“Kepastian” nuklir Iran akan diputuskan di Rosh Hashana?

Shalom sahabat CAZ,

Kesepakatan Nuklir Iran ditandatangani pada tanggal 14 Juli 2015 dengan P5 + 1 – kelompok yang terdiri dari wakil-wakil dari pemerintah AS, Inggris, Perancis, Rusia, China dan Jerman – dan Republik Islam Iran. Tanggal ini jatuh pada waktu yang sangat signifikan dalam kalender Yahudi yang dikenal sebagai The Three Weeks.

The Three Weeks

The Three Weeks

The Three Weeks adalah masa berkabung dimana orang-orang Yahudi setiap tahun merenungkan penghancuran Bait Suci di Yerusalem. Periode ini  berakhir pada tanggal 9 bulan Av dan selalu jatuh di musim panas. 9 Av, disebut Tisha B’Av dan merupakan hari paling menyedihkan dalam kalender Yahudi. Hari itu adalah hari saat Bait Suci dibakar.

Iran Nuclear Deal

Iran Nuclear Deal

Kesepakatan ini mengingatkan kita pada Perjanjian Munich antara Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain dan Hitler pada tahun 1938.  Rabbi Lazer Brody menulis: “Saat ini,  77 tahun kemudian dari Perjanjian Munich tersebut, selama ‘Tiga Minggu’ antara tanggal 17 Tammuz dan Tisha B’Av,  Amerika Serikat telah menegaskan kembali komitmennya untuk memenuhi tuntutan Iran dan menandatangani perjanjian nuklir.

Meskipun Gedung Putih berusaha untuk mendorong kesepakatan melalui PBB sebelum Kongres, ada hubungan lain yang mencolok antara kesepakatan nuklir Iran dan kalender Yahudi.

Terlepas dari apa yang terjadi di PBB, Kongres AS memiliki 60 hari untuk meninjau dan memilih untuk meratifikasi kesepakatan nuklir tersebut. Pada kalender Yahudi, 60 hari dari hari kesepakatan nuklir Iran ditandatangani jatuh pada Rosh Hashana, Tahun Baru Yahudi. Dengan demikian, keputusan akhir kemungkinan akan diumumkan pada periode antara Rosh Hashana dan Yom Kippur dikenal yang dikenal sebagai Sepuluh Hari Pertobatan. Ini adalah hari penghakiman bagi orang-orang Yahudi.

Rabbi Pinchas Winston

Rabbi Pinchas Winston

Rabbi Pinchas Winston “[kata Talmud] bahwa semua hukuman datang ke dunia karena orang-orang Yahudi. Fakta bahwa kesepakatan Iran dibuat selama tiga minggu dan akan diputuskan saat Rosh Hashanah harus menjelaskan di mana tanggung jawab kami terletak. Kami tidak ingin ini ‘hukuman’ terjadi dan kita tentu tidak ingin bertanggung jawab untuk itu. ” Ketika ditanya lebih lanjut, Rabbi Winston menegaskan, “Sekarang kami memiliki kesempatan untuk mengganggu itu [kesepakatan nuklir] dengan berdoa dan melakukan mitzvos [perintah Allah].”

Facebook Comments

2 comments

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Damailah Amerika/Israel, ….. Damailah Eropa, …… Damailah Iran (Asia-Afrika), …….. Damailah dunia, ……….
    Alangkah baiknya hidup di akhir zaman ini yg waktunya tinggal sedikit kita gunakan se-baik2nya utk berbuat kebaikan/amal yg saleh, berlomba utk mendapatkan sorga-Nya yg seluas langit dan bumi yg disediakan bagi org2 yg hatinya selalu takut kpd-Nya dan mencintai semua makhluk ada di dlm batinnya, shg shekinah mawaddah warohmah atau aman tenteram damai sejahtera akan meliputi langit dan bumi, ……..
    Jadi buanglah rasa benci, iri hati, sakit hati, tomak/serakah, penghujat/pencela, pendendam, pendengki dll kejahatan/kedegilan hati, dmn kesemuanya ini hanya akan merusakkan hati/jiwa kita, membuat dunia bagaikan padang gurun yg kekurangan air shg menyengsarakan penduduknya, ……..
    Bukankah di akhir zaman ini TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, ingin mengumpulkan anak cucu cicit keturunan serta pengikutnya baik dari Ibu Sara yg melahirkan Ishak, dan kmd lahirlah cucunya Esau (Bani Edom) dan Yakub (Bani Israel), …….. dan dari Ibu Hagar/Hajar yg melahirkan Ismael (org2 Arab) mk lahirlah cucunya Ibrahim yg bernama Nebayot dan Kedar, dan apalagi Esau juga memperisteri anak Ismael yg bernama Mahalat adik Nebayot, ……..
    Mk marilah kita semua berdamai dan bersatu serta ber-sama2 membangun Bait Suci Ketiga di Yerusalem utk menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’ agar Dia, Tuhan Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub mengasihi dan menyayangi kita kembali, ……
    Biarlah langit menurunkan rahmat2-Nya dan bumi mengeluarkan berkat2-Nya shg kita semua bisa hidup aman tenteram damai sejahtera, mk hidup di dunia bagaikan hidup di sorga, ……..
    Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  2. Imigran berbondong-bondong masuk ke Eropa dari Afrika dan Timur Tengah pertanda apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: