Bait Suci Ke-3
Bait Suci Ke-3

Desain Bait Suci Ketiga oleh The Temple Institute

Shaom sahabat CAZ,

2 hari yang lalu, orang-orang Yahudi di Yerusalem meratapi kehancuran bait suci ke-2 di Yerusalem dan berdoa untuk membangun bait suci ke-3. Namun, Organisasi The Temple Institute melakukan jauh lebih banyak dari pada sekedar berdoa.

The Temple Institute telah merilis sebuah video arsitektur tiga-dimensi Bait Suci Ketiga di masa depan, memanfaatkan bahan bangunan terbaru.

Berikut adalah videonya:

Video yang berdurasi 3 menitan itu mengajak kita melihat penelitian selama beberapa dekade mengenai desain bait ini, juga Halachic (hukum Yahudi) sebagai solusi untuk berbagai masalah yang membingungkan bagaimana penggunaanya secara fungsional agar siap digunakan. Di sana kita juga dapat melihat menorah, meja sajian dan beberapa pelatan lainnya.

Video ini diliris bertepatan dengan hari berkabung nasional bangsa Yahudi atas hancurnya bait suci ke pertama dan kedua (9 av). Dalam pada itu, dilakukan juga kampanye penggalangan dana untuk rencana pembangunan bait ini.

Rabbi Chaim Richman, Direktur Internasional dari The Temple Institute mencatat bahwa salah satu tujuan utama organisasinya adalah untuk mendidik orang-orang Yahudi tentang sentralitas Bait Suci Yahudi setelah lebih dari 2000 tahun hidup tanpa Bait Suci ini.

“Sepertiga dari semua perintah Taurat berkaitan dengan pembangunan dan pelayanan di Bait Suci,” kata Rabbi Richman. “Hari ini, kita tidak hanya meratapi kehancuran dua Bait Suci yang terdahulu, tetapi juga ketidakmampuan kami untuk memenuhi sepertiga dari Taurat.” “Selama tiga dekade terakhir, The Temple Institute Institute telah melakukan segalanya dalam untuk penelitian dan mempersiapkan Bait Suci Ketiga.”, tambahnya.

Facebook Comments

One comment

  1. Netty Arni, SH-Notaris

    Marilah kita renungkan nas-nas di dlm Alkitab ini ketika Dia menghancurkan Bait Suci Kedua di Yerusalem:
    Nyanyian ratapan krn Bait Suci yg rusak
    – “Nyanyian pengajaran Asaf. Mengapa, ya Allah, Kaubuang kami utk seterusnya? Mengapa menyala murka-Mu thd kambing domba gembalaan-Mu?
    – Ingatlah umat-Mu yg telah Kauperoleh pd zaman purbakala, yg Kautebus menjadi bangsa milik-Mu sendiri! Ingatlah akan gunung Sion yg Engkau diami.
    – Ringankanlah langkah-Mu ke tempat yg rusak terus-menerus; se-gala2nya telah dimusnahkan musuh di tempat kudus.
    – Lawan2-Mu mengaum di tempat pertemuan-Mu dan telah mendirikan panji2 mrk sbg tanda.
    – Kelihatannya spt org mengayunkan tinggi2 sebuah kapak kpd kayu2an yg lebat.
    – dan sekarang ukir2annya seluruhnya dipalu mrk dg kapak dan beliung;
    – mrk menyulut tempat kudus-Mu dg api, mrk menajiskan tempat kediaman nama-Mu sampai pd tanah;
    – mrk berkata dlm hatinya: ‘Baiklah kita menindas mrk semuanya!’ Mrk membakar segala tempat pertemuan Allah di negeri.
    – Tanda2 kami tdk kami lihat, tdk ada lagi nabi, dan tdk ada di antara kami yg mengetahui berapa lama lagi.
    – Berapa lama lagi, ya Allah, lawan itu mencela, dan musuh menista nama-Mu terus-menerus?
    – Mengapa Engkau menarik kembali tangan-Mu, menaruh tangan kanan-Mu di dada?
    – Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yg melakukan penyelamatan di atas bumi”. (Mazmur 74:1-12)

    Maka marilah kita segera membangun kembali Bait Suci Ketiga di Yerusalem menjadi ‘Rumah Doa Segala Bangsa’, biarlah Dia kembali dpt menginjakkan kaki-Nya di sana sbg Raja, shg kita semua dpt membesarkan mengagungkan mensucikan memuliakan-Nya di atasa Gunung Puteri Sion/Yerusalem yg menjadi tempat kudus-Nya, ………. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: