Pope Francis
Pope Francis

Kuasa Mengampuni para Paus merupakan bukti Antikristus dalam Alkitab?

Shalom sahabat CAZ, artikel ini dibuat bukan untuk menyerang aliran atau pribadi tertentu, tetapi sebaliknya supaya kita mengerti kebenaran. Banyak yang bertanya kepada saya khususnya mengenai sosok Paus Francis, yang sejauh ini memiliki ciri-ciri yang kitab Wahyu dan Kitab Daniel Nubuatkan (Baca sumbernya di sini). Ada pula yang mengatakan beliau adalah pribadi yang suci, bagaimana mungkin bisa menjadi “calon” Antikristus? (Ada juga yang menggolongkannya hanya sebagai antikritus, tetapi bukan Antikristus)

Sahabat CAZ, satu hal yang perlu kita ketahui bahwa Paus menurut ajaran Katolik bisa mengampuni dosa. Berikut adalah petikan artikel yang saya copy dari situs Katolisitas.org

Pope Francis

Pope Francis

Untuk memberikan pengampunan Allah bagi umat-Nya setelah mereka menerima Sakramen Baptis, Kristus memberikan kuasa untuk mengampuni dosa kepada Petrus yang diteruskan oleh para penerusnya yaitu para Paus (lih. Mat 16:16-19) dan kepada para rasul yang diteruskan oleh para uskup dibantu oleh para imam (lih. Yoh 20:21-23). Dalam prakteknya, pengampunan dosa ini terjadi dalam Sakramen Tobat. Katekismus Gereja Katolik menjelaskannya sebagai berikut:

Memang mungkin sulit sekali bagi kita untuk dapat mengerti, mengapa paus, uskup dan para imam, yang adalah manusia seperti kita, diberi tanggung jawab yang sedemikian besar. Kuasa untuk mengampuni dosa ini artinya adalah, kuasa yang diberikan Kristus kepada para rasul-Nya (yang diteruskan kepada para penerus mereka) untuk mengampuni dosa sebesar apapun, tidak terbatas oleh waktu maupun tempat, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Yesus kepada Petrus untuk mengampuni dosa tujuhpuluh kali tujuh (lih. Mat 18:22) yang artinya: tidak terbatas. Dan lebih lanjut St. Yohanes Krisostomus menuliskan, “Para imam telah menerima kuasa, yang Allah tidak berikan baik kepada para malaikat maupun kepada para malaikat agung… Tuhan mengukuhkan di atas sana segala sesuatu, yang para imam lakukan di atas dunia ini.” (Yohanes Krisostomus, sac. 3,5).

Lalu bagaimana kata Alkitab?

Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri.Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.“Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: “Ia menghujat Allah. “Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: “Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:”Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” ~Matius 9:1-6

Berdasarkan ayat di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa orang-orang Yahudi kala itu menuduh Yesus menghujat Allah karena Yesus mengampuni! Hal tersebut terjadi karena mereka tidak tahu siapa Yesus. Dengan demikian, setiap manusia yang ingin menyamakan diri dengan Tuhan dalam hal apapun termasuk mengampuni, ia hendak menghujat Allah!

Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri? ~Markus 2:7

Perhatikan baik-baik, Paulus berkata bahwa Antikristus itu menghujat Allah!

vicar-0f-christ

vicar-0f-christ

Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga. ~Wahyu 13:6

Selain menghujat Allah lewat perkataan dan tindakannya, Antikristus juga akan menyamakan diri dengan Allah, dimana menyamakan diri dengan Allah tersebut merupakan tindakan Menghujat Allah. Tuhan Yesus pernah disebut Menghujat Allah, karena dianggap menyamakan diri dengan Allah.

Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.” ~Yoh 10:33

Antikristus Menyamakan diri dengan Allah!

Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. ~2 Tes 2:2-3.

Facebook Comments

16 comments

  1. Aliran apa rupanya kau min,,,,,

    • Sudah bukan rahasia lagi, hanya ada 1 denominasi yg begitu anti katolik sehingga dlm pengajarannya tidak pernah berbicara tentang kasih, tapi hanya fitnah, cela, dsb 😀😀😀

      Anda pasti tahulah aliran apa itu 😊 semua juga sudah tahu kok .

  2. Mungkin paus salah mengartikan ucapan Yesus pada Petrus ttg mengampuni 77×7 kali dlm sehari, itu maksudnya kita mengampuni orant yg bersalah pd kita bkn berarti kita punya kuasa mengampuni dosa org seperti kuasa Tuhan Yesus,,. Misal ada org ygcurhat kpd kita atau ngaku dosa sm kita, jelas kita ga punya kuasa mrngampuni dosa org tsb, meski apapun jabatan kita termasuk rasul Petrus sekalipun krn dia manusia biasa bkn Tuhan.

  3. Netty Arni, SH-Notaris

    Sesungguhnya dg dihancurkannya Bait Suci Allah oleh Titus pd th 70 M dan diangkutnya barang2 suci Bait Allah ke Roma dan kmd disimpan sbg barang2 berharga termasuk Lampu Menorah Emas di Gereja Vatican, sebenarnya secara rohani ‘Antikris’ telah berkuasa di Yerusalem dg menghentikan korban2 sembelihan dan korban2 bakaran yg menyenangkan bagi Tuhan telah tiada lagi, ……..
    Dan kmd menyingkirlah Bani Israel menjadi diaspora ke seluruh penjuru dunia, dan tentunya juga otomatis berhentilah korban2 sembelihan dan korban2 bakaran yg menyenangkan bagi Tuhan Allah semesta alam krn sdh tdk ada Bait Suci di sana, ……..
    Apalagi ditambah ditutupnya ‘Pintu Gerbang Emas’/’Pintu Gerbang Timur’/’Pintu Belas Kasih’ oleh umat Islam, dan dimuka pintu gerbang timur tsb dijadikan kuburan Islam, shg makin sempurnalah dihentikannya korban2 sembelihan dan korban2 bakaran di sana, ……..
    Jadi sesungguhnya yg menjadi ‘Antikris’ adalah ketiga umat Tuhan juga yakni umat Yahudi yg telah meninggalkan Bait Suci-Nya di Yerusalem, ……. dan umat Kristen yg telah memenangkan peperangan dan menghancurkan Bait Suci Allah,……… serta umat Islam yg telah memperoleh kemenangan juga shg dimampukan Allah utk mendirikan ‘Kubah Emas Batu Sakrah’/’Dome of The Rock’ dan ‘Masjidil Aqsa’ di sana, ……..
    Mk sebenarnya yg bisa mengembalikan: kesucian, kejayaan, kekayaan, keagungan, kemolekan, keanggunan, kemasyhuran, kegagahan, keelokan dll kemegahan Bait Suci Ketiga adalah ketiga umat Tuhan ini juga (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah, ……..
    Mk jadilah bijaksana dan berhikmah krn Tuhan Allah semesta alam, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub ingin mengumpulkan dan mendekatkan ketiga umat Tuhan ini di Gunung Suci Puteri Sion/Yerusalem, ……… Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  4. PENGGANTI KRISTUS/VICAR OF CHRIST

    Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yoh 16:7)

    Artikel ini membahas tentang Gereja (Jemaat Elohim) dan kepala Gereja dalam kontek menemukan arti kata Vicar of Christ atau Pengganti Kristus. Siapakah Pengganti Kristus / Mashiah di bumi?

    Akar kata dan maknanya. Vicarius Chirsti (Latin) adalah akar kata dari Vicar of Chirst yang berarti Pengganti Kristus / Mashiah. Titel ini diartikan sebagai jabatan yang diberikan kepada sebuah pribadi setelah Yahshua Ha Mashiah / Kristus setelah 40 hari kebangkitan-Nya dari kematian Ia terangkat ke sorga, duduk di sebelah kanan Bapa Sorgawi, dan kepada Jemaat-Nya (seluruh orang Kristen) di bumi diberikan seorang pribadi untuk menggantikan posisi kepemimpinan Mashiah / Kristus.

    Klaim Roma Katolik. Gereja Roma Katolik, yang berkedudukan di Roma, Vatikan, dengan jelas mengklaim secara resmi bahwa Paus adalah Pengganti Kristus di bumi, yang berarti juga adalah kepala dari Jemaat / Gereja(Ekkelsia, Church). Title Paus lainnya yang sejenis dengan itu ialah Vicarivs Filii Dei / Vicarius Filii Dei (Latin) yang berarti Vicar of the Son of God, baca artikel-artikel tentang ini pada link-link yang tersedia di bawah.

    Klaim ini tertulis dalam doktrin Katekismusnya Roma Katolik Bab III, Artikel 9 paragraf 4. Christ’s Faithful – Hierarchy, Laity, Consecrated Life, tertulis:

    I. THE HIERARCHICAL CONSTITUTION OF THE CHURCH: “For the Roman Pontiff, by reason of his office as Vicar of Christ, and as pastor of the entire Church has full, supreme, and universal power over the whole Church, a power which he can always exercise unhindered.” #882
    IN BRIEF: “The Pope enjoys, by divine institution, supreme, full, immediate, and universal power in the care of souls” #937

    Benarkah Paus / pope Pengganti Kristus di bumi, memiliki kuasa yang menyeluruh atas Jemaat / Gereja Kristus? Benarkah Paus kepala dari Gereja universal Kristus? Untuk di ingat bahwa kata universal sama dengan kata katolik, dalam Kristianity kedua kata tersebut sama dengan Oikumene (Yunani). Gereja mula-mula, sebelum Constantine menjadikan Kristianiti menjadi agama resmi kerajaannya, Jemaat Kristen disebut Gereja Oikumene.

    Dua ayat yang umum dipakai oleh gereja Roma untuk klaim di atas:
    Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Mat 16:18-19)
    Kata Yeshua pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” … Dan ia berkata kepada-Nya: “Adonai, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku. (Yoh 21:16-17)

    Dengan dua ayat tersebut Roma mengajar:

    Rasul Petrus pemimpin dari rasul-rasul lainnya.
    Rasul Petrus memiliki posisi kepala dari Gereja /Jemaat Yahshua Ha Mashiah.
    Pada canon/ hukum tertulis gereja Roma, rasul Petrus adalah Paus pertamanya.
    Dari dua pemikiran yang Roma buat, Roma mengajar:

    Posisi supermasi kepemimpinan Petrus ini telah diwariskan kepada gereja Roma Katolik, yakni Paus
    Segera pemikiran pewarisan ’kursi/ tahta’ Petrus ini berkembang menjadi pewaris ’kursi/ tahta’ Kristus yang disebut ’vicar/ pengganti’ Kristus di bumi.
    Tidak berhenti di sini, bahkan beberapa Paus mengklaim diri mereka sendiri sebagai Elohim / Kristus itu sendiri. Baca: The Pope claims to be God on Earth by Amazing Discoveries
    Alkitab dan para theologist tentang Pengganti Kristus.
    Sangatlah mudah mengklaim segala sesuatu dan menganggap hal-hal yang diklaim tersebut sebagai fakta dan kebenaran dihadapan orang-orang yang tidak memiliki Alkitab. Itulah yang telah terjadi di dalam sejarah Gereja dari abad ketiga sampai abad 15. Pemimpin Islam mengulangi cara pemimpin Roma Katolik ini kepada para Muslim di seluruh dunia dari akhir abad ke enam sampai sekarang. Namun keduanya gagal total di dalam tujuan mereka untuk menarik pengikut Yahshua kedalam klaim-klaim hampa mereka, sebab Alkitab sekarang tersedia hampir di dalam segala bahasa, dan mayoritas penduduk dunia mampu membaca dan menulis.

    Para theologist menolak supermasi dan kekebalan Paus.
    Dr. Marsilius dari Padua, Italy (1270-1334), merefer kepada kepemimpinan sekuler Paus – yang Roma klaim sebagai pewaris kedudukan rasul Petrus, ia menulis:

    Kristus telah memberi kepada rasul-rasul untuk melayani ibadah perjamuan kudus … Sebab Ia tidak berkata: “Engkau [Petrus] lakukan ini dan berikat kepada rasul-rasul lainya kuasa untuk melalukan ini …
    Kuasa kunci alam maut, Kristus berkata kepada para rasul: ”Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu [majemuk]… “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.” (Yoh 20:21-23). Ia tidak berkata kepada Petrus: ”Terimalah Roh Kudus dan kemudian berikan itu kepada yang lainnya…
    Rasul Paulus diutus untuk tugas yang sederajat dengan Petrus, Paulus tidak diutus oleh Petrus tetapi langsung oleh Yahshua, untuk menetapkan doktrin Kristen bagi orang-orang bukan Yahudi diputuskan bersama-sama (Kis 15)
    Paulus berkata: Tetapi waktu Kefas [Petrus] datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. (Gal 2:11). Alkitab latin Jerome menulis: ”… aku menentangnya, sebagai kesetaraan. Karena ia pastilah tidak berani melakukan ini kecuali ia telah tahu bahwa ia tidak sederat.” [Jerome juga merubah dokument Yunani ke Latin tentang Petrus, baca Hubungan rasul Petrus dengan Roma Katolik]. Ini sebuah alasan mengapa Gereja Roma marah besar ketika Alkitab diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
    Yesus berkata kepada mereka: “Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung. Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan. Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan. (Luk 22:25-27)
    Uskup Roma tidak seharusnya dipanggil penerus St. Petrus dalam hal penumpangan tangan, sebab Petrus tidak pernah menumpangkan tangannya atas mereka langung atau tidak langsung.
    Sehubungan dengan St. Petrus… tidak dapat dibuktikan melalui Kitab suci bahwa ia telah ada sebagai uskup Roma secara terperinci, atau, lebih lagi, bahwa ia pernah di Roma… (Williston Walker, A History of the Chistian Church)
    Kesimpulan yang Marsilius melalui keabsahan ayat-ayat Alkitab, bahwa “kepala Gereja yang benar-benar absolute adalah Kristus sendiri.”

    Dr. Martin Luther dalam debatnya dengan Johann Maier Eck (utusan Roma) pada bulan Juni dan Juli 1519, Luther menyatakan:

    Paus melaksanakan autoritasnya melalui manusia, bukan oleh kekuatan sorgawi dan kebenaran, oleh sebab itu tidak kebal
    Gereja Roma tidak suprim atas gereja-gereja lainnya
    Dewan-dewan gereja dapat dan telah berbuat salah, sebab mereka terdiri dari orang-orang yang tidak lepas dari kesalahan
    Alkitab adalah ultimate dan otoritas sorgawi di dalam segala masalah yang berhubungan kepada agama. (W.J. Sparrow Simpson, Roman Catholic Opposition to Papal Infallibility)
    Tentang klaim kuasa mengartikan Alkitab yang hanya dimiliki oleh Paus, Luther berkata: Mereka berharap untuk menjadi satu-satunya Master Alkitab, meskipun di dalam seluruh kehidupan mereka, mereka sama sekali tidak belajar dari firman YAHWEH tersebut…” (Philip Schaff, The Creeds of Christendom). Hal ini juga dinyatakan oleh Charles Chiniquy (1809-1899), bekas pastor Katolik Kanada dan A.S. dalam bukunya “50 Years in the Church of Rome.” Dapat dibaca online.

    Besar kemungkinan Luther mendasarkan argument-argument di atas berdasarkan fakta gereja Roma Katolik itu sendiri, contohnya: 1305-1414 telah terjadi tiga wilayah kepausan, ”dimana setiap paus memproklamirkan hukuman kekal atas lawan-lawannya.” (Dr. V. Norskov Olsen, Papal Supermacy and American Democracy, cp.2: Rome’s Internal conflict).

    Setelah terpukul dengan ayat-ayat Alkitab di atas, maka Roma Katolik mengadakan Dewan Trent (1545-1563) untuk menyelamatkan doktrinnya, maka diputuskanlah:

    Hukum-hukum baru dikeluarkan
    Menetapkan tradisi gereja lebih tinggi dari Alkitab termasuk Apokripa (kitab tambahan gereja Roma)
    Menyatakan Alkitab versi latin Vulgate St. Jerome satu-satunya terjemahan yang sah. *
    Menolak doktrin sola fide, sola gratia. (Alexander Roberts and James Donaldson, The Ante-Nicene Fathers vol.1, The Apostolic Fathers)
    *) Alkitab Latin versi Jerome (382-405 AD) dikenal sebagai St. Jerome’s Vulgate Bible, adalah revisi dari terjemahan Alkitab Latin yang lebih tua yakni Vetus Latina Bible.

    Perlu untuk diingat bahwa pada waktu Marsilius hidup belum ada Alkitab berbahasa Inggris, yang tersedia hanyalah Alkitab berbahasa Latin yang diterjemahkan dari bahasa Yunani, tambahan Alkitab hanyalah untuk para ahli Alkitab. Terima kasih kepada para pentercemah Alkitab dan bapa reformasi Gereja yang mempertaruhkan nyawa mereka sendiri untuk menterjemahkan Alkitab sehingga itu bisa dibaca oleh setiap orang.

    Dengan Alkitab yang kita miliki sekarang kita dapat melihat dengan jelas bahwa dua ayat yang dipakai oleh Roma di atas diambil keluar dari konteknya:

    Mat 16:18 “Petrus”dalam bahasa aslinya (Yunani) tertulis Petros – sebongkah batu, “di atas batu karang ini” tertulis petra – batu besar. Yashua Ha Mashia adalah batu karang itu sendiri, batu penjuru (1Kor 10:4; Maz 118:22 & Yes 28:16//Mat 21:42; Mark 12:10; Luk 20:17)
    Yoh 21:16-17; Yashua mengembalikan Petrus kepada kerasulannya yang ia sendiri telah buang dengan mulutnya sendiri dengan menolak Yahshua sebagai Masternya sebanyak tiga kali. (Mat 26). ”Gembalakan domba-domba-Ku” bukanlah perintah untuk Petrus saja, tetapi untuk setiap rasul

    • Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yoh 16:7)

      kata “dia” di ayat yang saudara justin pakai juga, ditulis dengan berawalan huruf besar (Dia), dan kita semua tahu itu artinya apa, masih mungkinkah yang dimaksud adalah paus???

  5. ampunilah kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami…

    Para manusia debu sekalian yang tidak sanggup memberi korban. Anda telah kehilangan HIKMAT kasih karunia dari Tuhan. Anda dipandu oleh kosombongan yang menggunung. Anda telah berkali-kali merampas takhta Yesus dalam hal penghakiman. Anda yang tidak pernah membebaskan diri dari pengaruh pohon pengetahuan baik dan jahat. Si Pohon undang-undang itu. Si Pohon Mahkamah dacing yang menimbang kesalahan anda. Anda gagal di sini anda perlu belaskasihan dari Yesus.

    SEBAIK SAJA ANDA DIBAPTIS ANDA BERADA DALAM KASIH KARUNIA. lihat sesama mu yg menderita sila bantu tanpa melihat agamanya. Manusia itu gambar dan rupa pencipta.

  6. Gelar Paus yang Menghujat Allah

    Gelar yang diberikan kepada Paus jelas menghujat di dalam naturnya. Jabatan “de Paus”, “der Papst”, “the Pope”, atau “Pape”, tidak disebutkan dalam Alkitab; Namun, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya untuk tidak mempraktekkan ketuanan (lordship) satu sama lain, dan bahwa siapapun yang akan menjadi pemimpin harus menjadi pelayan.

    Gelar-gelar Paus adalah:

    1 … Bapa Suci.
    Gelar Paus ini adalah penghujatan pada setidaknya tiga tingkatan: – [i] Tidak ada yang suci atau kudus selain TUHAN (1 Samuel 2: 2). [ii] Bapa, Yesus memerintahkan kita untuk tidak menyebut siapapun “bapa” dalam hal keagamaan (Matius 23:9). [iii] Bapa Suci, Bapa yang kudus, gelar ini semata-mata hanya untuk Allah Bapa sejak digunakan oleh Tuhan Yesus Kristus di salah satu doa-Nya (Yohanes 17:11).

    2 … Supreme Pontiff..
    Bahasa Latinnya adalah Pontifex Maximus yang merupakan Imam Kepala dalam paganisme Roma. Gelar lengkap sebenarnya adalah “Imam Besar Agung”. Faktanya adalah, gelar ini telah diklaim oleh Tuhan Yesus Kristus. Kitab Ibrani menyebut Yesus sebagai “Imam Besar Agung” (4:14; 8:1; 10:21). Pikiran menjadi ‘Supreme Pontiff’ juga termasuk ide ‘Kepala Uskup’ atau ‘Gembala Agung’. Namun demikian, gelar-gelar ini bahkan telah diberikan kepada Kristus oleh Rasul Petrus sendiri (1 Petrus 5:4).

    3 … Vikarius Kristus.
    Gelar ‘Vikarius’ mengacu pada orang menjadi Wakil atau Pengganti. Hanya ada satu yang sepenuhnya mewakili Kristus di bumi ini, bukan Paus dari Roma, melainkan Roh Kudus. Yesus berjanji untuk mengutus Roh Kudus sebagai “Penolong”, “Penghibur” (Yohanes 14:16-17, 26; 15:26).

    Paus Roma memang mengambil bagi dirinya sendiri nama-nama hujat. Tidak hanya tiara tiga nya mengajarkan bahwa dia adalah raja sorga, raja bumi, dan raja neraka, tetapi dia juga telah mengambil gelar dari Trinitas sebagai miliknya. Tiga gelar, Bapa Suci, Supreme Pontiff, dan Vikarius Kristus milik masing-masing Bapa, Anak (Putera), dan Roh Kudus. Tidak heran manusia durhaka dari 2 Tesalonika 2:4 akan duduk di Bait Allah (Basilika Santo Petrus, Vatikan, Roma) mengaku sebagai Allah..

    Baca Yohanes pasal 14 s.d. 17 di mana Yesus bercakap-cakap akrab dengan murid-murid-Nya. Semua murid-murid-Nya dikasihi-Nya dan doakan oleh-Nya. Tidak mungkin Petrus diangkat dan ditinggikan oleh-Nya sebagai Supreme Leader (Pemimpin Besar) di antara mereka. Sangat tidak mungkin.

    • Semua penjelasan anda tentang maksud dari gelar2 Sri Paus di atas adalah 100% salah 😊
      Jadi tidak usah sok tahu kalau tidak mengerti dgn gelar2 tersebut.
      Gelar Bapa Suci, bukan bermaksud Paus adalah manusia yg tdk berdosa. Tapi lebih kepada pengajaran dan penafsiran alkitab dari Paus adalah tidak dapat salah, krn pengajaran Paus dan penafsiran Alkitab dari Paus didasarkan pada pengajaran dan penafsiran para rasul dahulu. Tidak seperti pendeta anda yg menafsir Alkitab dgn pendapatnya sendiri tanpa didasarkan pada pengajaran dan penafsiran para rasul. Makanya tidak heran, gereja anda hobi memfitnah Gereja Katolik, krn dasarnya pendeta2 anda itu tidak terlalu paham Alkitab dan penafsirannya yg sesuai dgn penafsiran para rasul.

  7. Markus 2:7 “Siapa yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah sendiri? ”
    Markus 2:10 “tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini anak manusia berkuasa mengampuni dosa”

    Yohanes 20:22-23 ” dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata :”terimalah roh kudus”. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada”

    jadi kekuasaan untuk mengampuni dosa bukan menandakan antikristus… sebab Yesus sendiri yang ketika telah memberikan roh kudus kepada murid-muridnya mengatakan demikian (yoh 20:23)

    Ciri-ciri antikristus yang paling utama adalah ketidak-taatan dan ketidak tundukkan kepada Allah Bapa.

  8. Salah coy.
    Paus emang salah satu penyesat terbesar di dunia. sama kek mamad, paus menyesatkan miliaran orang coy.
    Tapi paus bukan antikris coy. alias paus bukan binatang 666.

    paus adalah pelacur yang menunggangi binatang 666 di wahyu 17.

    antikris adalah mamad.

    search:
    50 Proofs Muhammad is the Antichrist.
    antikris = muhammad.

    jadi ceritanye begini.

    mamad adalah antikris. n mamad de dateng 1400 taon yang lalu. lewat mamad lahir eslam. n lewat eslam maka naga/olo disembah di seluruh dunia. wahyu 13:4.

    kalo lo liat nama olo dalam bahasa arab maka lo liat itu gambar naga lagi jalan coy. ha…7x

    nanti mamad dateng lagi dari nraka.

    peran paus di akhir zaman adalah paus menunggangi binatang 666 maksudnye paus memakai eslam buat menguasai dunia. saat ini paus de mulai bersekutu ma eslam. paus de mulai bilang qoran = alkitab karna berasal dare tuhan yang sama. tuhan eslam = tuhan alkitab.

    bukan cuma itu, paus berdoa ke arah kiblat mekah. n di vatikan roma de mulai ada sholat.

    PAUS BIKIN CHRISLAM BUAT CITA2NYE MENGUASAI DUNIE.

    TAPI SAYANG MAMAD BANGKIT LAGI DARI KUBUR ALIAS MUNCUL DARE JURANG MAUT. TRUS MAMAD BEKERJA SAMA DENGAN PAUS BUAT MENGUASAI DUNIA.

    MAMAD GA MO BERKUASA BARENG MA PAUS. JADI MAMAD MENGKHIANATI PAUS. MAMAD TERUS PERANG LAWAN PAUS N MENGALAHKAN PAUS. KOTA ROMA/BABEL DIBAKAR.

    TAPI KEINGINAN MAMAD MENGUASAI DUNIA AKHIRNYA MEMBUAT TUHAN YESUS TURUN DARI SORGA BUAT MEMERANGI ANTIKRIS MAMAD. N MAMAD DILEMPARKAN IDUP2 KE NRAKA. HA…7X

    search
    PETA AKHIR JAMAN.

    PETA AKHIR ZAMAN bagian kedua.

    JADI BUAT UMAT ESLAM N KATOLIK, MURTAD AJE DE, DARE PADE NTAR DIBAKAR DI NRAKA NEMENIN PAUS N MAMAD. HA…7X

    YBU AMEN.

    • maaf jika anda orang yang bernyali dan berani bertanggung jawab. sertakan nama jelas dan alamat anda.. biar saya laporkan ke polisi atas dasar penghinaan agama. saya muslim dan saya tersinggung dgn olok2 an anda.

  9. richard francis michael

    Hati-2 lah mengajar, ajaranmu bisa dikatakan sesat. Celakalah kita orang Kristen, justru menyesatkan orang lain yg tidak mengenal Kristus atau ingin mengenal Kristus. Kepada sdr. Nata, jika kemampuan ilmumu tentang Kekristenan hanyalah abal-2 atau secara serius sy katakan tidak bisa menyaingi ilmu seorang Imam/Pastor Katholik, minimal mengerti sejarah dunia, sejarah alkitab, bahasa, teologi, filsafat, anthropologi. sastra, psikhologi, dedaktik metodik pengajaran, dll nya, maka anda harus malu jika saya mengatakan bahwa anda besar omong tapi kosong dan menyesatkan. Anda mungkin justru adalah antichrist, andalah kelompok nabi-2 palsu untuk masyarakat kristen yg ada dan dunia umumnya. Janganlah mengadili jika kamu bukan hakim, janganlah mengajar jika kamu bukan guru dan pendidik, janganlah mengobati, jika kamu tidak paham pengobatan. Saya pikir anda bisa paham maksud bicara ini. Bukankah Petrus ditegur Kristus saat memotong telinga hamba imam agung saat menangkap Kristus, yaitu si Malchus ?? Kristus tidak bangga saat anda menyerang keimanan saudara anda yg lain berdasarkan ilmu anda yg jauh dari pantas. Kalau melawan ilmu seorang imam saja anda sudah keok, apalagi anda mau bicara dengan Uskup dan Paus ????? Jangan angkuh dan sombong, dengan caramu mengajar itu anda pas sebagai orang Farisi dan kelompok saduki. Hati-2 lah. Semoga Allah kita yg sama menerangi hatimu dan menuntun arah pemikiranmu, agar engaku jangan jatuh dalam pencobaan menjadi populer dengan jualan iman dan ajaran yg sesat.

  10. Ada salah satu denominasi agama yg begitu anti gereja katolik dan memfitnah gereja katolik dgn argumennya sendiri. Padahal mereka tidak mengenal Gereja Katolik dgn baik.
    Cara memahami injil dan alkitab saja sudah salah, apalagi mau memahami Gereja Katolik. Mereka memang adalah batu sandungan dalam pelayanan kasih agama Kristen.
    Dan saya sendiri sudah tau agama apa itu, krn sudah bukan rahasia lagi bahwa hanya ada 1 agama yg begitu anti terhadap katolik. 😀
    Bukannya menyebarkan firman Tuhan dgn baik dan benar seperti Gereja Katolik, malah melakukannya dgn cara fitnah.
    Semakin Gereja Katolik difitnah, semakin Gereja Katolik maju dalam kasih dlm memberitakan firman Tuhan.
    Puji Tuhan Gereja Katolik begitu diberkati Tuhan dan dipakai Tuhan sbg media penyalur berkat bagi sesama. Sebagai penyedia sosial terbesar di dunia, Gereja Katolik telah memiliki lebih dari 100 ribu yayasan amal di seluruh dunia dan puluhan ribu rumah panti asuhan, jompo, dan difabel, blm lagi lebih dari 210 ribu sekolah dan puluhan ribu rumah sakit dan klinik. Untuk apa? Untuk kemanusiaan.
    Tidak seperti agama yg hanya bisanya menjelek-jelekan gereja katolik tapi tidak ada bukti nyata kasih terhadap sesama.

  11. Slaah satu Denominasi ini memang dikenal begitu anti terhadap Gereja Katolik, sehingga dgn argumen2nya yg 100% salah dan tidak sesuai dgn apa yg ada dalam Gereja Katolik.
    Mereka tdk mengenal Gereja Katolik dgn baik, makanya memfirnah Gereja Katolik seenaknya.
    Tapi tdk apa2. Gereja Katolik selalu menanggapi semua fitnah dgn kasih.
    Jangankan fitnah, dianiaya sampai dibunuh saja Gereja katolik tetap bertahan sampai saat ini. Sejarah mencatat jutaam umat katolik mati disiksa dan dianiaya krn iman akan kristus. Hal ini membuktikan Allah begitu menyertai GerejaNya ini sesuai janjiNya di injil.
    Dan nubuatan injil bahwa Gereja Katolik akan difitnah dan dianiaya memang sudah ada dlm Kitab Suci, jadi tidak heran lagi.
    Jika mereka mengenal Gereja katolik dgn baik, mereka akan menemukan kebenaran2 pengajaran Gereja Katolik yg kudus ini. Tapi sayangnya mereka terlalu mengandalkan otak mereka saja dalam memahami Alkitab, jadi jelas tidak akan bisa. Krn Alkitan hanya bisa dipahami secara Supernatural, melebihi akal manusia, makanya diperlukan bantuan Roh Kudus. Jika tidak, maka akan salah dalam memahami Alkitab, seperti agama mereka ini, makanya selalu saja memfitnaj Gereja Tuhan yg kudus, katolik, dan apostolik ini.
    Syalom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: