Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total

Misteri di balik tanggal 20 Maret 2015 terkuak!

Gerhana-Matahari-Total

Gerhana-Matahari-Total

Pada postingan sebelumnya admin sempat mengutip sebuah tafsiran tentang peristiwa yang diprediksi akan terjadi di tanggal 20 Maret 2015, bertepatan dengan Gerhana Matahari total yang sangat langka terjadi. Prediksi tersebut mengatakan bahwa bait suci akan dibangun persis tanggal 17 maret 2015 dan akan selesai tanggal 20 Maret 2015. Selidik demi selidik, ternyata prediksi tersebut tidak tepat. Yang kita saksikan dalam berita akhir-akhir ini ialah bahwa bangsa Yahudi yang bermukim di luar Israel sedang menghadapi goncangan berupa aksi teror, sebut saja di Inggris, Perancis, dan beberapa negara di Eropa. PM Israel terpilih, Benyamin Netanyahu mengajak seluruh kaum Yahudi untuk kembali ke tanah mereka, karena hanya disanalah mereka akan aman. Sepertinya Tuhan sedang menggenapi rencanaNya untuk membawa mereka kembali ke tanah mereka. Disaat seperti itulah bait suci akan segera di bangun.

Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa tidak dikatakan orang lagi: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, melainkan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah menceraiberaikan mereka! Sebab Aku akan membawa mereka pulang ke tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka. ~Yer 16:14-15

Makna Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015

Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah. ~Wahyu 6:12

Jika tafsiran mengenai Bait Suci tidak terjawab di tanggal 20 Maret, peristiwa apakah sebenarnya yang terjadi di tanggal tersebut?

When the sun is in eclipse, it is a bad omen for whole world………….. When the sun is in eclipse, it is a bad omen for idolaters; when the moon is in eclipse, it is a bad omen for Israel.

If it…… is ini eclipse in the east, it is a bad omen for those who dwell in the east; if in the west, , it is a bad omen for those who dwell in the west, if in the midst of heaven it’s a bad omen for whole world. If it’s face is red as blood [it is a sign that] sword is coming to the world, if it is like sack-cloth, the arrow of famine are coming to the world; if it resembles both, the sword and the arrows of famine are coming to the world. ~ Talmud Sukkah 29a

Peristiwa GERHANA MATAHARI merupakan tanda buruk bagi seluruh dunia (kata IDOLATERS : penyembah berhala, menurut orang Yahudi adalah BANGSA-BANGSA BUKAN YAHUDI)

Sebelum membahasnya lebih rinci, mari kita lihat berbagai contoh peristiwa yang melanda dunia berkaitan dengan Hari Raya Israel atau Mosaic Covenant. Bagi bangsa Yahudi sendiri, tanggal memiliki makna khusus bagi mereka. Sebagai contoh mengenai berkat dan malapetaka. Bangsa Yahudi percaya berkat hanya di dapat di tanggal yang sama, demikian juga dengan malapetaka. Berikut beberapa contohnya:

  • Tanggal 9 Av terjadi Perang Dunia 1, Perang Dunia 2, Bait Suci pertama dihancurkan oleh Nebukadnezar, Bait Suci ke-2 dihancurkan oleh Jenderal Titus, 10 pengintai yang diutus oleh Musa membawa berita buruk mengenai Kanaan, Paus Sixtus membantai 1 juta umat Yahudi, Richard Nixon turun dari tahta Presiden AS.
  • Semua Krisis Global yang melanda dunia terjadi tanggal 29 elul, seperti Krisis tahun 1930 (krisis Amerika), 1947, 1973, 1987, 1997 (krisis Asia), 2008 (Krisis Eropa)
  • Tanggal 17 nisan : Bahtera Nuh mendarat di pegunungan Ararat, Israel selesai menyeberangi Laut Merah, Yesus bangkit dari kematian
  • Tanggal 6 sivan, hari pembebasan dari dosa, hari dimana pestakosta pertama (Tuhan memberikan 10 hukum), pentakosta kedua (Roh Kudus dicurahkan), Israel merdeka sebagai negara.
  • Tanggal 14 Nisan : Hari Raya Paskah secara turun temurun, hari Perjamuan oleh Tuhan Yesus, Penyelamatan semua anak sulung bangsa Israel di Mesir, Israel menetap di tanah yang Tuhan janjikan kepada Abraham, Yesus dibaptis.

Jika melihat data diatas, terbesit sebuah pertanyaan dalam benak kita, bagaimana mungkin semua terjadi di tanggal yang bersamaan? Rasanya aneh sekali dan sulit mempercayainya, tetapi semuanya bisa dibuktikan. Lalu peristiwa apa yang terjadi di tanggal 20 Maret 2015 yang lalu? Mengingat menurut talmud Ibrani, itu adalah hari buruk bagi seluruh dunia.

Usut punya usut, ternyata persis tanggal 20 maret 2015 kemarin (setelah matahari terbenam) adalah tanda untuk memasuki tahun 6001 menurut Penanggalan Taurat. Seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya selama 6 hari. Pada hari yang ke-7 , Ia beristirahat.

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. ~Kej 2:2-3

Berbagai penafsiran muncul mengenai hal ini. Ada yang menggunakan kalender Gregorius, dimana hari ke-enam berahkir di tahun 2012. Namun, menurut perhitungan Taurat, berarti setelah tanggal 20 Maret 2015 kemarin kita telah memasuki hari-7, yaitu hari peristirahatan Tuhan. (tolong dipahami dengan bijaksana, jangan dijadikan perdebatan)

Rencana Agung Tuhan

Sesungguhnya agenda dan rencana Tuhan tidap pernah terjadi secara acak. Semua peristiwa yang terjadi dimuka bumi ini memang sudah tercatat dalam agendaNya.

“Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus…”
(Imamat 23:3)

Menurut sejarah, dari jaman Adam hingga jaman Daud, kalender Tuhan tetap dipelihara. Namun generasi dibawahnya justru melakukan hal yang sebaliknya. Mereka meninggalkan aturan Tuhan, sehingga sulit untuk melacak agendaNya. Terlebih saat bangsa Yahudi dijajah oleh kekuasaan Romawi, dimana mau tidak mau mereka harus mengikuti aturan Romawi, salah satunya mengikuti sistem penanggalan Gergorian. Terbukti sejak serangan Titus ke Yerusalem, dimana terlihat jelas keinginan Romawi untuk menghapuskan akar Yahudi.

Barulah ditahun 358 Masehi, Rabbi Hillel II (330-365M) sebagai pimpinan majelis agama Yahudi “Beth-Din” menghiung kembali kalender Yahudi secara matematis. Beliau menggunakan  “Sod ha-Ibbur” (“The Secret of Intercalation”) dan “Keviuta de-Yarha” (“The Fixing of the New Month”) suatu metode untuk menghitung bulan baru dan pergantian tahun. Kalender inipun masih memiliki kelemahan pada perhitungan tahun. Itulah sebabnya hingga hari ini belum bisa diperbaiki mengingat orang Yahudi berpendapat bahwa  ketetapan “Beth-Din” hanya bisa diperbaiki oleh majelis “Deth-Din” yang lain.

“tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun.” (Maz 33:11)

Situs torahcalender membuat kita terkagum-kagum mengenai penanggalan Tuhan. Situs ini merupakan perpaduan dari ilmu teknologi dan astronomi dengan pengetahuan Taurat. Tercatat sejak jaman Adam sampai tanggal 20 Maret 2015 kita sudah berada pada puncak 6000 tahun. Sehingga tanggal 21 Maret 2015 kita memasuki tahun 6001.

Persiapkan diri anda menyambut sang mempelai agung kita! Jangan fokus kepada peristiwanya, tetapi berfokuslah pada Tuhan Yesus. Jangan berkutat pada berita mengenai “kapan” Rapture. Semuanya hanya informasi bagi kita, urusan kita adalah mempersiapkan diri!

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. ~Kis 4:12

 

Facebook Comments

18 comments

  1. Kristen Yahudi perlu tahu dan siap siap menjelang KedatanganNya

  2. Shaloom, koq bisa tahun ini menjadi 6001 padahal setahu sy menurut kalender yewish adalah tahun ayin hey 5775….apakah kalender 6001 ini diakui oleh orang2 jewish ? mohon maaf dan memaklumlkan sy sangat awam dng perhitungan kalender menurut agama yudaism…sy sungguh percaya saja bahwa TUHAN YESUS pasti segera datang ke bumi ini…salah satu tanda yg paling aneh adalah berduyun2 smua bangsa dan suku2 bangsa termasuk bangsa ku Indonesia ke tanah perjanjianNYa menuju ke ZION untuk menggenapi nubuatan kitab nabi Yesaya 2:1,2 dan Mikha 4: 1,2 dan Zakharia 8 : 20-23…aneh banget indonesia tidak punya hubungan diplomatic dng israeL tapi tiap2 hari selalu jumpa dng orang2 indonesia di Yerusalem…bagiku ini miracle from heaven, orang papua sbg penduduk ujung bumi jg banyak skali ziarah ke sana, artinya berita INJIL KRISTUS sudah sampai juga akhirnya ke ujung bumi. Dalam Matius 24 ayat 14 bahwa kesudahan itu akan datang ketika INJIL sudah diberitakan kepada semua bangsa dan sampai ke ujung bumi.
    Terimakasih TUHAN Yesus, apapun smua tafsiran dan hitungan manusia tentang kedatangan TUHAN, entah benar atau kurang tepat hitungan manusia heheheee…buat saya, firman TUHAN dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian baru so pasti digenapi oleh TUHAN sendiri.
    TUHAN memberkati Israel dan memberkati Indonesia…HALELLUYAH, amien

    • Sy setuju,.. Biarlah kita sbg anak2 Tuhan membaca semua kupasan diatas dg Hikmat dari dan dg pertolongan Roh Kudus. Jangan ditelan mentah mentah semua hitungan / nubuat manusia. Krn di Injil ditulis mengenai hari kiamat, Tuhan Yesus menjawab Anak saja tidak tahu kapan hari itu??? Kiranya Tuhan mengampuni sy klo sy salah. Jbu

  3. sangat memberkati,,,,puji Tuhan

  4. Selama kita masih tinggal dalam Tuhan, niscaya kita pasti ke Yerusalem dgn caraNya yg ajaib karena Tuhan sudah menubuatkan lewat nabinya ribuan tahun silam.

  5. Netty Arni, SH-Notaris

    Alangkah baiknya hidup di hari ketujuh ini kita hiasi dg kebenaran/kesucian dan keadilan, krn mrp hari beristirahat atau hari sabat utkTuhan, kita hentikan sejenak berbagai kepentingan/kesenangan duniawi/jasmani/kedagingan, dan kmd hati/jiwa/pikiran kita fokuskan kpd kepentingan ukhrowi/akherat/rohani dg menjaga kesucian/kekudusan hati/qalbu/roh kita, dg banyak membaca firman2/ayat2 Tuhan baik itu Kitab Suci Taurat bagi umat Yahudi pd hari Sabtu, Kitab Suci Injil bagi umat Kristen pd hari Minggu dan Kitab Suci Alqur’an bagi umat Islam pd hari Jum’at, dmn ketiga umat Tuhan ini sama2 menganggap kota Sion/Yerusalem adalah kota suci bagi ketiga agama samawi/langit ini agar Tuhan Allah semesta alam, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub berkenan mengampuni dosa2 dan kesalahan kita shg kita semua bisa diperkenankan menjadi umat2-Nya dan hamba2-Nya yg dikasihi dan disayangi-Nya, dan diizinkan memasuki Kerajaan Surga-Nya yg luasnya seluas langit dan bumi ini, ……. Mk janganlah kita mengeraskan hati dg berbagai prasangka yakni: dendam, iri hati, sakit hati, tamak/serakah, merasa paling benar sendiri, sombong/takabbur, penghujat/pencela/penghina, …… dll kedegilan hati shg menjerumuskan kita dlm dosa dan permusuhan/peperangan mknya tanahnya menjadi padang gurun yg gersang krn penduduknya kering akan kasih sayang, shg yg tumbuh subur hanyalah ilalang dan rumput kering serta semak duri yg mudah terbakar oleh percikan api yg kecil saja, ……..

    Sungguh di atas gunung puteri Sion/Yerusalem ini Tuhan Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub telah menaruh sebuah batu yg suci/sakral berwarna putih sbg batu yg turun dari surga yg amat sangat mahal harganya bagi yg percaya yakni ‘Batu Sakhrah’ yg dilindungi oleh Kubah Emas ‘Dome of The Rock’ yg menjadi ‘Batu Sentuhan’ ataupun sbg ‘Batu Penjuru’ (Ka’bah) bagi umat Yahudi, krn kita semua hanya bisa menyentuh ataupun mencium dari jauh saja sbgmn keberadaan ‘Batu Hitam’/’Hajar Aswad’ yg menempel di Ka’bah Bait Suci Masjidil Haram di Mekah, dmn umat Islam hrs menunggu daftar antrian hingga 20 th lamanya utk bisa mengikuti ibadah haji dg mempersembahkan beribu-ribu korban2 sembelihan kambing domba lembu sapi ataupun unta di seluruh dunia yg dipusatkan di Ka’bah Bait Suci Mekah, ……..

    Dmk juga yg seharusnya dilakukan oleh umat Yahudi apbl Bait Suci Ketiga telah terbangun mk hrslah menyelenggarakan ritual pengorbanan sdmk ini bahkan dg korban2 bakaran yg baunya harum menyenangkan bagi Tuhan sbgmn dahulu kala Nabi Sulaiman putera Nabi Daud melakukannya, …… Mk marilah kita dukung pembangunan Bait Suci Ketiga di Yerusalem ini agar umat Yahudi bisa menyelenggarakan hari raya paskah utk penebusan dosa dg mempersembahkan korban2 sembelihan dan korban2 bakaran kambing domba lembu sapi utk Tuhan Allah semesta alam, supaya tanahnya menjadi suci kembali shg keluarlah aliran mata air atau sungai yg jernih/bening utk membasuh kotoran2/debu/dosa yg melekat di tubuh kita, bisa mengalirkan aliran sungai susu yg dpt kita minum utk menghilangkan haus dan lapar kita, aliran sungai madu yg dpt kita jadikan sbg obat sakit dan penyakit,
    dan aliran sungai anggur yg bisa menyegarkan jiwa raga kita, ……. Bukankah ini semua gambaran ‘Yerusalem Surgawi’ sbg Surga Firdaus ataupun Surga Aden yg diturunkan di muka bumi shg aman tenteram damai sejahtera sentosa di langit dan di bumi, ……. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

    • Maaf @ netty arni. sh-notaris,
      Ini sebetulnya gada hub sama agama yg ada di mekah, Tuhan Allah kita sudah beda, Tuhan kami TUHAN Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, Buka tuhan negri mekah, kami tidak mengerti korban sapi, haji, batu hitam, kabah, dll… yg kami tau itu semua ajaran Pagan Arab sebelum jaman muhammad, klo ga salah ada quraisy nya jg sama samiri bercampur baur dan disempurnakan oleh muhammad. TUHAN kami Allah yg memberi tahukan identitasnya dgn nama YHWH atau YAHWEH, demikian juga para malaikat yg hendak menemui manusia, misal GABRIEL yg berbicaya kepada zakaria dan maria(ibu Yesus), Malaikat Gabriel datang dengan damai sejahtera memberitaukan namanya, tujuannya dan slalu memberi salam (salam sejahtera)
      Sorga nya pun beda, kami disorga hanya menyembah TUHAN kami seperti malaikat dan para nabi” terdahulu, kekudusan melingkupi sorga, klo syurganya kalian yg mengalir dibawahnya air, banyak bidadari yg siap dikaeinkan dengan mànusia, manusia akan di berikan 100x kekuatan utk berhubungan intim dengan bidadari” bermata jeli, banyak makanan, minuman, ada dipan”, dan adanya teep didunia ini, sedang kami percayanya dunia ini akan hancur hilang..dan TUHAN akan menyediakan dunia baru untuk sorganya kami.

      Anda jg tdk mengerti tujuan dari pembangunan Bait salomo/sulaiman atau Bait Allah yg akan datang, Kami meyakini Allah kami tdk akan bersemayam disitu nanti, Itu adalah tempat Antikris dimana akan menghujat Yesus Kristus dan antikris akan membuat semua orang menyembah dia (si antikris) seakan dia adalah mesias yg datang dari Allah, padahal dia(si antikris) serigala berbulu domba. Antikrist yg akan mempersatukan umat yahudi dan islam utk pembangunan doom of the rock sebagai Bait Salomo ke 3 nanti.

      Kami sudah mengerti.. semua terdapat di Alkitab, mungkin menurut kalian Alkitab sudah di palsukan, di edit, di revisi, tapi kami 100% percaya itu Firman Allah yg kekal sampai selama lamanya. Dan kami ga akan pernah menolak dan protes tentang nubuat yg akan terjadi di Alkitab, kami siap menjalankannya karna itu sudah kehendak Allah sendiri. Kami percaya saat ini ROH KUDUS lah yang telah memimpin kami tuk tetap tegar berjalan seiring tergenapinya nubuat sampai pd akhir jaman ini, Kami punya TUHAN Allah yg Maha Esa, kami punya Anak Allah/Firman Allah yg hidup/Yesus Kristus Jalan yg lurus menuju sorga, dan kami jg punya ROH KUDUS yg slalu menjaga, menghibur, membimbing setelah kenaikkan Yesus Kristus kembali ke tempatNya di sorga.

      Maaf mungkin ilmu saya sedikit ga sesempurna anda.
      Tuhan Yesus menyertai kita semua.

  6. Yesus Kristus itu TUHAN yanh dahsyat, amin..

  7. Yesus Kristus itu TUHAN yang dahsyat, amin..

  8. Netty Arni, SH-Notaris

    Di akhir zaman ini umat Yahudi harus mendirikan Bait Suci Ketiga sbg Ka’bah bagi mrk seperti jaman dahulu kala, ketika Nabi Daud mempersiapkan segala sesuatunya dan kmd puteranya Nabi Sulaiman yg membangunnya, menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, sehingga semua makhluk-Nya bisa berdoa dengan berdiri dan bertekuk lutut ataupun bersembah sujud kepada-Nya, ……… Sedangkan bagi umat Islam memang telah ditentukan sendiri oleh Allah SWT bhw Ka’bahnya ada di Masjidil Haram di Mekah, yg dibangun Nabi Ibrahim dan puteranya Ismael, ……… Makanya mengunjungi Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah haji menduduki peringkat pertama, kmd mengunjungi Masjid Nabawi atau Masjid Nabi Muhammad saw di Madinah menduduki peringkat kedua, sedangkan mengunjungi Masjidil Aqsa di Yerusalem menduduki peringkat ketiga, karena di sana ada ‘Batu Putih’/’Batu Suci’ di dalam Kubah Emas ‘Dome Of The Rock’ tempat Nabi Muhammad melakukan perjalanan isra’ mi’raj dari Masjidil Haram Ka’bah umat Islam di Mekah menuju Masjidil Aqsa Ka’bah umat Yahudi di Yerusalem, dan menginjakkan kakinya di atas ‘Batu Yakub’/’Batu Sakhrah’ untuk memasuki Kerajaan Surga-Nya ( ‘One Step In Heaven’), …… Alangkah semaraknya Bait Suci Ketiga ini jika dikunjungi para wisatawan umat muslim dari Indonesia dimana 230 juta jiwa beragama Islam, hidup di desa2 dan di kota2 di ujung timur bumi-Nya agar bisa mengenal-Nya dan takut kepada-Nya, Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semua makhluk, ……… Biarlah udara/awan, air hujan, salju, embun di langit bertasbih kepada-Nya, …….dan di bumi: gunung2, pohon2, sungai2, laut, binatang2, manusia, burung2 atau dabbah bisa bertasbih me-muji2 nama-Nya yg tinggi luhur, sehingga takut akan Allah ada di hatinya dan mencintai semua makhluk ada di batinnya, maka damai sejahtera meliputi bumi dan langit-Nya, ……. Amin YRA

  9. James a watulingas

    “Jika melihat data diatas, terbesit sebuah pertanyaan dalam benak kita, bagaimana mungkin semua terjadi di tanggal yang bersamaan?”, maaf admin CAZ saya masih bingung artikel ini, yang dimana ini membingungkan saya sebenarnya tanggalnya yg sama atau bulannya yang sama dimana peristiwa2 diatas terjadi sebagai peristiwa besar bagi umat manusia sehinga dibalik tanggal 20 Maret ada peristiwa besar namun sekali lagi tidak ada yang sama bila oyi merujuk pada tanggal pada perikop judul diatas, please CAZ saya membacanya saya baca peristiwa peristiwa tanggalnya berbeda semua seperti ;

    Tanggal 9 Av terjadi Perang Dunia 1, Perang Dunia 2, Bait Suci pertama dihancurkan oleh Nebukadnezar, Bait Suci ke-2 dihancurkan oleh Jenderal Titus, 10 pengintai yang diutus oleh Musa membawa berita buruk mengenai Kanaan, Paus Sixtus membantai 1 juta umat Yahudi, Richard Nixon turun dari tahta Presiden AS.
    Semua Krisis Global yang melanda dunia terjadi tanggal 29 elul, seperti Krisis tahun 1930 (krisis Amerika), 1947, 1973, 1987, 1997 (krisis Asia), 2008 (Krisis Eropa)
    Tanggal 17 nisan : Bahtera Nuh mendarat di pegunungan Ararat, Israel selesai menyeberangi Laut Merah, Yesus bangkit dari kematian
    Tanggal 6 sivan, hari pembebasan dari dosa, hari dimana pestakosta pertama (Tuhan memberikan 10 hukum), pentakosta kedua (Roh Kudus dicurahkan), Israel merdeka sebagai negara.
    Tanggal 14 Nisan : Hari Raya Paskah secara turun temurun, hari Perjamuan oleh Tuhan Yesus, Penyelamatan semua anak sulung bangsa Israel di Mesir, Israel menetap di tanah yang Tuhan janjikan kepada Abraham, Yesus dibaptis.

    maaf Admin Yth CAZ Jadinya saya bingung. Tapi tak apalah saya percaya pada YAHWEH saja dan YEHESUA MESIAKH dan hanya info info berita berita saja kami menelusuri dengan waktu waktu nubuatan ALKITAB/INJIL Kabar Baik TYHAN YESUS KRISTUS yang kami baca dan dengar serta Pengertian Permohonan DOA agar ROHUL KUDUS TUHAN menyingkapi Hikmat ILAHI yg HAKIKI dari peristiwa pada Masa Masa setiap Hari dan Jam waktuNYA yang sesegera akan KEDATANGANNYA kami semua yang beriman siap penuhi area sukacita dengan membawa Minyak dalam Buli buli serta Lilin untuk tidak Padam. Amin TUHAN YEHESUA MESIAKH MEMBERKATI

    • Shalom, tanggal yang selalu sama ialah tanggal peristiwa-peristiwa itu. Misalnya 7 krisis global yang melanda dunia terjadi tanggal 29 elul, seperti Krisis tahun 1930 (krisis Amerika), 1947, 1973, 1987, 1997 (krisis Asia), 2008 (Krisis Eropa). Jadi semua tanggal terjadinya selalu sama.

    • Googling aja, d wikipedia jg ada ttg tisha b’av atau cari peristiwa 9av
      Hope its helps

  10. Kita tak perlu berdebat masalah iman, buktinya dari dulu nggak pernah sepakat
    Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, d melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku 1 yang di sorga. Matius 7:21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: