Pekabaran 3 Malaikat
Pekabaran 3 Malaikat

Pekabaran 3 Malaikat di Zaman Akhir!

Pekabaran 3 Malaikat

Pekabaran 3 Malaikat

2 Petrus 1:10-12 menulis demikian

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

Kata kebenaran dalam ayat diatas sebetulnya tertulis dalam bahasa Inggis Present Truth, atau bisa diterjemahkan Kebenaran Zaman ini (πάρειμι). Salah satu kebenaran yang akan kita bicarakan dalam topic ini ialah Pekabaran 3 Malaikat. Sebelum membahasnya mari kita melihat beberapa pekabaran dalam Alkitab sesuai zamannya, seperti berikut :

Pekabaran Nabi Nuh mengenai datangnya air bah (Kejadian 6-7)

Nabi Nuh dipakai Tuhan untuk mengabarkan bahwa banjir besar akan datang menghancurkan dunia, sebagai hukuman dari Tuhan atas orang-orang yang yang berlaku fasik kala itu.

Pekabaran Yunus ke Niniwe (Yunus 3:4)

Yunus diberi tugas oleh Tuhan untuk menyampaikan kabar pertobatan kepada kota Niniwe. Tuhan berkata jika dalam 40 hari orang-orang Niniwe tidak bertobat, Tuhan akan menghancurkannya. Pesan ini berlaku untuk orang-orang di zaman itu.

Pekabaran Yohanes Pembaptis (Mat. 3:1-3; Luk. 1:17)

Sebelum Yesus tampil di depan umum, terlebih dahulu muncul Yohanes Pembaptis dengan pesan bertobatlah, kerajaan Sorga telah dekat. Ia ada pribadi yang dinubuatkan oleh Yesaya untuk mempersiapkan jalan bagi Juru Selamat. Ia memberitakan berita ini di zamannya.

Pekabaran Tiga Malaikat (Wahyu 14:6-14)

Untuk zaman akhir ini, kitab wahyu menuliskan dengan begitu Jelas bahwa malaikatlah yang membawa pesan itu. Pehatikan Wahyu 1:1

Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa  yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya,  Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

Penting! Kitab Wahyu adalah Kitab tentang Yesus Kristus. Kitab ini adalah Kitab yang telah dibuka oleh Yesus sendiri sehingga pasti bisa dimengerti. Dalam bahasa Inggris kitab ini bernama Revelation, atau pengungkapan. Kitab Wahyu pertama dikaruniakan Alllah kepada Yesus >> Hamba-hambaNya >> MalaikatNya >> Yohanes

Pekabaran 3 Malaikat ini tercatat dalam Wahyu 14

Malaikat Pertama

“Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, dan ia berseru dengan suara nyaring: ‘Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.'” ~Wahyu 14:6-7

Injil yang kekal itu mengandung berita persis kabar baik yang Alkitab beritakan mengenai Keselamatan yang hanya didapat dalam Yesus Kristus.

“Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.” – Yoh 6:40

Ajaran mengenai keselamatan dalam Yesus boleh dikata telah mengalami banyak tafsiran sehingga tidak murni lagi. Kita diperkenankan masuk Surga semata-mata karena AnugerahNya. Orang-orang Kristen akhir-akhir ini justru banyak diajar mengerjakan keselamatanya. Jika demikian untuk apa Yesus datang menderita dan mati untuk menebus manusia jika manusia bisa masuk Sorga dengan usahanya. Sesungguhnya tidak ada satu hal pun yang layak kita lakukan untuk layak hidup di sorga. Keselamatan bicara soal Anugerah, bukan usaha manusia. Anugerah ialah caraNya Allah, bukan bicara perbuatan manusia.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri  ~Ef 2:8-9

Tidak ada cara lain untuk masuk Surga selain Yesus. Kalau ada yang berkata ada jalan lain, seperti “percaya saja tidak cukup”, keselamatan harus dikerjakan, rasanya itu keliru.

Orang-orang yang menerima pekabaran ini menerima panggilan untuk “Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia [pancarkan tabiatNya].” Orang-orang ini menunjukkan kepada dunia tabiat kasih Allah, bukan hanya melalui perkataan, namun juga melalui kehidupan mereka sebagai saksi yang dinamis. Mereka memberikan pekabaran yang hebat tentang apa yang Tuhan bisa lakukan melalui orang-orang yang dipenuhi oleh Roh Kristus.

Malaikat kedua

“Malaikat kedua muncul dan berkata, ‘Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.'” ~Wahyu 14:8.

Pekabaran malaikat ini dijelaskan secara mendetail oleh Stephen Bohr berikut

Malaikat Ketiga

“Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: ‘Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya;… dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya.’ Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.” ~Wahyu 14:9-12.

Pekabaran ini sebenarnya merupakan lanjutan dari pekabaran malaikat kedua. Jika pesan yang malaikat kedua tidak diindahkan, maka yang akan terjadi ialah setiap orang yang tidak mendengarkan pesan malaikat kedua tersebut akan menerima tanda binatang tersebut. Dengan demikian ia membuat dirinya masuk dalam bilangan orang-orang yang akan menerima murka Allah.

Setelah peristiwa ini berlangsung, maka Yesus akan datang untuk menuai orang-orang percaya yang kita kenal dalam peristiwa Rapture atau pengangkatan.

Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya. Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: ‘Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.’ Ia, yang duduk di atas awan itu, mengayunkan sabit-Nya ke atas bumi, dan bumipun dituailah.”  ~Wahyu 14:14-16.

Facebook Comments

13 comments

  1. Adakah kesimpulan yang bisa dibagikan? Masih gagal paham tentang artikel ini 😀

    • Shalom, sedikit kesimpulan
      1. Tuhan mempercayakan pemberitaan injil yang kekal kepada Malaikat. Ini artinya Kedatangan Tuhan tidak bergantung pada manusia seperti dalam Mat 24 yang banyak disalahmengerti orang. Baca di sini http://catatanakhirzaman.com/index.php/2015/06/01/apakah-kedatangan-yesus-kedua-kali-tergantung-pada-manusia/
      2. Orang-orang percaya dalam komunitas gereja sesat diperingatkan untuk keluar dari gereja semacam itu. Sebab babel besar itu sudah runtuh. Saya tidak bisa menjelaskan gereja mana yang sesat tersebut di sini.
      3. Jika umat Tuhan yang sungguh-sungguh dalam gereja tersebut tidak keluar, resiko terbesar mereka akan menerima tanda binatang tersebut.

  2. Admin, mohon penjelasannya:Keselamatan itu adalah Anugrah, itu sangat benar sekali.Tapi setelah trima Anugrah ini, kita harus menghasilkan buah2 roh baru bisa masuk surga.Ini kothbah yg pernah sy dengar, so jadi bingung sayanya.Thanx

    • Menghasilkan buah roh itu pekerjaan Roh Kudus dalam kita. Kasih kekal itu berarti sempurna. Sempurna itu tidak dapat bertambah dengan perbuatan baik, dan tidak dapat berkurang karena berbuat dosa. Pemahaman ini sangat dalam. Saya tidak bilang kalau begitu mari berbuat dosa sepuasnya. Saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan, kita menerima benih illahi yang membuat kita tidak betah lagi hidup dalam dosa. Jatuh dalam dosa mungkin iya, tetapi hidup dalam dosa tidak lagi. Benih inilah yang menghasilkan buah roh.

  3. Netty Arni, SH-Notaris

    Alangkah baiknya hidup di akhir zaman ini kita selalu menjaga diri baik jasmani dan rohani yg se-baik2nya agar tetap suci/kudus, takut akan Allah ada di hati kita dan mencintai semua makhluk ada di batin kita, krn Alkitab memperingatkan:
    – “….. Krn kita adalah bait dari Allah yg hidup menurut firman Allah ini: ‘Aku akan diam ber-sama2 dg mrk dan hidup di tengah2 mrk, dan Aku akan menjadi Allah mrk, dan mrk akan menjadi umat-Ku.
    – Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mrk, dan pisahkanlah dirimu dari mrk, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yg najis, mk Aku akan menerima kamu.
    – Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak2-Ku laki2 dan anak2-Ku prp dmklah firman Tuhan, Yg Mahakuasa’.
    – Sdr2ku yg kekasih krn kita sekarang memiliki janji2 itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dg dmk menyempurnakan kekudusan kita dlm takut akan Allah”. (2 Korintus 6:16-18, 7:1)
    Mk jadilah org yg berhikmah/bijaksana, dan jadilah lima gadis bijaksana shg diperkenankan masuk ke dlm Kerajaan Surga-Nya, dan jangan termasuk lima gadis bodoh yg tdk dpt meneruskan perjalanan ke tempat pesta perjamuan kawin Anak Domba krn tdk membawa persediaan minyak di dlm buli2nya shg tdk dpt meneruskan perjalanan utk mengikuti perjamuan pesta, mk mrk tetap berada di luar halaman Bait Suci-Nya dan tdk dpt memasuki Ruang Suci-Nya (Kerajaan Surga-Nya), …….
    Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

  4. Apakah pak Stephen Bohr berasal dari denominasi Kristen Advent? Dan apakah umat Kristen yg beribadah di hari Minggu salah? Jadi semuanya yg tidak beribadah di hari ketujuh ( Sabtu) akan termasuk orang yg akan dihukum Tuhan?

    • adakah kita boleh atau dibenarkan menentang Hukum Allah?
      Jika itu membuat kita berdosa.. apakah upah dosa jika terus berdosa..?
      Si Pelacur telah berdosa..sebab berzina..dpt diampuni..dan dia tdk ulangi perzinahan..oleh sebab karunia yg Yesus berikan..
      Kita promosi Kasih Yesus..kerana ianya mengatasi dosa.. Kasih oleh sebab iman yg menurut Hukum.. hasil.Anugerah Keselamatan

    • Stephen Bohr berasal dari denominasi Kristen Advent. Yesus sendiri beribadah di hari Sabat, dan tidak ada satu ayatpun di Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus beribadah di hari Minggu. Kristen merupakan pengikut Kristus, dan Kristus adalah Yesus, jadi orang Kristen harus menjadikan Yesus Kristus sebagai suatu teladan. Terima Kasih, Tuhan Memberkati.

  5. Banyak juga umat Kristen yg makan daging babi yg diharamkan di kitab perjanjian lama. Apakah mereka semua akan dihukum Tuhan?

  6. Pak,mengapa anda mengutip pernyataan Stephen Bohr untuk pekabaran malaikat kedua? Saya pernah mendengar khotbah itu dan secara lengkap membahas ketiga pekabaran malaikat tersebut.Mungkin bisa diberikan penjelasan mengenai hal ini,karena Stephen Bohr membahas semuanya,tidak hanya pekabaran malaikat kedua… Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: