjadi atas umat pilihan, Israel, di setiap tahun Yobel. Sebagai pegangan, kita harus melakukan beberapa hal berkaitan dengan makna dari Ayin Vav itu sendiri, yaitu :

  1. Mata Tuhan sepenuhnya tertuju pada manusia kita. Ini akan menjadi tahun pelepasan dan tahun transformasi besar bagi yang percaya.
  2. Tahun penggenapan seluruh janji dan  nubuatan. Jangan heran jika di waktu-waktu mendatang akan semakin banyak peristiwa dalam Alkitab yang akan terjadi.
  3. Vav juga berbicara tentang “sulam”, seperti tangga dari bumi sampai ke surga, di mimpi Yakub. Saat itu Tuhan untuk pertama kalinya memperkenalkan diriNya kepada Yakub dengan berkata “Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak. Mari berdoa agar di tahun pembebasan ini, terjadi perjumpaan pribadi antara Tuhan dan jiwa-jiwa yang belum mengenalNya, sehingga tuaian semakin banyak.
Facebook Comments

14 comments

  1. Maranatha Tuhan kembali ke bumi

  2. Sungguh nyata. Tidak ada nubuat dalam Alkitab yg tidak tergenapi. Semua pasti tergenapi. Senantiasa setia menantikan kedatangan Yesus kedua kalinya ke dunia ini. Bagi jiwa-jiwa yg percaya pasti akan hidup kekal bersama-Nya di surga. 😊 “HIDUP adalah KESEMPTAN, MATI adalah KEBERUNTUNGAN”

  3. Oktobryant B Siahaan

    Shalom..saya bisa menyimpan artikel ini? Saya tertarik selalu membacanya. Baginana caranya ya..terimakasih. Tuhan Yesus Memberkati

  4. Oktobryant B Siahaan

    Shalom. Saya minta ijin menyimpan artikel ini . Bagaimana caranya ya..Tks Gbu

  5. Ayin Vav dimulai 13 September 2015 matahari terbenam

  6. Dear CAZ Reader
    Tahun ini, Ayin vav adalah tahun ke-76 dari abad ke-57 bagi bangsa Yahudi
    100 th yang lalu juga tahun Ayin Vav kan?
    Begitu juga dengan tahun 4776. (Seribu tahun yang lalu)
    Apakah ada korelasi “nubuatan” th Ayin vav tahun ini dengan 100 th yang lalu? (Sama-sama th Ayin Vav)

    Saya percaya, anda pasti setuju dengan saya bahwa Tuhan lah yang juga menciptakan waktu.
    Selain Kairos, Tuhan juga yg menciptakan Kronos.
    Yang saya belum tahu penyebabnya, mungkin CAZ bisa membantu saya,
    Mengapa bangsa Yahudi mengubah awal tahun baru dari 1-Nisan (Abib/Aviv) menjadi 1 Tishri
    Sedangkan TUHAN telah menetapkan, bahwa awal dari segala bulan adalan bulan Abib/Aviv, sekarang dikenal dengan nama bulan Nisan

    Exodus 12:2
    “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

    Kel 12.2 itu saat bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, dn tgl 14 Nisan adalah hari raya Paskah.
    Juga merupakan hari penyaliban Tuhan Yesus.

    Setahu saya, bukan Tuhan yang mengubah Perubahan Tahun (permulaan bulan baru) menjadi 1 Tishri.
    Artinya, it is not synchronized to GOD’s reckoning of time.

    Yang paling tepat : berjaga-jagalah, pegang Firman Tuhan, taat dan lakukan.
    Gbu.

  7. Saya ada pertanyaan nih, dan saya juga bingung. Kenapa kita harus menghitung segala sesuatu dalam penanggalan yahudi? Apakah ada Tuhan Yesus berkata poercayalah kepada Ku dan ikuti penanggalan yahudi? setahu saya Percayalah pada Yesus maka km diselamatkan. Setahu saya di surga tidak ada penanggalan. Jadi kenapa kita harus meributkan akhir jaman dengan penanggalan yahudi. apakah kita tahu bahwa penanggalan yahudi dan islam itu sama yaitu penanggalan bulan, kl org islam bilang penanggalan komariah. Come guys you have to be smart and check the data before write something sensational. Because God always use you mind and your heart. GBU

    • Shalom, anda harus pahami bahwa kalenderNya Tuhan itu adalah kalender Lunisolar (Kej 1:14-15) Kalender inilah yang dipakai orang Ibrani. Demikian.

  8. Netty Arni, SH-Notaris

    Wahai saudara-saudaraku dan teman-temanku dari ketiga komunitas umat Tuhan (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati/dirahmati Allah, …….. Sesungguhnya ada kaitan persaudaraan antara kita, karena kita semua adalah anak cucu cicit keturunan dan pengikut dari Bapa Abraham/Nabi Ibrahim yg lurus/suci/benar di hadapan Allah sehingga diangkat menjadi ‘kekasih Allah’ (Khalilullah) atau menjadi orang yg sangat dekat kepada Allah (muqarrabin) yg dimasukkan di dalam Kerajaan Allah, ………
    Wahai orang-orang yg beriman/percaya kepada TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semesta alam, marilah kita semua memohon ampun dan bertobat serta kembali kepada ketentuan-ketentuan/hukum-hukum-Nya, dan beriman kepada para nabi/rasul beserta kitab-kitab-Nya, (Taurat – Injil – Qur’an) yg menjadi petunjuk/terang/cahaya bagi umat-umat-Nya supaya tetap bisa berjalan di atas jalan yg lurus/benar dengan mengenakan pakaian yg suci/kudus atau melakukan perbuatan-perbuatan yg baik/bijak/berhikmah agar dimasukkan ke dalam ‘golongan Allah’ (‘hizbuz Allah’) di Kerajaan Sorga-Nya, dan kita jangan mengenakan pakaian kekerasan/kejahatan/kedegilan/munafik/fasik/teror/isis/iblis yg kesenangannya melakukan keonaran/kerusakan di muka bumi agar tidak dimasukkan ke dalam ‘keluarga iblis’/’keluarga isis’ atau ‘golongan setan’ (‘hisbuz setan’) yg dimasukkan ke dalam neraka-Nya, ……..
    Marilah di akhir zaman ini kita bergandengan tangan dan bersama-sama mencari Wajah-Nya dan cahaya-Nya serta belas kasih-Nya atau berkat-berkat-Nya agar Dia Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah semua makhluk ini memberkati kita bersama, dan janganlah kita membelakangi-Nya atau menjadi orang yg mendurhakai-Nya/mendustakan-Nya sehingga Dia melaknati/mengutuki kita yg menyebabkan bencana/musibah/sakit-penyakit/teror atau kesengsaraan menimpa kita seperti sekarang ini yg banyak melanda dunia, ……..
    Karena Dia Yg Maha Kudus Allah Yakub/Israel adalah Hakim Yg Maha Adil dan Yg Maha Bijaksana bagi seluruh makhluk-Nya, sesungguhnya Dia mengharapkan pertobatan dan kesucian/kebersihan/kemurnian hati kita agar bisa menjadi umat-umat-Nya yg disayangi dan dikasihi-Nya seumpama menjadi batu permata yg bercahaya di hadapan-Nya, ……..
    Ketika umat Kristen telah membangun Gereja Santo Petrus di Vatican yg ada di bagian barat bumi-Nya dengan begitu amat sangat megahnya untuk mensucikan-Nya dan menghormati-Nya serta mengagungkan-Nya, ……..
    Dan umat Islam telah membangun Bait Allah Masjidil Haram di Mekah di bumi bagian timur yg sangat mengagumkan dan mendahsyatkan, dimana umat-Nya seperti domba-domba yg bersembah sujud untuk membesarkan nama-Nya Yg Maha Tinggi dan Maha Agung, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, …….
    Maka Bani Israel/Yakub atau umat Yahudi seharusnya memiliki Bait Suci Allah di Yerusalem sebagaimana dahulu kala ketika Nabi Sulaiman/Raja Salomo putera Nabi Daud/Raja Daud membangunnya menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’ supaya semua makhluk-Nya bisa mensucikan/membersihkan/menguduskan diri di sana, …….. Tentunya dengan berpakaian pesta untuk memasuki Gereja-Nya, ataupun dengan berpakaian taqwa atau berhati suci/lembut/kasih untuk memasuki Masjid-Nya, juga berpakaian shabat/kudus untuk memasuki Ka’bah Bait Suci-Nya di gunung Sion/Yerusalem yg kudus, ……..
    Karenanya di akhir zaman ini kita semua menunggu kedatangan seorang Mesias, pemimpin yg adil dan bijaksana sehingga bisa bertindak sebagai Imam Agung/Imam Besar di Bait Suci Allah nantinya, agar ‘Yerusalem Sorgawi’ atau ‘Nuzulul Firdausi’ gambaran turunnya Surga Firdaus di muka bumi maka shekinah/ketenangan kedamaian kesejahteraan akan meliputi langit dan bumi ini, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: