144.000
144.000

Siapakah ke Seratus Empat Puluh Empat Ribu Orang dalam kitab Wahyu? 

Tafsiran mengenai 144.000 orang ini berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Yang paling kontras adalah versi saksi-saksi Jevovah yang meyakini 144.000 orang ini adalah jumlah orang yang diselamatkan. Hanya sedikit sekali bukan? Apakah hal ini benar? Siapa mereka? Mari lihat kebenaran ini…

144.000

144.000

Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon. Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut, katanya: “Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!” Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel. Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu, dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu, dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu,dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu. ~Wahyu 7:1-8

Berdasarkan kebenaran diatas, tiga asumsi yang bisa diambil ialah

  • Yang pertama adalah bahwa bilangan itu merupakan tanda untuk sekelompok orang Yahudi yang akan diselamatkan Allah pada akhir zaman.
  • Yang kedua bilangan itu merupakan tanda untuk sekelompok orang yang telah ditentukan Allah untuk menjadi martir.
  • Yang ketiga bilangan itu merupakan tanda untuk seluruh jemaat yang akan dilindungi Allah melewati kesengsaraan pada akhir zaman. Hanya pengujian data yang akan menunjukkan mana di antara ketiganya yang merupakan kemungkinan paling benar.
Tav

Tav

Dalam PL, terdapat kisah yang mirip, yaitu dalam Keluaran 12:12-13, dimana bangsa Israel diselamatkan dari penghakiman Tuhan atas Mesir. Kala itu mereka mengoles darah pada ambang pintu rumah mereka. Darah tersebut merupakan “tanda” perlindungan Tuhan atas Israel terhadap tulah kematian anak sulung di Mesir. Yehezkiel 9 juga menceritakan orang-orang Yahudi yang dilindungi dari penghakiman karena memiliki tanda T di dahi mereka (ת :Tav). Logo ini seperti huruf x atau tanda salib.

Banyak penafsir yang menguraikan ayat ini selaras dengan 2 Kor 1:22, ef 1:13, dan Ef 4:40. Intinya sama, bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus memiliki “tanda” atau materai, sehingga Tuhan mengenal siapan kepunyaanNya. Tanda atau materai ini yang menjamin kepemilikan Tuhan atas orang percaya sampai kesudahannya.

Lantas, 144.000 orang in adalah Gereja atau Orang Yahudi?

Faktanya adalah Yehezkiel mencatata bahwa 140.000 itu memiliki materai di dahi, dan mereka adalah sisa-sisa bangsa Israel. Mereka adalah orang-orang yang disebut dengan “hamba-hamba Allah”. Wahyu 14 mencatat bahwa mereka digambarkan sebagai orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, yang dalam Kitab Wahyu berarti mereka belum pernah terbujuk oleh kekuatan jahat mau ‘pun berkompromi dengan pemujaan berhala. Mereka Juga sepenuhnya benar. “Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu
Bisa jadi mereka adalah orang-orang Yahudi asli yang tidak mau sujud menyembah kepada patung Antikristus, sebab jelas sekali Alkitab mengatakan bahwa Antikristus akan mendirikan patungnya di Yerusalem. Sehingga, orang-orang di Yudealah yang pertama harus melaliran diri. Wahyu 9:4 juga mencatat bahwa mereka yang memiliki tanda di dahi mereka, akan dilindungi dari “belalang-belalang” sangkakala ke-5.

Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh. ~Wahyu 13:15

Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota ~Lukas 21:21

Lalu jika 144.000 itu orang Yahudi asli, apakah hanya jumlah itu yang akan diselamatkan? Paulus berkata dalam Rm 11:26 bahwa semua Yahudi akan diselamatkan.

Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: “Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub ~Roma 11:26

Ada juga yang menafsirkan bahwa 144.000 orang ini merupakan lambang gereja yang sempurna, karena merupakan angka “totalitas. Tafsiran bahwa ini adalah gereja sempurna dan  mewakili seluruh orang percaya ialah dari segala zaman. Dalam PL terdapat 12 suku Israel dan di PB terdapat 12 rasul. 1000 tahun adalah gambaran dari Kerajaan 1000 tahun. 12x12x1000 merupakan 144.000.

Tetapi perhatikan  Wahyu 7:4

Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

144.000

144.000

Semua ini seturut dengan wahyu Allah kepada nabi Daniel (Daniel 9:24-27). Ke 144.000 orang Yahudi itu semacam “buah pertama” (Wahyu 14:4) dari bangsa Israel yang ditebus yang sebelumnya telah dinubuatkan (Zakharia 12:10; Roma 11:25-27), dan misi mereka adalah menginjili dunia setelah Pengangkatan (Rapture), dan mengabarkan Injil selama masa Penganiayaan Besar.

Sebagai hasil pelayanan mereka (orang-orang dalam Wahyu 7:4), jutaan orang akan beriman kepada Kristus.“Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka” (Wahyu 7:9).

Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun ~Wahyu 20:4

Ayat ini sangat mengindikasikan kita bahwa 144.000 orang itu sungguh orang-orang Yahudi terpilih, bukan gereja. Lagipula, Perjanjian Baru tidak menawarkan teks yang jelas untuk menggantikan Israel dengan Gereja.

Facebook Comments

17 comments

  1. Maaf sebelumnya saya sebetulnya sangat minim sekali pengetahuan mengenai Alkitab. Sy di sini hanya sedikit shering. Sy mempunyai teman baik seorang saksi Yehuwa. Dari yg sy dengar dari sedikit penjelasan dia tentang 144.000 orang itu pengajaran saksi Yehuwa berpendapat bahwa mereka adalah orang2 yg di pilih oleh Allah untuk membantu menjalankan pemerintahan kerajaan Allah di bumi yg di pimpin oleh Yesus. Menteri2 atau dewan2 nya gt lah. Nah penduduknya semua orang2 yg di selamatkan oleh darah Yesus dan yg melakukan kehendak Allah semasa hidupnya. Seperti itu sih sekelumit yg aku dengar dari salah seorang saksi Yehuwa.

    • Saksi jahova?.
      Ga usah sombong kamu, kok bisa kamu bilang bahwa kamu saksi jahova yg di pilih Tuhan untuk melakikan misi Tuhan Yesus?. Tidak ada itu bahkan itu sesat.
      Ingat ya saksi jahova,
      Kalau TUHAN mau?. batu, sapi, pohon pun bisa Tuhan pakai untuk misi keslamatan itu. Ngerti kamu saksi jahova?.

  2. saksi Yehovah itu ajaran sesat.

  3. Hallo teman-teman semua, senang sekali banyak dari kita anak-anak Tuhan yg pingin tahu kebenaran Firman Tuhan terutama kitab wahyu yg jarang sekali di khotbahkan di gereja krn dianggap sulit utk dimengerti. Memang tanpa pewahyuan kita tdk mengerti krn itu libatkan Roh Kudus maka semuanya pasti jelas. Mengenai ke 144.000 org yg dimeteraikan di akhir zaman itu hanya bgs Israel disanakan jelas mereka berasal dari 12 suku Israel. Kalau teliti kitab wahyu pasal 4 s/d 19 semuanya berbicara ttg bgs Israel, tdk berbicara ttg bgs-bgs lain, meterai yg ke 6 dimana semua murka Allah akan dicurahkan di dlm 7 sangkakala. Ke 144.000 org ini adalah pelayan Yesus Kristus yg dikhususkan dari bgs Israel. Jd tdk berarti bahwa hanya 144.000 yg selamat. Tlg baca lagi seluruh pasal ini dari pasal 7 hingga pasal 19 . Tuhan Yesus berkati

  4. Saksi yehova itu saksi palsu atau nabi palsu di akhir zaman, salah satunya krn ada begitu banyak saksi- saksi palsu, hati- hatilah

  5. Netty Arni, SH-Notaris

    Adakah ke 144.000 org yg suci/kudus ini adalah golongan pertama atau golongan muqarrabin (org2 yg didekatkan kpd Allah) sbgmn termasuk yg dijelaskan di dlm Kitab Suci Alqur’an dmk:
    – “Dan org2 yg terdahulu dari yg dahulu (beriman),
    – mrk itulah org2 yg dekat kpd Allah.
    – Berada dlm surga yg penuh nikmat.
    – Segolongan besar dari org2 terdahulu,
    – dan sedikit dari org2 kmd.
    – Di atas pelaminan2 yg bertahtakan permata,
    – mrk bertelekan di atasnya ber-hadap2an.
    – Mrk dikelilingi anak2 muda yg kekal,
    – dg (membawa) cangkir2, kendi2 dan piala (yg berisi) dari air yg jernih yg mengalir,
    – mrk tdk pening krnnya dan tdk mabuk,
    – dan buah2an dari apa yg mrk pilih,
    – dan daging burung dari apa yg mrk sukai.
    – Dan bidadari2,
    – laksana mutiara yg terpelihara baik.
    – Sbg balasan dari apa2 (kebaikan) yg mrk kerjakan.
    – Di dlmnya mrk tdk mendengar perkataan sia2 dan perkataan dosa,
    – kecuali perkataan ‘Salam, salam”.
    – “Wajah2 pd hari itu bercahaya,
    – kpd Tuhannya mrk melihat”. (Alqur’an 56:10-26, 75:22-23)
    Maha Benar Allah dg segala firman-Nya. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

    • Dalam surga tidak ada bidadari,,tidak ada satu ayatpun yg menyatakan surga ada bidadari yg siap dikawinkan,,dalam ajaran islam ada bidadari yg siap dikawinkan,,bidadari yg perawan yg tak pernah disentuh jin dan manusia,,,

      Yesus ajarkan,, dalam surga kita hidup sama seperti Allah,, dan malaikat2Nya,,tidak ada kawin mengawinkan,,,

      Bayangkan,,jika ada orang ketangkap berhubungan intim di mushola,masjid atau kakbah,,apa yg akan umat islam lakukan,,?
      Jadi jika dalam masjid dan kakbah saja ngak diijinkan kawin,,, apalagi dalam surga,tempat maha kudus…

      Bilangan 144.000 itu jelas sekali dalam wahyu 7,, masing2 ada 12.000 dari setiap suku israel..dan israel ada 12 suku,,jadi jumlahnya 144.000 ayat selanjutnya mengatakan banyak jumlah yg tak terhitung banyaknya,,mereka dihadapan tahta Allah,, jadi jelas dan sangat jelas,,, ada banyak orang di hadapan tahta Allah,, mereka tak terhitung banyaknya,,dari berbagai bangsa,suku dan bahasa…

      Bagi umat kristen,,jangan asal imani hal2 seperti blog atau google,, kalian harus baca alkitab,, dan sebelum baca alkitab berdoalah minta hikmat dari Roh Kudus..supaya jangan kalian jadi ahli2 tafsir yg keluar dari ketetapan2 Allah.. Wasalam..

    • mosleem charismatic

      alquran tidak bisa dijadikan referensi untuk akhir jaman, karena alquran adalah versi plagiat dari kitab taurat dan alkitab atau bahkan kitab suci lainnya.

  6. Siapa sich netty arni sh ini, terasa aneh sll komen2nya…

  7. Maaf sebelumnya,sy kristen dan masih proses belajar.apakah org yg diselamatkan nanti wkt akhir zaman cuma org yahudi saja ? Krn setau sy org yahudi sendiri sangat menolak yesus.bgmn dgn org indonesia ? Apakah tidak termasuk dgn yang 144.000 itu ?
    Mohon penjelasannya

    • Yang percaya Tuhan Yesus pasti diselamatkan. 144.000 orang itu adalah orang Yahudi yang dipanggil untuk memberitakan injil bagi orang-orang Yahudi. Semua suku Israel asli, buka suku di luar Israel. Justru karena orang yahudi menolak Yesus, mereka peru 144.000 orang ini.

    • 144.000 ituadalah bilangan orang israel,,)g diselamatkan,,itu jumlah sangat sedikit,,,tapi dalam ayat lanjutan,,silahkan baca kitab wahyu 7..disana jelas,,,ada segerombolan manusia yg takterhitung banyaknya berdiri dihadapan tahta Allah,,mereka dari segala bangsa,suku dan bahasa,,, jadi sangat jelas sekali,,, lebih banyak diluar israel yg diselamatkan,,, dan mereka2 itu yg tak terhitung jumlahnya adalah para martir,,orang2 yg setia sampai mati kepada Yesus Kristus… Karena jelas dalam yohanes 16 pengikut Tuhan Yesus akan dibunuh oleh sekelompok orang2 dan orang2 yg membunuh pengikut Tuhan Yesus,menyangka mereka berbakti membela allah.. Dan sangat jelas Yesus juga katakan,, pembunuh,pezinah,pemburit,pemdusta tak mendapat bagian dalam kerajaan surga… Wasalam..

  8. Di atas meja ada dua belas roti sajian dan tutup dada Imam Besar terdiri atas dua belas batu permata berukir nama-nama suku bangsa Israel yang bermukim di sekeliling Kemah Suci. Siapakah ke Seratus Empat Puluh Empat Ribu Orang Itu?

  9. Yakin benar neh islam yakin masuk sorga. Dasar bego dan tolol. Baca tuh di alquran ada gak ada ayat yg meyakinkan bahwa islam msuk surga. Dasar bego. Komen gak mikir dulu

  10. Netty Arni, SH - Notaris

    Di akhir zaman ini menjaga lidah/bibir dan hati/jiwa/qalbu/roh yg suci/kudus lebih disukai TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semesta alam, Allah semua makhluk, …….
    Jadi jika seandainya umat Yahudi yg jumlahnya di dunia ini kurang lebih 10 juta, ditambah umat Kristen lebih dari dua milyard manusia, serta umat Islam lebih dari satu setengah milyard manusia ini bersama-sama di dalam doa syafaat memohon ampun bertobat dan kembali berserah diri kepada-Nya maka TUHAN Allah semesta alam akan memberkati dan merahmati semua umat-umat-Nya ini karena Dia-lah TUHAN yg disembah di Barat, Timur, Utara dan Selatan, Dia-lah TUHAN Allah langit dan bumi seisinya, …… Amin – Puji Allah – Allah Mahabesar

  11. Ibu Netty, coba pikir dulu kalau Tuhan umat Yahudi dan Kristen itu tidak sama dengan Alloh Islam.
    Alloh Islam yang dipilih Muhammad adalah yang terbesar dari illah-illah yang ada di Kabah yaitu Dewa Hubal (Dewa Bulan berlambang Bulan Sabit). Kalau ibu tidak yakin dengan yg saya sampaikan ini pelajarilah Sirat Rasul dan Hadist Sahi Bukhari.
    Tidak nyambung cerita tentang Tuhan kami dan Alloh kalian.

    Ibu kayaknya salah kamar, karena di sini membahas Firman Tuhan umat Yahudi dan Kristen.
    Apa yg didiskusikan di sini adalah membahas tentang Firman Tuhan YHWH dan bukan tentang ayat-ayat Goa Hira.
    GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: