Rabbi Yahudi : Bolehkah menghitung tanggal kedatangan Mesias?

Rabbi Ovadia Yosef

Rabbi Ovadia Yosef

Shalom sahabat CAZ, bolehkah orang menghitung tanggal kedatangan Mesias? Jawabannya, menurut Rabbi Ovadia Yosef, Pemimpin Sephardic yang paling dihormati, hal itu diperbolehkan! Keputusannya didukung oleh sumber-sumber klasik yang mengutip berbagai alasan dan kondisi yang memungkinkan kita untuk menghitung kedatangan Mesias.

Menurut semua pendapat agama Yahudi dan otoritas Taurat, tidak ada pertentangan tentang penamaan periode waktu untuk kedatangan Mesias. Namun, satu-satunya pertanyaan adalah apakah diperbolehkan untuk “tanggal” untuk Hari Akhir tersebut?

Rabbi Moses ben Nahman

Rabbi Moses ben Nahman

Rabbi Moses ben Nachman, lebih populer dikenal sebagai Nachmanides, adalah seorang Rabbi Yahudi terkemuka abad pertengahan sebagai rabbi Sephardic, filsuf, dokter, Kabbalist, dan komentator Alkitab. Dia memutuskan bahwa “larangan terhadap memprediksi tanggal untuk kedatangan Mesias hanya berkaitan dengan generasi sebelumnya yang masih jauh dari Mesias. Ia mengungkapkan tanggal sebagai pendekatan kedatangan Mesias akan memperkuat orang dan memotivasi mereka untuk melakukan perbuatan baik dan bertobat”.

Dalam ajarannya, Nachmanides menekankan bahwa “hanya dilarang untuk berbicara tentang kedatangan Mesias dalam hal tertentu. Bagaimanapun, diperbolehkan untuk berbicara tentang Mesias sebagai peristiwa yang pasti.”

Rabbi Isaac Abrabanel

Rabbi Isaac Abrabanel

Rabbi Isaac Abravanel, adalah seorang negarawan, filsuf, komentator Alkitab berkebangsaan Portugis-Yahudi menulis bahwa ketika orang-orang bijak mengecam orang-orang yang tahu kedatangan Mesias, mereka hanya berbicara tentang orang-orang yang melakukannya menurut astrologi atau ilmu sihir.

Menurutnya, benar-benar diperbolehkan untuk menghitung kedatangan Mesias menurut Alkitab dan para nabi. Dia juga menunjukkan bahwa keinginan untuk tahu kapan Mesias akan datang bukan hal yang negatif, tetapi adalah sifat positif dan patut dipuji, karena menunjukkan keinginan yang benar. 

Rabbi Shimon Yohai

Rabbi Shimon Bar Yochai

Rabbi Shimon Bar Yochai, lebih dikenal dengan singkatan Rashbi. Konon menjadi penulis Zohar, teks dasar untuk studi Kabbalah. Rashbi memutuskan bahwa menghitung tanggal kedatangan Mesias dilarang untuk orang-orang yang tidak berpendidikan yang tidak mendasarkan pendapat mereka pada sumber Taurat. Dalam petunjuk mengenai Hari Akhir, Rashbi menjelaskan bahwa pada hari-hari sebelum kedatangan Mesias, rahasia terdalam akan terungkap bahkan kepada anak-anak kecil.

Facebook Comments

2 comments

  1. Daniel Januar Napitupulu

    Suka isi blog ini semua 🙂

  2. Ilmu cocokologi..??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: